Nyeri Kista Tak Tertahankan? Terapkan 5 Trik Ini untuk Meredakannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kista adalah sebuah kantong berisi cairan yang mirip seperti kapsul tertutup. Sebenarnya, kista bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Berbeda dengan benjolan kanker, kista termasuk tumor jinak yang umumnya tergolong tidak berbahaya. Meski begitu, kista yang tumbuh biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sehingga dapat berkembang semakin besar, parah, dan terasa nyeri. Tak perlu panik, karena Anda sebenarnya bisa mengatasi nyeri kista ini sembari melakukan pengobatan dengan dokter.

Pilihan cara untuk mengatasi nyeri kista di rumah

Pengobatan kista tidak bisa sembarangan, karena harus disesuaikan dengan beberapa hal. Mulai dari jenis kista, lokasi terbentuknya, gejala yang dialami, hingga kondisi kista tersebut. Sebenarnya sah-sah saja bila Anda ingin mengatasi nyeri kista yang kerap kali muncul dan membuat tidak nyaman.

Namun, Anda dianjurkan untuk melakukan perawatan rumahan hanya jika telah mendapat persetujuan dari dokter. Jika dirasa sudah memungkinkan, berikut trik yang bisa diterapkan untuk membantu mengatasi nyeri kista:

1. Pakai kompres hangat

Selain akan memberikan rasa nyaman berkat hantaran panasnya, kompres hangat juga bisa membantu meningkatkan aliran darah di area sekitar tumbuhnya kista sehingga rasa sakit pun berangsur-angsur berkurang.

Cara pakainya terbilang sederhana. Anda hanya tinggal mengaplikasikan kain yang telah direndam dalam air hangat, atau bantal pemanas maupun botol yang telah diisi dengan air hangat sebelumnya ke bagian tubuh yang nyeri selama sekitar 10-20 menit. Jangan lupa untuk membungkus botol dengan handuk lembut sebelum menempelkannya langsung pada kulit.

Lakukan rutin setiap hari, setidaknya tiga kali dalam sehari sampai rasa sakit karena kista membaik.

2. Beri pijatan lembut

Sumber: Massage Magazine

Kadang kala, rasa sakit yang ditimbulkan dari pertumbuhan kista bisa menyebabkan otot-otot di sekitarnya menjadi tegang dan kaku. Tak menutup kemungkinan, kondisi ini akan menghambat aktivitas harian Anda, bukan? Salah satu mengatasi nyeri kista bisa dilakukan dengan memijat perlahan di dekat area yang terasa nyeri.

Hindari memijat langsung pada bagian dimana kista tumbuh. Pijatan di area sekitar kista sudah dapat membantu melancarkan peredaran darah sekaligus melemaskan otot yang tegang sehingga rasa nyeri pun berkurang sedikit demi sedikit.

3. Olahraga teratur

Langkah lain yang bisa ditempuh untuk membantu meringankan nyeri akibat kista adalah dengan rutin melakukan olahraga. Tidak harus yang berat, peregangan dan latihan fisik yang ringan pun disinyalir mampu meredakan keluhan yang kerap dialami pengidap kista.

Anda bisa memilih olahraga lari, joging, senam, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh dan kista yang Anda miliki. Pastikan Anda tetap merasa nyaman selama menjalani olahraga tersebut.

4. Gunakan kompres dingin untuk peradangan

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Kista yang nyeri dan membengkak berisiko meradang ketika Anda terus-menerus menggaruknya. Alih-alih menghalau rasa nyeri Anda alami, kista justru akan semakin membengkak hingga tampak kemerahan. Kalau sudah begini, coba selingi pemakaian kompres hangat dengan kompres es batu guna mengempiskan peradangan.

Kompres panas dan dingin yang rutin digunakan dapat memberi manfaat tersendiri untuk mengatasi nyeri kista. Begini, panas akan membantu melancarkan aliran darah. Sementara sensasi dingin dari kompres es akan mempercepat kempisnya bengkak.

5. Terapkan teknik relaksasi

pose yoga untuk diabetes

Tidak sedikit orang  yang mengalami stres dan tertekan karena mengetahui dirinya memiliki kista. Bila Anda termasuk satu diantaranya, sebisa mungkin usahakan untuk menghindari stres dan terlalu memikirkan kemungkinan yang akan terjadi nantinya.

Sebaiknya fokus pada perawatan yang harus Anda jalani saat ini. Menerapkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, serta pernapasan dalam, dapat membantu meredakan kecemasan dan intensitas nyeri yang Anda alami. Lebih dari itu, cara-cara tersebut akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Kista Ovarium Dianggap Bahaya dan Harus Dioperasi?

Kista sebenarnya bukan masalah serius karena dapat hilang sendiri. Tapi, ada juga kista yang perlu perawatan khusus. Kapan kista ovarium harus dioperasi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Wanita 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Benjolan Tubuh Ini Tidak Berbahaya dan Bukan Ciri Penyakit Serius

Tidak semua benjolan dari dalam kulit berbahaya dan seharusnya dihilangkan. Kenali berbagai benjolan jinak yang umum ditemukan pada tubuh manusia.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Higroma Kistik, Ketika Muncul Benjolan Pada Leher Atau Kepala Si Kecil

Pernah melihat tumbuhnya benjolan di bagian leher atau kepala bayi? Kemungkinan besar bayi tersebut mengalami higroma kistik. Kok bisa, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 26 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kista hepar kista hati adalah

Kista Hati (Kista Hepar)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kista ovarium

Kista Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 29 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit
ganglion

Kista Ganglion

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
gejala kista ovarium

Apakah Anda Mengidap Kista Ovarium? Cari Tahu Gejalanya di Sini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit