backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Fakta Unik Anjing Kampung dan Bedanya dengan Anjing Ras

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Fakta Unik Anjing Kampung dan Bedanya dengan Anjing Ras

Tertarik untuk mulai memelihara anjing? Selain membeli anjing ras dari pet shop terpercaya, tak ada salahnya untuk memelihara anjing kampung di sekitar Anda.

Tak kalah dengan anjing ras yang memiliki berbagai karakteristik, anjing kampung juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menarik.

Apa perbedaan jenis anjing kampung dan ras?

Perbedaan anjing kampung dan anjing ras bisa dilihat dari asal usulnya. Anjing ras merupakan jenis anjing yang memiliki ciri khusus.

Pasalnya, mereka memang dikembangbiakan secara terencana untuk mempertahankan ciri khasnya.

Meski begitu, anjing ras juga bisa dikawinkan dengan ras lainnya untuk menghasilkan ras baru atau ras campuran.

Seperti halnya ras kucing, ras anjing akan diakui setelah mereka terdaftar secara resmi, salah satunya dalam Federasi Kinologi Internasional (FKI).

Sementara itu, anjing kampung atau yang juga dikenal dengan sebutan Mongrel ini adalah jenis anjing yang lahir dan hidup di lingkungan sekitar kita.

Kebanyakan dari mereka terlahir tanpa rencana sehingga tidak diketahui secara pasti asal-usulnya.

Dengan begitu, Mongrel memang memiliki variasi genetik yang lebih besar dibandingkan anjing ras. Alhasil, mereka cenderung tidak memiliki ciri khas tertentu.

Meski begitu, Mongrel sudah ada sebelum anjing ras. Ini karena anjing secara umum memang sudah ada jauh sebelum pengelompokan berdasarkan ras, ciri fisik, dan sifat tertentu.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa Mongrel yang memiliki ciri khas tertentu bisa didaftarkan sebagai ras. Contohnya adalah anjing Kintamani.

Anjing Kintamani awalnya dikenal sebagai anjing kampung. Namun, pada tahun 2019 lalu, anjing ini terdaftar sebagai salah satu ras anjing yang diakui dunia.

Ciri-ciri anjing kampung

Seperti yang disebutkan di atas, karena induk Mongrel tidak diketahui secara pasti, mereka pun bisa memiliki karakteristik yang beragam.

Ada Mongrel dengan ukuran tubuh kecil dan sifat pendiam, tetapi ada juga yang bertubuh besar dan agresif. Keragaman genetik ini membuat mereka memiliki berbagai jenis dan sifat.

Meski begitu, kebanyakan anjing kampung mungkin memiliki sifat agresif. Pasalnya, mereka membutuhkan sifat tersebut untuk bertahan di dunia luar.

Namun, jangan khawatir. Dengan perawatan dan kasih sayang dari pemiliknya, Mongrel bisa menjadi hewan peliharaan yang manis dan patuh pada Anda.

Kesehatan anjing kampung

digigit anjing

Sebagai hewan yang hidup di luar rumah, anjing kampung harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.

Kondisi ini secara tidak langsung membuat jenis anjing ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan anjing ras.

Hal tersebut telah dibuktikan melalui studi mengenai anjing kampung yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ (2013).

Studi ini menyebutkan bahwa secara umum Mongrel memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan anjing ras murni dan campuran.

Belum lagi, beberapa jenis anjing ras sering kali lebih rentan terhadap suatu penyakit. Contohnya anjing ras Bulldog yang rentan terkena cherry eye (pembengkakan pada sudut kelopak mata).

Meski Mongrel memiliki daya tahan tubuh yang baik, Anda tetap harus teliti dalam merawatnya. Khususnya jika Anda ingin mengadopsi anjing yang berkeliaran di jalanan.

Usahakan untuk membawa anjing ke dokter hewan sebelum dipelihara. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan hewan liar yang tidak terpantau selama hidup di jalanan.

Apa kelebihan memelihara anjing kampung?

Anjing kampung dapat dengan mudah Anda ditemukan di lingkungan sekitar. Bila beruntung, Anda bisa mengadopsinya langsung dari jalanan.

Itu berarti, Anda tidak perlu merogoh kocek tertentu untuk membeli anjing ras yang memang cenderung mahal.

Berikut adalah berbagai keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari memelihara anjing kampung.

  • Perawatan relatif lebih mudah karena anjing terbiasa hidup sendiri dan beradaptasi di berbagai kondisi.
  • Punya sifat unik yang mungkin tidak dimiliki anjing lainnya.
  • Bisa dijadikan anjing penjaga karena sifatnya yang cenderung pemberani. Namun, Anda tetap harus memberinya pelatihan.

Di samping berbagai hal tersebut, dengan memelihara Mongrel berarti bahwa Anda sudah memperbaiki kualitas hidupnya.

Pasalnya, tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan di jalanan sering kali membuat mereka tidak mendapatkan makanan anjing yang berkualitas dan kasih sayang yang dibutuhkan.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda tetap memilih anjing ras dibandingkan Mongrel. Apa pun jenis anjing Anda, hal yang terpenting saat memelihara hewan adalah memastikan bahwa Anda bisa merawatnya dengan baik.

Kesimpulan

  • Anjing kampung adalah sebutan untuk anjing yang tidak diketahui asal-usulnya, sebab perkembang biakannya terjadi tanpa rencana dan sering kali tidak diketahui indukannya.
  • Mongrel tidak memiliki ciri dan sifat khusus. Namun, mereka cenderung agresif karena harus bertahan di alam bebas.
  • Secara umum, kekebalan tubuh anjing ini lebih baik dibandingkan anjing ras. Angka harapan hidupnya pun dipercaya lebih lama.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan