5 Hal yang Akan Terjadi Pada Anak Jika Kekurangan Zinc

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Zinc adalah nutrisi yang dibutuhkan orang-orang agar tetap sehat, sebab zinc dapat membantu sistem imun dalam melawan virus dan bakteri. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membentuk protein dan DNA, serta hal-hal yang berhubungan dengan genetik pada seluruh sel. Zinc juga sangat dibutuhkan oleh tubuh pada masa kehamilan, bayi ,dan anak-anak, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berapakah jumlah zinc yang dibutuhkan anak-anak?

Zinc yang dibutuhkan setiap harinya tergantung pada usia masing-masing individu. Berikut ini adalah rata-rata zinc yang dibutuhkan anak-anak:

  • Baru lahir sampai 6 bulan: 2 mg
  • Bayi 7-12 bulan: 3 mg
  • Batita 1-3 tahun: 3 mg
  • Anak 4-8 tahun: 5 mg
  • Anak 9-13 tahun: 8 mg
  • Remaja 14-18 tahun (laki-laki): 11 mg
  • Remaja 14-18 tahun (perempuan): 9 mg

Namun, asupan zinc untuk bayi yang berusia 4-6 bulan cukup dengan ASI saja, sebab ASI mengandung zinc yang cukup (2 mg per hari). Sedangkan pada bayi yang 7-12 bulan, selain diberikan ASI, juga harus mengonsumsi makanan yang direkomendasikan untuk anak dengan usia tersebut.

Pada makanan apa saja zinc dapat ditemukan?

Kandungan zinc dapat ditemukan pada berbagai macam makanan. Berikut ini adalah makan yang direkomendasikan:

  • Tiram merupakan salah satu makanan yang kaya akan zinc
  • Daging merah dan unggas, seafood seperti kepiting dan lobster, serta sereal yang kaya zinc untuk sarapan
  • Kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu

Apa fungsi dan manfaat zinc bagi tubuh anak?

Zinc merupakan zat yang vital untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi, serta sangat berpengaruh terhadap kekuatan sistem imun. Memakan makanan yang kaya akan zinc mampu membuat anak merespon dengan cepat dan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan memori secara akurat. Nutrisi zinc berpengaruh pada motorik, kognitif dan fungsi psikososial pada anak-anak dan orang tua.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan, peningkatan terkena infeksi dan flu, melemahkan memori, dan kurangnya daya memperhatikan. Penyebab kekurangan zinc di antaranya adalah jika anak mengalami pertumbuhan yang cepat, dan kebiasaan pola makan yang buruk. Anak-anak juga mungkin saja tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc.

Zinc sangat dibutuhkan juga untuk kemampuan koordinasi mata bagi anak-anak. Suplemen zinc mampu mengatasi kegagalan pertumbuhan yang dialami anak kekurangan zinc. Sangat penting sekali zinc untuk pertumbuhan anak-anak. Bisa dibayangkan bahayanya kekurangan zinc?

Apa yang akan terjadi jika anak kekurangan zinc?

Tanpa kita sadari mungkin buah hati kita juga termasuk ke dalam kelompok yang kekurangan nutrisi zinc. Berikut ini ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali:

1. Lemahnya fungsi neurologis

Kekurangan zinc ketika bayi dapat dihubungkan dengan gangguan motorik dan kurang fokus yang berlangsung sampai dewasa. Kita membutuhkan zinc dari makanan dan diselingi oleh nutrisi lainnya. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, suplemen zinc hanya menyediakan sekitar 50% dari yang dibutuhkan pada setiap harinya.

2. Lemahnya kekebalan tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, zinc berpengaruh terhadap sistem imun. Jika anak mudah terserang sakit, kemungkinan ia perlu asupan zinc yang lebih. Zinc berguna untuk:

  • Pertumbuhan T-cell dan sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan penyakit
  • Apoptosis yang berfungsi untuk membunuh bakteri berbahaya, virus, dan sel kanker
  • Turunan gen, langkah awal dari ekspresi gen
  • Berfungsi sebagai proteksi untuk membran sel
  • Berkontribusi dalam menjaga fungsi kesehatan, serta keseimbangan suasana hati

3. Diare

Salah satu contoh sistem imun terganggu adalah infeksi, seperti mengalami diare. Anak-anak sangat mudah terkena diare setiap tahunnya, mereka juga rentan terhadap bakteri E. coli dan infeksi bakteri lainnya.

4. Alergi

Stres kronis dapat menyebabkan lemahnya kelenjar adrenal dan dapat memicu kurangnya kalsium, magnesium, dan zinc. Hal ini dapat disebabkan karena peningkatan level histamin – zat yang dapat menyebabkan alergi. Kekurangan zinc dapat menambah level histamin sekitar jaringan cairan tubuh. Berikut ini alasan histamin harus dikurangi:

  • Kelebihan histamine dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai gejala yang biasa dijumpai dan dihubungkan dengan alergi (hidung berair, bersin dan gatal-gatal)
  • Tinggi histamin dapat meningkatkan sensitivitas seseorang terhadap semua reaksi alergi

5. Penipisan rambut

Seseorang yang mengalami lemahnya adrenal mungkin akan mengalami hipotiroidisme yang menyebabkan rambut menipis dan alopecia. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya hormon tiroid. Hormon tersebut merupakan dasar dari penyerapan zinc.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca