Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Hati

Oleh

Menurut World Health Organization (WHO), kanker hati merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Namun, bukan berarti pasien kanker hati tidak dapat bertahan hidup. Ada berbagai cara untuk mendukung kondisi Anda dengan menjalani perubahan gaya hidup, misalnya dengan berolahraga secara teratur. Sebelum memulai latihan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar olahraga bagi penderita kanker hati.

Apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan hati?

Berolahraga secara teratur dapat mencegah penyakit hati kian memburuk. Orang yang berolahraga secara teratur terbukti memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa orang yang teratur berolahraga biasanya merespon pengobatan lebih baik dan proses pemulihannya tergolong lebih cepat. Bila mengidap kanker hati, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa manfaat dari berolahraga, seperti berikut:

  • Olahraga membuat badan lebih bugar sekaligus meningkatkan citra diri. Hal ini dapat membuat Anda merasa baik secara mental. Kondisi mental yang baik dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, yang memberikan keuntungan bagi pasien dalam melawan kanker hati.
  • Olahraga memberi dorongan energi. Kebanyakan pasien kanker hati mengalami kelelahan. Kelelahan merupakan gejala yang paling umum selain rasa nyeri. Kelelahan dapat membuat aliran darah terganggu. Dengan berolahraga, Anda dapat melancarkan aliran darah sekaligus meningkatkan energi.
  • Berolahraga juga dapat mengurangi jumlah lemak tubuh. Dengan demikian, lemak di hati juga dapat berkurang sehingga kerja hati lebih ringan.

Olahraga dengan kontraksi dan relaksasi dapat melatih beberapa organ tubuh termasuk hati. Olahraga ini akan meningkatkan aliran darah ke hati dan dapat melindungi hati dari penyusutan jaringan (atrofi).

Olahraga apa yang cocok bagi penderita kanker hati?

Beberapa olahraga fisik bagi penderita kanker hati umumnya berbeda dari dari olahraga bagi orang yang sehat. Ada empat kriteria aktivitas fisik yang dapat dilakukan penderita kanker hati, yaitu:

  • Sederhana
  • Mudah untuk dipelajari
  • Tidak menuntut komitmen besar
  • Dapat dilakukan sambil berbaring dan duduk di rumah.

Kebanyakan peneliti menyarankan kombinasi aerobik dan latihan menahan beban bagi penderita kanker hati.

Latihan aerobik berfokus pada sistem kardiovaskular sehingga tingkat oksigen dalam darah dapat meningkat. Latihan aerobik tergolong mudah dilakukan bagi pasien kanker hati karena gerakan yang dilakukan berulang-ulang. Gerakan otot besar meningkatkan denyut jantung dan mengubah pola pernapasan Anda. Selain meningkatkan jumlah oksigen, latihan aerobik juga dapat mempercepat pengiriman oksigen ke organ-organ tubuh yang vital, termasuk hati Anda.

Latihan menahan beban dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Penyakit hati umumnya menyebabkan tulang lebih rentan terkena osteoporosis. Itulah alasan mengapa tulang dan otot yang sehat sangat penting untuk dijaga. Selain itu, latihan beban juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh, membuat tubuh lebih ramping, dan menjaga nutrisi adah dapat dicerna dan digunakan tubuh secara optimal.

Jadikan latihan-latihan di atas sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Selain kesehatan fisik, emosi Anda juga dapat lebih terkontrol setelah beberapa minggu menjalani latihan ini. Selama mengontrol gejala kanker hati selama pengobatan, Anda dapat terus melakukan olahraga. Olahraga terbukti dapat membawa efek positif bagi kesehatan Anda untuk jangka waktu yang lama.

Melakukan olahraga teratur merupakan wujud kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri. Latihan dapat meningkatkan kesehatan organ tubuh termasuk menjaga fungsi hati. Selain dapat menjaga kesehatan hati, latihan juga dapat meningkatkan mood pasien.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca