Definisi

Apa itu tumor kelenjar ludah?

Tumor  kelenjar  ludah  adalah  kondisi  langka  di  mana  pertumbuhan  kelenjar  ludah tidaknormal. Kelenjar ludah berada di belakang  rongga mulut dan mengeluarkan ludah untuk membantu  mencerna  makanan.  Kelenjar  ludah  yang  utama  terdiri  dari  kelenjar  parotis (lokasi sisi wajah), kelenjar di bawah rahang, dan kelenjar sublingual. Kelenjar yang kecil berada pada langit‐langit mulut dan terletak disepanjang rongga mulut, sinus, dan hidung. Kelenjar ini hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Tumor  kelenjar  ludah  bisa  jinak  atau ganas.  Sebanyak  80% tumor  yang terletak  di  jalur utama  merupakan  tumor  jinak  tetapi  jika  terletak  di  area  lainnya,  80%‐nya merupakan tumor ganas

Seberapa umumkah tumor kelenjar ludah?

Pasien dengan tumor kelenjar ludah jinak yang biasa terjadi di setiap jenis kelamin dan ras. Hal  ini  terjadi  pada  semua  usia,  tetapi  lebih tua  Anda,  semakin  besar  kemungkinan komplikasi tumor terjadi. Karsinoma mukosa merupakan (tumor ganas kelenjar parotis) tumor kelenjar ludah yang paling  umum  dan  sebagian  besar terjadi  pada  pasien  berusia  20  sampai  50 tahun.  Jenis tumor  lainnya  yang umum  adalah tumor  kelenjar  parotis  yang  merupakan  kanker  epitel (tumor jinak dari kelenjar parotis), yang muncul di usia 40 sampai 50 tahun dan tumbuh sangat lambat. Pasien dengan kanker kelenjar ludah  sebagian besar merupakan wanita yang mengalami karsinoma kistik  jamur  VA  (kelenjar  gondok)  dan  orang‐orang  yang  berumur  (40‐60 tahun).

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tumor kelenjar ludah?

Tanda  pertama  dari  tumor  kelenjar  ludah  adalah  munculnya  tumor.  Tumor  ganas cenderung menyerang jaringan di sekitarnya. Penyebaran lokal dari tumor kelenjar parotis mempengaruhi  saraf  wajah  sehingga terjadi  kelumpuhan  di  sisi  yang terkena,  otot‐otot wajah yang melemah dan ketidakmampuan menutup mata. Tumor  kelenjar  ludah  dapat  menyebar  ke  otot‐otot  di  bawah  mulut  yang merupakan bagian bawah tengkorak, dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Oleh karena itu, hal itu menyebabkan  wajah  sakit,  sakit telinga,  sakit  kepala,  dan  pembengkakan  pada  kelenjar getah bening. Kanker stadium akhir akan bermetastasis ke paru‐paru dan tulang.Kemungkinan  ada  tanda‐‐tanda  dan  gejala  yang  tidak  disebutkan  di  atas.  Bila  Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda perlu pergi ke dokter  segera jika Anda mengalami  adanya tumor kecil, tumor yang menonjol, pembengkakan di  sekitar wajah dan leher. Jangan mengabaikan  kelainan  yang terjadi pada mulut, sinus dan otot‐otot wajah. Tubuh masing‐‐masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab tumor kelenjar ludah?

Penyebab tumor kelenjar ludah telah diketahui. Tumor kelenjar ludah bukan merupakan penyakit  yang  menular  dan  tidak  diwariskan.  Beberapa  penyebab  tumor  kelenjar  ludah terutama:

• Pembedahan pada perut;

• Sirosis;

• Infeksi;

• Kanker lainnya;

• Infeksi pada kelenjar ludah;

• Sindrom Sjogren.
Jenis  yang  paling  umum  dari  tumor  kelenjar  ludah  adalah  tumor  jinak  yang  sering berkembang  di  kelenjar  parotid.  Tumor  ini  secara  bertahap  akan  meningkatkan  ukuran kelenjar. Beberapa kasus dapat berkembang menjadi tumor ganas (kanker).

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tumor kelenjar ludah?

Faktor‐faktor  tertentu  yang  meningkatkan  risiko  Anda  mengalami  tumor  kelenjar  ludah yaitu:

• Paparan radiasi, seperti terapi radiasi digunakan untuk mengobati kanker di kepala dan leher.

• Bekerja di lingkungan tertentu atau terkena paparan kimia seperti pada pabrik yang memproduksi karet, tambang asbes dan di selokan.

• Paparan  virus  yang  membuat  Anda  berisiko  kanker  kelenjar  ludah termasuk HIV dan virus RBV (Epstein‐Barr)

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk tumor kelenjar ludah?

Tumor  kelenjar  ludah  hanya  dapat  disembuhkan  jika  ditemukan  letaknya  dan  diangkatsebelum  menyebar  dan mengalami  metastasi. Pengobatan  yang  umum digunakan  adalah dengan pembedahan untuk pengangkatan sepenuhnya kelenjar ludah sepanjang kawasan yang terkena dampak tumor. Prosedur  ini dapat menyebabkan  komplikasi  jika  ada  saraf penting pada wajah dan lidah. Dokter Anda  akan  menganjurkan  radioterapi  jika tumor Anda tidak  dapat  diangkat  atau jika tumor kambuh kembali. Komplikasi radiasi meliputi:

• Kulit Anda menjadi gatal, merah dan kering;

• Kehilangan  air  liur  sehingga  mulut  kering,  sakit  tenggorokan,  dan  kesulitan menelan;

• Tidak bisa tumbuh jenggot; dan kehilangan napsu makan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk tumor kelenjar ludah?

Dokter Anda akan mendiagnosis tumor kelenjar ludah melalui tomography (CT scan) atau magnetic  resonance  imaging  (MRI).  Satu‐satunya  cara  untuk  mengkonfirmasi  diagnosis adalah  dengan  biopsi.  Biopsi  adalah  prosedur  tes  tumor  dengan  mengambil  sampel jaringan tubuh dan diperiksa dengan mikroskop.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tumor kelenjar ludah?

Berikut  adalah  gaya  hidup  dan  pengobatan  rumahan  yang  dapat  membantu  Anda mengatasi tumor kelenjar ludah:

● Selalu  lakukan  pemantauan  perkembangan  tumor  serta  kemampuan  terjadinya kekambuhan tumor setelah pengobatan.
● Periksakan  diri  Anda  secara  teratur  sesuai  instruksi  dokter  untuk  mendeteksi kanker sesegera mungkin. Tingkat kelangsungan hidup hingga 10 tahun adalah 90% jika Anda memiliki tumor ganas yang sangat kecil, tapi hanya 25% jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening.
● Kosumsilah  suplemen  gizi  dan  minum  banyak  air.  Nyeri,  mulut  kering,  dan kehilangan rasa dapat membuat Anda kehilangan berat badan dan nafsu makan. Jika kekurangan gizi, Anda tidak hanya tidak bisa cepat pulih, tetapi juga menyebabkan penyakit lain yang disebabkan oleh melemahnya daya tahan tubuh.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan