home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Nafsu Makan Meningkat? Mungkin Ada yang Salah Dengan Tulang Anda

Nafsu Makan Meningkat? Mungkin Ada yang Salah Dengan Tulang Anda

Merasa nafsu makan meningkat belakangan ini? Jika iya, mungkin Anda akan merasa terus-terusan lapar. Tentu kebiasaan ini akan membuat Anda berisiko alami berbagai penyakit kronis, dari diabetes hingga penyakit jantung. Berat badan Anda juga akan bertambah dengan cepat jika nafsu makan tinggi tidak dikendalikan.

Bagi beberapa orang, tak mudah untuk mengendalikan nafsu makan. Namun, ternyata ada cara baru untuk mengendalikan nafsu makan, yaitu dengan cara menjaga kesehatan tulang. Ya, ternyata, tulang juga bisa memengaruhi nafsu makan seseorang. Bagaimana bisa?

Apa hubungan antara nafsu makan dan kesehatan tulang?

Ternyata, tulang rangka tak hanya berfungsi sebagai pelindung organ serta alat gerak saja, tapi juga punya pengaruh terhadap pencernaan dan nafsu makan Anda. Ya, hal ini bahkan telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Clinical Investigation. Bisa jadi, nafsu makan meningkat yang selama ini terjadi akibat dari pengaruh tulang Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Montreal Clinical Research Institute menyatakan bahwa tulang berperan penting dalam mengendalikan nafsu makan hingga proses metabolisme dalam tubuh.

Lantas, bagaimana tulang bisa memengaruhi nafsu makan seseorang?

Jadi, di dalam tulang ada bagian yang disebut dengan osteoblas. Bagian tulang ini bertanggung jawab untuk membentuk serta membangun sel dan jaringan tulang, sehingga tulang menjadi padat sampai sekarang. Nah, selain itu osteoblas juga menghasilkan hormon ostekalsin yang juga berperan dalam proses metabolisme.

Nah, ostekalsin ini juga akan membantu tubuh dalam mengatur kelebihan gula di dalam darah dengan cara meningkatkan produksi hormon insulin. Dengan gula darah selalu terkendali, maka hormon pengatur nafsu makan juga akan ada dalam keadaan normal.

Bila hal ini terjadi, maka nafsu makan Anda akan terkendali dan tidak berlebihan. Lain hal jika terjadi gangguan pada tulang, entah itu tulang jadi keropos dan tidak padat, maka jumlah osteokalsin akan menurun. Hal ini akan memengaruhi kadar gula dalam darah dan akhirnya membuat nafsu makan meningkat.

Hal lain yang bisa membuat nafsu makan meningkat

Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pentingnya menjaga kesehatan tulang. Ketika tulang Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu, Anda tak hanya sulit bergerak saja, tapi metabolisme dan nafsu makan Anda meningkat.

Meski begitu, tidak hanya gangguan kesehatan tulang yang bisa bikin nafsu makan meningkat, tapi masih ada beberapa hal lainnya, seperti:

  • Perubahan hormon, yang sering terjadi pada wanita yang sedang datang bulan atau memasuki masa menopause.
  • Hipertirodisme
  • Diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Jika memang nafsu makan Anda meningkat tiba-tiba, maka perhatikan kesehatan Anda saat itu. Lihat, apakah ada gejala-gejala yang muncul. Bila ada hal aneh yang Anda rasakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Omar Al Rifai, Jacqueline Chow, Julie Lacombe, Catherine Julien, Denis Faubert, Delia Susan-Resiga, Rachid Essalmani, John W.M. Creemers, Nabil G. Seidah, Mathieu Ferron. Proprotein convertase furin regulates osteocalcin and bone endocrine function. Journal of Clinical Investigation, 2017; 127 (11): 4104 DOI: 10.1172/JCI93437

Healthline.com. (2018). Increased appetite: Causes, Symptoms and Diagnosis. [online] Available at: https://www.healthline.com/symptom/increased-appetite  [Accessed 5 Feb. 2018].

https://www.sciencedaily.com/releases/2017/11/171101091957.htm

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 20/02/2018
x