backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Bunny Kick pada Kucing, Alasan, dan Tips Menghadapinya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Bunny Kick pada Kucing, Alasan, dan Tips Menghadapinya

Sebagai pemilik anabul alias anak bulu, Anda bisa saja sudah hafal betul dengan tingkah laku kucing. Nah, salah satu perilaku yang mungkin membuat Anda penasaran adalah bunny kick. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai bunny kick pada kucing dalam pembahasan di bawah ini.

Apa itu bunny kick?

Sesuai dengan namanya, bunny kick atau juga disebut rabbit kick adalah suatu perilaku kucing yang ditandai dengan gerakan mirip tendangan kelinci.

Kucing akan berbaring pada punggung atau sisi tubuhnya, lalu menggunakan kaki belakang mereka untuk menendang sesuatu, baik itu kucing lain, mainan, atau tangan Anda.

Gerakan ini sering kali terjadi secara cepat serta berulang. Selain tendangan, bunny kick juga kerap disertai dengan pelukan, cakaran erat dari kedua kaki depan, atau gigitan kucing yang lumayan kuat.

Mengapa kucing melakukan bunny kick?

kucing suka menggigit

Munculnya perilaku bunny kick pada kucing peliharaan Anda mungkin terjadi karena beberapa alasan, baik dari segi naluriah maupun kebutuhan fisik dan emosional mereka.

Berikut ini adalah beberapa alasan utama kenapa kucing dapat melakukan tendangan kelinci.

1. Naluri berburu

Bunny kick adalah cerminan dari naluri berburu kucing. Di alam liar, kucing akan menggunakan tendangan dari kaki belakangnya sebagai upaya untuk menaklukkan mangsanya.

Meski tinggal di rumah, kucing Anda pun tetap memiliki perilaku ini. Anda mungkin melihat mereka menendang mainan kucing untuk meniru perilaku berburu ini.

2. Permainan dan latihan

Sebagian orang sering salah mengira perilaku ini sebagai perkelahian antarkucing. Padahal, hal ini sering dilakukan sebagai sarana bagi para anabul untuk bermain.

Tendangan kelinci dapat melatih keterampilan dan mempertajam refleks. Bermain merupakan aktivitas penting yang membantu kucing untuk tetap aktif dan terstimulasi secara mental.

3. Pertahanan diri

Kucing juga bisa melakukan rabbit kick sebagai bentuk pertahanan diri. Ini biasanya terjadi bila mereka bertemu dengan kucing asing atau mendapat stimulasi berlebihan dari pemiliknya.

Apabila mereka merasa terancam atau diserang, mereka akan menggunakan kaki belakangnya untuk menendang lawan sambil mencoba mencakar dengan kaki depan.

4. Penyaluran energi

Terkadang, bunny kick pada kucing menjadi metode mereka untuk menyalurkan energi berlebih. 

Kucing yang merasa bosan atau mempunyai energi berlebih mungkin menggunakan tendangan kelinci ini sebagai cara untuk melepaskan ketegangan atau stres.

5. Pendisiplinan

Induk kucing bisa melakukan bunny kick untuk mendisiplinkan anaknya. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan batasan dan perilaku yang tepat. 

Saat anak kucing terlalu agresif, sang induk akan memberi tendangan dan gigitan lembut untuk memberikan peringatan dan membantu mereka mempelajari etiket sosial yang benar.

Tips aman menghadapi bunny kick pada kucing

Kenapa kucing tiba-tiba manja

Banyak orang menganggap bahwa perilaku ini merupakan tanda kucing nakal. Namun, perlu dipahami bahwa kucing mungkin tidak bermaksud untuk menyakiti diri Anda.

Seperti dijelaskan di atas, bunny kick sering kali dilakukan sebagai sarana bermain bagi kucing.

Dikutip dari International Cat Care, tendangan kelinci merupakan bagian alami dari naluri berburu yang sangat kuat, mendarah daging, dan tidak terpisahkan dari kucing peliharaan.

Untuk menghadapi perilaku ini dengan aman, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Pahami bahasa tubuh kucing. Selama merawat kucing peliharaan, perhatikan bahasa tubuh mereka agar Anda bisa mengantisipasi gigitan, tendangan, maupun reaksi lainnya yang timbul saat mereka merasa sangat bahagia, terancam, atau tidak nyaman.
  • Gunakan mainan yang tepat. Alihkan bunny kick ke mainan kucing, misalnya boneka atau bola. Jenis mainan ini bisa digenggam oleh kaki depan kucing sehingga sangat ideal untuk menyalurkan energi mereka.
  • Cukupi kebutuhan stimulasi kucing. Pastikan kucing mendapatkan stimulasi fisik dan mental yang cukup. Namun, hindari melakukan stimulasi berlebihan atau overstimulasi yang bisa memancing perilaku ini.
  • Sediakan tempat istirahat yang nyaman. Hilangkan ancaman dari kucing atau hewan lain di sekitar peliharaan Anda. Setelahnya, pastikan juga mereka memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat tanpa gangguan.

Dengan memahami bunny kick dan alasan di baliknya, Anda bisa menjaga interaksi yang aman dan menyenangkan dengan peliharaan kesayangan.

Namun, bila tendangan kucing Anda tampak agresif atau di luar kebiasaan, konsultasikanlah dengan dokter hewan untuk mengetahui kemungkinan penyakit kucing yang mendasarinya.

Kesimpulan

  • Bunny kick adalah perilaku yang ditunjukkan kucing saat mereka bermain, berburu, atau mempertahankan diri. Kucing melakukannya dengan berbaring, lalu menendang dengan kaki belakangnya sambil mencengkeram objek menggunakan kaki depannya.
  • Perilaku kucing ini disebabkan oleh naluri berburu, bermain dan latihan, pertahanan diri, penyaluran energi, hingga pendisiplinan induk kucing ke anaknya.
  • Anda bisa menghadapi perilaku ini dengan memahami bahasa tubuh kucing, mengalihkan perhatiannya dengan mainan, memberikan stimulasi yang cukup, serta menyediakan tempat istirahat bagi kucing.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan