home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minum Kopi Saat Stres, Meredakan Atau Justru Bikin Makin Stres, Ya?

Minum Kopi Saat Stres, Meredakan Atau Justru Bikin Makin Stres, Ya?

Setiap orang punya cara masing-masing untuk meredakan stres. Ada yang merasa pikirannya lebih jernih setelah mendengarkan musik, jalan-jalan ke taman, atau hanya sekadar minum kopi. Ya, sebagian orang menganggap kopi sebagai minuman mujarab untuk mengatasi stres. Namun, ada juga yang bilang kalau minum kopi saat stres justru bisa memperparah keadaan. Mana yang benar?

Bolehkah minum kopi saat stres?

Setelah semalaman begadang, kebanyakan orang akan siap sedia secangkir kopi di pagi hari. Katanya, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan fokus saat kerja. Namun, apakah efeknya akan sama jika Anda minum kopi saat stres?

Jika selama ini Anda rutin minum kopi saat stres, dengan harapan suasana hati Anda akan membaik setelahnya, maka Anda salah besar. Yang ada, kebiasaan ini justru bisa bikin Anda makin stres, lho!

Saat Anda mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh memproduksi hormon kortisol alias hormon stres. Jangan salah, hormon kortisol ini justru berfungsi untuk sebagai pengatur gula darah agar gula bisa diolah menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

Sayangnya, efek minum kopi saat stres ini hanya sementara. Christopher N. Ochner, PhD, seorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, mengungkapkan bahwa setiap stimulan memiliki efek samping kecemasan. Begitu juga kafein.

Semakin Anda merasa cemas, hal ini dapat menyebabkan Anda susah tidur. Alih-alih menenangkan, kurang tidur justru bikin Anda semakin stres saja.

Hal ini turut disetujui oleh Roberta Lee, MD, seorang ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel. Menurutnya, efek kafein pada kopi justru membuat orang semakin gelisah. Yang ada, minum kopi saat stres hanya akan semakin membuat Anda tidak tenang dan kelelahan.

efek kopi pada gigi

Tips aman minum kopi saat sedang stres

Sebetulnya, Anda boleh saja minum kopi saat stres. Hanya saja, perhatikan dosisnya dan pastikan jangan sampai berlebihan.

Bagi Anda yang terbiasa minum kopi saat stres, ikuti tips amannya berikut ini.

  1. Jangan minum kopi kebanyakan. Batasi minum kopi dalam sehari, yaitu maksimal 4 cangkir setiap hari. Jika Anda mengalami sakit kepala atau nyeri otot, kurangi lagi porsinya.
  2. Hindari minum kopi di atas jam 2 siang. Ini bertujuan supaya efek kopi tidak mengganggu jam tidur Anda di malam hari.
  3. Istirahat yang cukup. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur minimal 7-8 jam sehari supaya terhindar dari stres.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Caffeine, Stress, and Your Health. https://www.verywellmind.com/caffeine-stress-and-your-health-3145078. Accessed 25/2/2019.

Is Caffeine Turning You Into a Monster? https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/caffeine-turning-you-monster. Accessed 25/2/2019.

I Quit Coffee to Cure My Anxiety. https://www.psychologytoday.com/us/blog/progress-not-perfection/201106/i-quit-coffee-cure-my-anxiety. Accessed 25/2/2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 26/02/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x