Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Seberapa Manjur Horny Goat Weed Atasi Impotensi Pria?

Seberapa Manjur Horny Goat Weed Atasi Impotensi Pria?

Horny goat weed merupakan tanaman herbal yang dianggap bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dari mulai mengusir rasa lelah hingga mengobati impotensi atau disfungsi ereksi. Lantas apa saja manfaat dan cara kerja tanaman herbal ini?

Apa itu horny goat weed?

Horny goat weed atau rumput tanduk kambing adalah tanaman herbal yang berasal dari spesies Epimedium grandiflorum yang banyak tumbuh di China dan dataran Asia lainnya.

Rumput tanduk kambing dinilai mengandung bahan kimia yang berpotensi meningkatkan aliran darah dan fungsi seksual.

Tanaman ini juga diketahui mengandung fitoestrogen, bahan kimia yang bekerja seperti hormon estrogen.

Horny goat weed dikenal sebagai pengobatan herbal bagi disfungsi ereksi (DE), masalah seksual, tulang lemah dan rapuh, masalah kesehatan setelah menopause, dan kondisi lainnya.

Namun, masih sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan khasiat tersebut.

Untuk pengobatan disfungsi ereksi, tanaman herbal ini biasanya dikemas dalam suplemen tablet, kapsul, bubuk, hingga dibuat sebagai teh.

Manfaat horny goat weed untuk impotensi

horny goat weed

Kemunculan horny goat weed yang disebut-sebut mampu mengatasi impotensi tentu menjadi harapan besar bagi banyak pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Rumput tanduk kambing diketahui mengandung bahan aktif yang disebut icariin. Senyawa inilah yang menghasilkan berbagai potensi manfaat kesehatan saat dikonsumsi.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine (2010) mencoba menyelidiki dampak herbal ini pada tikus.

Penelitian ini menguji tikus-tikus yang mengalami cedera saraf kavernosa (pembuluh darah penis). Tikus ini kemudian dirawat selama 4 minggu dengan pemberian ekstrak rumput tanduk kambing.

Hasilnya, para peneliti menemukan tikus yang diberikan ekstrak horny goat weed menunjukkan peningkatan fungsi ereksi.

Penelitian lain juga menunjukkan tanaman ini menimbulkan sedikit efek samping dibandingkan dengan obat disfungsi ereksi lainnya.

Meskipun penelitian mengenai efektivitas rumput tanduk kambing terhadap pengobatan disfungsi ereksi masih sangat terbatas, penggunaan Epimedium mungkin memiliki potensi kesehatan yang menjanjikan.

Namun, perlu diingat bahwa obat impotensi alami ini hanya akan memberikan efek sementara, bukan permanen. Oleh karena itu, Anda tetap perlu konsultasi dengan dokter sebagai perawatan utama.

Cara kerja rumput tanduk kambing

Penelitian dalam jurnal Frontiers in pharmacology (2017) mencoba mengamati sifat anti-aterosklerosis (mencegah penyempitan pembuluh darah) icariin dan potensi icariin sebagai obat impotensi.

Jurnal ini melakukan uji laboratorium terhadap kandungan dari horny goat weed dan kandungan icariin yang dimilikinya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan icariin dari rumput tanduk kambing berpotensi melancarkan aliran darah dan mengobati berbagai penyakit kardiovaskular.

Salah satu masalah kesehatan terbesar yang mungkin diobati icariin adalah disfungsi ereksi dengan menangkal enzim protein phosphodiesterase type 5 (PDE5).

Enzim tersebut diketahui mengganggu aliran darah ke penis dan mencegah ereksi. Dengan menghambat PDE5, gejala disfungsi ereksi dapat dikurangi seiring waktu.

Begini, saat terangsang, otak akan mengirimkan sinyal untuk mengalirkan darah ke penis agar mengalami ereksi. Namun, enzim PDE5 justru menghalangi aliran darah menuju penis yang menyebabkan disfungsi ereksi.

Kandungan icariin pada honey goat weed dapat menghambat aktivitas PDE5 yang menghalangi pelebaran arteri di penis. Hal ini memungkinkan darah mengisi arteri dan tiga silinder di penis untuk mencapai ereksi.

Cara kerja icariin ini mirip dengan obat sildenafil atau Viagra dalam mengatasi disfungsi ereksi.

Efek samping rumput tanduk kambing

ereksi

Horny goat weed pada dasarnya aman untuk dikonsumsi. Namun, usahakan untuk tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, penggunaan suplemen dalam jangka waktu yang panjang terlebih dengan dosis yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala seperti:

  • pusing,
  • detak jantung tidak teratur,
  • tekanan darah rendah,
  • mulut kering,
  • mimisan,
  • kejang, dan
  • gagal napas.

Belum ada penelitian yang menetapkan dosis khusus untuk tanaman herbal ini.

Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi horny goat weed untuk memastikan bahwa herbal ini aman untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dell’Agli, M., Galli, G. V., Dal Cero, E., Belluti, F., Matera, R., Zironi, E., Pagliuca, G., & Bosisio, E. (2008). Potent inhibition of human phosphodiesterase-5 by icariin derivatives. Journal of natural products, 71(9), 1513–1517. https://doi.org/10.1021/np800049y

Fang, J., & Zhang, Y. (2017). Icariin, an Anti-atherosclerotic Drug from Chinese Medicinal Herb Horny Goat Weed. Frontiers in pharmacology, 8, 734. https://doi.org/10.3389/fphar.2017.00734

Liu, Y., Zuo, H., Liu, X., Xiong, J., & Pei, X. (2017). The antiosteoporosis effect of icariin in ovariectomized rats: a systematic review and meta-analysis. Cellular and molecular biology (Noisy-le-Grand, France), 63(11), 124–131. https://doi.org/10.14715/cmb/2017.63.11.22

Shindel, A. W., Xin, Z. C., Lin, G., Fandel, T. M., Huang, Y. C., Banie, L., Breyer, B. N., Garcia, M. M., Lin, C. S., & Lue, T. F. (2010). Erectogenic and neurotrophic effects of icariin, a purified extract of horny goat weed (Epimedium spp.) in vitro and in vivo. The journal of sexual medicine, 7(4 Pt 1), 1518–1528. https://doi.org/10.1111/j.1743-6109.2009.01699.x

Horny Goat Weed. (2021). MedlinePlus. Retrieved August 30, 2022 from https://medlineplus.gov/druginfo/natural/699.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Next article: