Definisi

Apa itu konjungtivitis?

Konjungtivitis adalah infeksi pada konjungtiva (membran transparan antara kelopak dan sklera (bagian putih mata)) yang menyebabkan pembengkakan, mata merah, dan nyeri. Anda bisa sakit mata di salah satu atau di dua mata. Meskipun sakit mata sangat tidak nyaman dan tidak enak dilihat, kondisi ini jarang memengaruhi ketajaman penglihatan Anda. Konjungtivitis ini adalah infeksi, sehingga Anda harus dirawat sedini mungkin untuk menghindari penularan ke orang lain.

Seberapa umumkah konjungtivitis?

Konjungtivitis adalah penyakit yang umum terjadi dan bisa sembuh tanpa pengobatan. Setiap orang segala usia bisa terkena. Biasanya sakit mata menular ini terjadi di musim gugur atau hujan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala konjungtivitis?

Bagian putih mata Anda akan memerah karena pembuluh darah konjungtiva meradang. Bila Anda menderita mata merah karena alergi, Anda akan merasa gatal. Pencetus alergi termasuk serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan debu dalam rumah.

Dalam kasus sakit mata karena infeksi virus, mata akan bengkak dan kering sehingga banyak air mata mengalir. Seperti infeksi bakteri, Anda akan merasa sakit dan iritasi, mata merah dan terasa sakit dari dalam. Mata juga akan menngeluarkan kotoran yang lengket.

Mungkin ada gejala lain yang tidak disebutkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tanda-tandanya silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

konjungtivitis adalaha

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda perlu bertemu dokter ketika mengalami tanda-tanda atau gejala di atas yang Anda yakini disebabkan kongjungtivitis. Penyakit ini sangat menular selama waktu dua minggu setelah gejala pertama muncul. Oleh karena itu, pengobatan dini tidak hanya membantu Anda cepat sembuh, tapi juga melindungi orang tersayang dari infeksi sakit mata menular.

Sebaiknya Anda juga tidak semena-mena mengobati sendiri di rumah atau telat ke rumah sakit karena Anda mungkin saja sebenarnya mengidap penyakit mata yang lain dengan gejala yang mirip konjungtivitis namun lebih serius.

Penyebab

Apa penyebab konjungtivitis?

Ada banyak penyebab konjungtivitis. Penyebab utama adalah alergi, infeksi virus atau bakteri, dan objek asing.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk konjungtivitis?

Anda perlu mengetahui risiko mata merah untuk menghindari infeksi ke orang lain dan melindungi kesehatan mereka. Faktor-faktor ini meningkatkan risiko mata merah, yaitu:

  • Kontak langsung dengan air mata, jari, atau sapu tangan orang yang sakit konjungtivitis
  • Terpapar alergen (zat pencetus alergi)
  • Sering memakai lensa kontak, terutama pemakaian selama seminggu (biasanya tipe yang bisa digunakan terus selama 7 hari dan tidak dilepas sebelum tidur)

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk konjungtivitis?

Jika konjungtivitis Anda disebabkan bakteri, dokter akan memberikan resep obat tetes mata atau salep antibiotik. Anda bisa mengurangi bengkak mata dengan kompres hangat. Mata merah karena bakteri biasanya jadi lebih baik dalam 48 jam setelah pengobatan dan biasanya hilang dalam seminggu.

Jika penyebabnya adalah virus, obat tetes mata atau salep antibiotik tidak akan berefek. Dokter Anda akan memberi tetes mata untuk membantu meningkatkan kelembapan mata digabung dengan kompres hangat untuk mengurangi bengkak. Mata merah karena virus biasanya hilang dalam 1 minggu, tapi bisa lebih lama.

Jika Anda alergi, dokter Anda akan memberi tetes mata dan antihistamin untuk mengurangi peradangan, dan dekongestan hidung untuk meringankan gejala alergi. Es akan membantu Anda mengurangi gatal. Alergi mata merah bisa terjadi musiman.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk konjungtivitis?

Dokter biasanya mendiagnosis mata merah dengan pemeriksaan klinis dan menanyakan Anda untuk mencari penyebab mata merah. Jika Anda tidak menemukan penyebabnya, dokter Anda bisa melakukan tes untuk mendiagnosa penyebab umum gejalanya.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi konjungtivitis?

Kebiasaan gaya hidup yang baik adalah cara terbaik untuk mencegah mata merah. Meski Anda sakit, tetap jaga kebersihan dan kebiasaan untuk membantu mata merah hilang dan tidak menular ke badan. Anda bisa mengontrol penyakit Anda jika memerhatikan beberapa hal:

  • Hindari kontak langsung dengan siapapun jika Anda menderita mata merah. Gunakan sapu tangan atau tisu untuk membersihkan kotoran mata
  • Sering cuci tangan
  • Gunakan handuk, lap, dan bantal yang terpisah dari keluarga Anda di rumah.
  • Buang kosmetik mata yang sudah lama dan jangan berbagi kosmetik mata dengan orang lain
  • Hindari penyebab alergi, jika bisa
  • Gunakan pengobatan sesuai yang diinstruksikan
  • Jangan sentuh area yang terinfeksi atau mengucek mata Anda
  • Jangan gunakan lensa kontak sampai pengobatan selesai. Anda mungkin juga harus mengganti lensa kontak Anda atau kotak penyimpanannya

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016