5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Pemudik

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Mudik adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Ya, setelah berpuasa satu bulan penuh, Anda tentu ingin segera bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman dalam kondisi sehat dan segar. Ini sebabnya, Anda perlu menjaga stamina dengan sebaik mungkin agar terhindar dari masalah kesehatan saat mudik dan tetap sehat hingga sampai di tujuan. Memangnya apa saja penyakit yang sering menyerang pemudik? Ini dia ulasan lengkapnya.

Berbagai masalah kesehatan saat mudik dan cara mengatasinya

Kepadatan arus mudik membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, Anda harus tahan duduk berjam-jam, dalam kondisi puasa, dan dituntut untuk berkonsentrasi penuh menghadapi kemacetan yang tentu menghabiskan banyak energi.

Karena itu, jaga kesehatan Anda semaksimal mungkin agar terhindar dari masalah kesehatan saat mudik berikut ini.

1. Kelelahan dan mabuk perjalanan

Salah satu masalah kesehatan saat mudik yang paling umum adalah kelelahan. Pasalnya, arus mudik yang macet membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat dan memicu kelelahan serta pegal-pegal. Ketika daya tahan tubuh sedang turun inilah Anda menjadi lebih mudah mengalami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan atau motion sickness ditandai dengan pusing, mual, dan muntah selama di perjalanan. Selain karena faktor kelelahan, hal ini juga terjadi akibat bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Begini, ketika Anda berada di mobil, kereta, atau bis yang sedang melaju, tubuh Anda berada dalam posisi diam di tempat, tapi mata dan telinga Anda melihat ke sekitar selama perjalanan. Inilah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda cuma diam. Karena itulah Anda mungkin pusing, mual, dan muntah selama mudik.

2. ISPA

Anda tentu tahu bagaimana kondisi jalanan saat dikerumuni oleh kendaraan para pemudik. Ya, debu dan polusi udara bertebaran di mana-mana dan dapat dengan mudah terhirup oleh para pemudik. Ini sebabnya, Anda menjadi rentan terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik, terutama bila Anda mudik dengan sepeda motor.

Selain itu, hiruk pikuk arus mudik membuat banyak orang dapat dengan mudah menularkan penyakit yang dideritanya lewat udara. Belum lagi jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun karena kelelahan selama di perjalanan, Anda semakin rentan terkena masalah kesehatan saat mudik yang satu ini.

3. Sembelit

Tidak sedikit orang yang mengalami sulit BAB saat mudik, baik dengan mobil, kereta, kapal, atau pesawat. Ini karena Anda mungkin terlalu lama duduk selama berjam-jam, bahkan sengaja membatasi makan atau minum agar tidak bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, Anda terkena sembelit  dan merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Tenang dulu, atasi masalah kesehatan saat mudik yang satu ini dengan banyak minum air putih dan makan makanan tinggi serat. Ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit dan melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, hindari kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar agar tidak semakin memperparah sembelit.

4. Diare

Puasa sambil mudik terkadang mengharuskan Anda untuk berbuka puasa di jalan. Anda mungkin memilih untuk membeli makanan berat di pinggir jalan atau sembarangan membeli camilan untuk bekal di perjalanan. Hati-hati, hal ini bisa menjadi sumber penularan diare, lho!

Dilansir dari Everyday Health, diare adalah salah satu masalah kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai. Pasalnya, makanan yang Anda beli bisa saja telah terpapar debu atau lalat sehingga menumpuk kuman yang menyebabkan diare. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa semakin parah bila Anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat Anda membeli makanan atau minuman dari tempat baru yang tidak Anda kenal. Perhatikan lagi apakah makanan yang Anda beli dalam kondisi bersih dan tidak dihinggapi oleh banyak lalat maupun debu yang bisa memicu diare.

5. Flu

Flu atau influenza termasuk penyakit musiman yang banyak terjadi selama bepergian, termasuk saat mudik. Ini karena daya tahan tubuh Anda cenderung menurun selama di perjalanan sehingga lebih rentan terkena flu.

Selain itu, risiko terkena flu semakin besar bila Anda berada di dekat orang lain yang sedang terkena flu. Bayangkan saja bila Anda mudik satu gerbong kereta dengan orang yang flu selama berjam-jam. Tentu lama-lama Anda bisa tertular.

Cara terbaik untuk terhindar dari flu selama mudik adalah dengan mendapatkan vaksin flu. Memang, cara ini banyak direkomendasikan oleh dokter ketika awal musim flu berlangsung. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar Anda.

Bila perlu, selalu sediakan Redoxon dalam tas Anda. Redoxon mengandung kombinasi vitamin C dan zinc (double action formula) yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh dan memenuhi nutrisi yang Anda butuhkan selama berpuasa. Jangan lupa untuk selalu baca aturan pakai sebelum minum Redoxon, ya!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Usia tidak menghambat sebagian lansia untuk puasa. Agar tetap lancar dan kuat berpuasa, lakukan persiapan untuk lansia saat sahur dan puasa ini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
persiapan puasa untuk lansia
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

Bolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?

Jika jadwal suntik KB Anda bertepatan pada bulan puasa, mungkin Anda bertanya-tanya, apakah aman menjalani suntik KB saat puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 19 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

Untuk menjalankan perintah agama, Anda tentu ingin ikut puasa. Akan tetapi, apakah orang dengan penyakit jantung boleh puasa? Simak jawabannya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Jantung 18 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

warna darah haid

Apakah Warna Darah Haid Anda Normal? Cek di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
akibat bau mulut

Kenali Beberapa Penyakit yang Ditandai oleh Bau Mulut

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
glositis

Glositis (Radang Lidah)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
akibat jarang minum air putih

Ini Akibatnya Jika Anda Jarang Minum Air Putih

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit