backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Merek Balsem untuk Anak Batuk Pilek yang Ampuh

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

10 Rekomendasi Merek Balsem untuk Anak Batuk Pilek yang Ampuh

Gejala seperti pilek, hidung tersumbat, dan batuk terus-menerus pada si Kecil mungkin bikin Ibu bingung dan jadi kurang tidur ya. Sebab, kondisi ini kerap membuat anak rewel, sulit tidur, dan sering terbangun pada malam hari. Salah satu solusi yang kerap dilakukan orangtua untuk meredakan batuk pilek anak adalah menggunakan balsem.

Apa saja rekomendasi balsem bayi dan anak yang aman guna meredakan gejala tersebut? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

Cara kami memilih produk balsem anak untuk batuk pilek 

obat pilek anak dan bayi

Sebelum membeli produk balsem anak, ada baiknya untuk mengetahui cara memilih produk yang tepat. 

Hal ini karena memilih produk balsem atau salep batuk pilek untuk anak memerlukan perhatian khusus terhadap berbagai aspek demi keamanan dan efektivitasnya. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan dalam memilih balsem yang tepat untuk mengatasi batuk pilek anak. 

  • Perhatikan kandungan bahan aktif. Pilih balsem yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kayu putih, menthol, atau eucalyptus. Bahan-bahan ini dikenal aman untuk anak dan memiliki efek melegakan pernapasan serta menghangatkan tubuh.
  • Pastikan aman untuk anak. Baca label produk dengan saksama untuk memastikan balsem tersebut diformulasikan khusus untuk anak. Hindari balsem yang mengandung bahan kimia keras atau alergen yang dapat memicu iritasi kulit
  • Cek rekomendasi usia. Pilih balsem sesuai dengan usia anak. Beberapa produk balsem memiliki batasan usia tertentu, sehingga sangat penting untuk memilih produk yang tepat.
  • Aroma yang menenangkan. Pilih balsem dengan aroma yang lembut dan menenangkan. Aroma yang terlalu kuat dapat mengganggu pernapasan anak atau membuat mereka merasa tidak nyaman.
  • Kemasan yang praktis. Sebaiknya pilih balsem dengan kemasan yang praktis dan mudah digunakan. Kemasan yang ringkas dan higienis akan memudahkan Ibu dalam mengoleskan balsem tersebut. 

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Ibu dapat memilih balsem yang tidak hanya efektif membantu meredakan gejala flu dan batuk, tetapi juga aman dan nyaman digunakan pada anak. 

Tahukah Anda?

Selain pada produk balsem, melansir Mount Sinai, eucalyptus sering digunakan di produk obat flu dan batuk yang dijual bebas untuk meredakan hidung tersumbat. 

10 rekomendasi balsem untuk anak batuk pilek

infeksi saluran pernapasan pada anak

Berdasarkan beberapa pertimbangan di atas, berikut ini kami berikan rekomendasi merek balsem anak batuk pilek agar dapat membantu anak dalam memilih balsem yang bagus dan terbaik untuk si Kecil. 

1. Transpulmin Baby Balsam 

Transpulmin Baby Balsam adalah rekomendasi balsem batuk pilek anak yang dapat digunakan pada bayi hingga anak-anak berusia 2 tahun. 

Dengan kandungan eucalyptol dan extract chamomile, balsem ini dipercaya dapat membantu meringankan hidung tersumbat karena flu.

Memiliki tingkat kehangatan yang pas dan aroma yang menyejukkan, balsem ini sangat cocok digunakan untuk si Kecil.

Apalagi, transpulmin juga mengklaim bahwa produk balsemnya ini tidak lengket, sehingga nyaman digunakan si Kecil.

Nomor registrasi BPOM: QD171715251

2. Balsem Telon Tresno Joyo 

Balsem Telon Tresno Joyo juga dapat menjadi pilihan Ibu dalam memilih merek balsem untuk mengatasi flu dan batuk pada anak

Mengoleskan balsem ini pada dada dan punggung si Kecil sebelum tidur dipercaya dapat membantu meringankan pilek dan batuk anak, sehingga ia dapat tidur lebih nyenyak. 

Tidak hanya digunakan untuk batuk dan flu, Balsem Telon Tresno Joyo dapat mencegah dan mengobati masuk angin serta perut kembung pada bayi dan anak. 

Nomor registrasi BPOM: QD123711141

3. Vicks Vaporub 

Rekomendasi balsem anak yang selanjutnya datang dari Vicks Vaporub. Balsem ini dapat digunakan untuk meringankan gejala pilek dan batuk karena flu pada anak di atas 2 tahun. 

Manfaat balsem ini dipercaya berasal dari kandungan bahan-bahan alami berkhasiat di dalamnya, seperti eucalyptus oil, menthol, dan camphor

Untuk mendapatkan manfaatnya, Ibu dapat mengoleskan balsem ini pada area leher, dada, dan punggung bayi sambil dipijat

Nomor registrasi BPOM: QL031700281

4. Peek Me Relief Balm 

Peek Me Relief Balm adalah balsem yang dapat meredakan batuk pilek anak. Menariknya, balsem ini tidak memberikan efek panas ataupun dingin di kulit, sehingga sangat aman dan nyaman digunakan pada anak di atas 2 tahun. 

Mengandung bahan seperti coconut oil, cypress oil, vitamin E, hingga spearmint oil, balsem ini dipercaya mampu membantu melegakan pernapasan, mengencerkan dahak, dan mengurangi meler. 

Tidak hanya itu, Peek Me Relief Balm mengklaim produknya bisa menstimulasi daya tahan tubuh dan bersifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh dari sakit.

Nomor registrasi BPOM: TR213786011 

5. Babymax Calm and Relax Cream 

Babymax Calm And Relax Cream dengan kandungan murumuru butter organik dapat membantu menghangatkan perut dan punggung bayi. 

Oleh karena itu, balsem ini bermanfaat untuk meringankan gejala kolik pada bayi hingga membantu melegakan pernapasan. 

Tidak hanya itu, memiliki wangi yang menenangkan, Baby Calm and Relax Cream juga membantu bayi rileks dan tidur nyenyak 

Nomor registrasi BPOM: NA18220110351

6. Kinderen Baby Balsam Tube  

Kandungan eucalyptus oil di dalam Kinderen Baby Balsam ini dipercaya memiliki beberapa manfaat, yaitu membantu menghangatkan tubuh dan melegakan hidung tersumbat. 

Untuk mendapatkan manfaat dari produk ini, usapkan Kinderen Baby Balsam Tube dengan lembut pada dada, punggung, dan leher 2—3 kali sehari dan sebelum istirahat agar ia dapat tidur lebih nyenyak. 

Selain meredakan hidung tersumbat, balsem batuk pilek anak ini juga diklaim dapat meredakan gejala perut kembung dan mengurangi gatal karena gigitan serangga. 

Nomor registrasi BPOM: TR152788561

7. Buds Organic Calming Rub Cream 

Rekomendasi balsem bayi lainnya datang dari Buds Organic. Salah satu merek perlengkapan bayi yang terkenal ini memiliki produk balsem yang diklaim dapat meredakan batuk dan pilek pada anak. 

Ini berkat kehangatan alami yang berasal dari kandungan peppermint, fennel, dan ginger di dalamnya, sehingga mampu meringankan gejala flu. 

TIdak hanya itu, kandungan lavender essential oil di dalamnya dikenal dengan kemampuannya untuk memberikan efek menenangkan, sehingga dapat membuat anak tidur lebih nyenyak. 

Nomor registrasi BPOM: NA32220100010

8. Gently Calming Baby Cream 

Gently Calming Baby Cream dapat digunakan untuk menghangatkan perut bayi atau anak ketika flu batuk ataupun kembung.

Kandungan peppermint oil di dalamnyanya dapat memberikan rasa hangat dan melegakan pernapasan.

Sementara ekstrak lavendernya dapat memberikan efek menenangkan serta membantu tidur lebih lelap, sehingga cocok untuk bayi atau anak yang terbangun malam hari karena gelisah.

Tidak hanya itu, kandungan aloe vera di dalam Gently Calming Baby Cream dapat menutrisi dan melembapkan kulit bayi. 

Nomor registrasi BPOM: NA18220101609

9. Caladine Baby Balm 

Siapa yang tidak tahu dengan merek Caladine? Sebagian besar dari Ibu mungkin sudah familiar dengan merek ini ya.

Caladine Baby Balm adalah salep yang dapat digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan saat anak sedang sakit, seperti pilek dan batuk. 

Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan eucalyptol dan chamomile di dalamnya yang dapat memberikan efek menghangatkan dan melegakan hidung tersumbat

Nomor registrasi BPOM:  QD091708581

10. Bambi Telon Balm 

Mencari rekomendasi balsem bayi yang dapat digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif? Bambi Telon Balm mungkin bisa menjadi jawabannya. 

Menggunakan bahan-bahan natural, merek ini mengklaim bahwa produknya dapat digunakan oleh semua jenis kulit

Kandungan chamomile oil di dalamnya dipercaya dapat membantu meredakan gejala flu dan batuk pada bayi. 

Nomor registrasi BPOM: NA18180105398

Nah, itu dia beberapa rekomendasi balsem yang dapat membantu meredakan flu dan batuk pada anak.

Semoga produk yang kami rekomendasikan dapat membantu Ibu dalam memilih balsem terbaik sesuai dengan kebutuhan si Kecil, ya. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan