Tips Mengatasi Rasa Tidak Nyaman saat Pakai Lensa Kontak

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/10/2019
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak? Padahal ada rencana menghadiri meeting penting atau bahkan akan berada di atas panggung membawakan acara. Jangan sampai rasa ketidaknyamanan saat pakai lensa kontak itu merusak rencana Anda.

Penyebab rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak

Biasanya rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak timbul pada beberapa titik, sehingga menimbulkan rasa sakit, mata memerah, mata perih, iritasi, maupun terasa mengganjal. 

Ada ragam faktor yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak. Beberapa kasus rasa tidak nyaman timbul akibat ukuran diameter lensa terlalu besar atau kecil. Sehingga saat dikenakan, rasanya kurang pas.

Masalah selanjutnya yang kerap dialami adalah mata kering. Meski hal ini wajar terjadi, tetapi Anda tetap perlu mengatasinya segera. Saat mengenakan lensa kontak dan dikenakan, pasti bola mata akan banyak melakukan pergerakan. Bola mata yang terlalu banyak bergerak saat menggunakan lensa kontak menyebabkan mata mudah kering. 

Selain itu, rasa tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak juga bisa terjadi ketika Anda terlalu lama mengenakannya. Selama penggunaan mungkin Anda tidak membersihkannya dan ada banyak kotoran yang hinggap pada lensa kontak. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak.

Tips mudah mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak

Segera atasi masalah tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak. Membiarkannya hanya dapat meningkatkan risiko mata iritasi. Maka dari itu, redakan rasa tidak nyaman pakai lensa kontak dengan cara berikut ini.

1. Gunakan obat tetes mata

Gunakan produk obat tetes air mata buatan yang diformulasikan untuk melumasi mata. Ini salah satu cara mudah mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak dan menghindari peradangan akibat iritasi mata kering. Cukup teteskan 1-2 kali ketika mata sudah mulai mengering.

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter mata mengenai produk obat tetes mata yang akan ada pakai. Sebab beberapa obat tetes mata tidak cocok untuk jenis lensa yang Anda pakai dan menyebabkan perubahan warna lensa kontak.

2. Kurangi waktu pakai

Mengenakan kontak lensa sepanjang hari otomatis menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Tips untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak adalah mengurangi waktu pakai.

Meski lensa kontak diformulasikan “ramah” saat bersentuhan langsung dengan mata, mata juga perlu jeda rehat. Anda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan, seperti memakai lensa kontak saat tidur, mandi, atau berenang agar mata bisa terhindar dari iritasi.

Sesekali Anda perlu mengisitrahatkan mata dan beralih sejenak ke kacamata. Saat mengenakan kacamata, rendam lensa di casing-nya dengan cairan khusus untuk kontak lensa agar menjaganya tetap terhidrasi. Jangan lupa untuk mencatat waktu kedaluwarsa lensa kontak, ya.

3. Hindari make-up berlebih pada area mata

Mengenakan make up “berat” di area mata juga membuat mata Anda tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak. Menghindari make-up berlebih di sekitar mata menjadi cara mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak. Residu make up dapat mengiritasi mata dan membuatnya tidak nyaman saat menggunakan kontak lensa.

Jadi, pastikan Anda tidak memoleskan terlalu banyak make up pada mata, sehingga Anda bisa nyaman senantiasa dalam beraktivitas menggunakan lensa kontak.

4. Membersihkan lensa kontak

Satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak adalah menjaga kebersihannya. Selalu ingat untuk membersihkan lensa kontak dengan tangan yang bersih. Pastikan Anda sudah mencuci tangan sebelum menyentuhnya.

Membersihkan lensa kontak secara teratur perlu dilakukan untuk mengusir kotoran dan residu selama pemakaian. Gosok secara lembut dengan jari Anda dengan cairan pembersih. Hati-hati saat membersihkan agar tidak merobek lensa kontak.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Seseorang yang intoleransi laktosa umumnya akan mengalami gangguan pencernaan sesudah mengonsumsi produk susu. Berikut cara aman menghindarinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Cara Praktis Menakar Porsi Makan untuk Menjaga Berat Badan

Saat mengatur porsi makan, Anda mungkin terkendala cara menakar bahan makanan yang tepat. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 17/04/2020

Apakah Pengidap Thalassemia Bisa Sembuh Total?

Thalassemia merupakan penyakit keturunan yang sulit diobati. Meski demikian, para ahli terus mencari cara untuk mengobati thalassemia hingga sembuh total.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Memilih Obat Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

Untuk membantu ibu hamil yang sesah tidur, obat dapat menjadi solusinya. Namun, Anda perlu memilih obat tidur yang aman dan tidak berisiko pada kehamilan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau hujan

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020
hubungan poliamori

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
pengaruh tbc pada ibu hamil

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020
memilih terapis seks

Jangan Asal Pilih, Begini Cara Menentukan Terapis Seks yang Cocok untuk Anda

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020