backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Pelembap yang Aman untuk Bibir Bayi yang Kering

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

7 Rekomendasi Pelembap yang Aman untuk Bibir Bayi yang Kering

Selayaknya orang dewasa, anak kecil pun bisa mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Jika tidak segera Anda tangani bisa menyebabkan infeksi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering pada si Kecil dengan menggunakan lip balm. Kira-kira merk pelembap apa yang aman untuk bibir bayi? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara memilih pelembap bibir bayi terbaik

Dalam memilih lip balm untuk si Kecil ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, cek kandungannya dan pastikan bebas dari zat berbahaya, seperti paraben, pewangi, dan pewarna.

Alangkah baiknya, membeli produk dengan kandungan bahan alami. Mengutip situs American Academy of Dermatology Association, dokter kulit merekomendasikan produk yang mengandung satu atau lebih bahan, di antaranya:

  • shea butter
  • ceramide
  • minyak jojoba
  • petroleum jelly berwarna putih

Apabila Anda tertarik memilih pelembap bibir bayi organik, pastikan memeriksa logo sertifikasi organik dan cek pemberi sertifikat terlebih dahulu sebelum membeli agar aman.

Rekomendasi pelembap bibir bayi

bibir kering pada bayi baru lahir

Masih bingung memilih produk baby lip balm yang tepat untuk si Kecil? Tenang, kami memiliki rekomendasi pelembap yang aman untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada bayi Anda. 

1. Sebamed Baby Lip Balm

Formula lipid complex dari Sebamed Baby Lip Balm ini mampu mencegah iritasi bibir karena air liur atau dot, termasuk ruangan ber-AC. 

Produk ini mengandung minyak jojoba, shea butter, candelilla, beeswax, dan Vitamin E yang bagus untuk mengatasi permasalahan pada bibir, seperti bibir kering, pecah-pecah, hingga menyamarkan garis halus. 

Selain itu, pelembap bibir ini juga cocok untuk digunakan bayi sejak newborn karena bebas bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Nomor registrasi BPOM: NC16161302988

2. Buds Organics Pukka Pucker Lip Balm

Buds Organics Pukka Pucker Lip Balm adalah pelembap bibir yang diformulasikan khusus untuk melindungi dan menutrisi bibir bayi.

Anda tidak perlu khawatir pelembap akan tertelan oleh bayi karena baby lip balm ini tidak mengandung pewangi buatan dan bahan pengawet.

Menariknya, dilengkapi dengan sertifikat organik dari Ecocert untuk memastikan bahwa seluruh proses pembuatan produk bebas dari bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan.

Buds Organics Pukka Pucker Lip Balm bisa jadi pilihan dapat Anda aplikasikan pada bibir bayi untuk melindungi dari kerutan dan mencerahkan warna bibir bayi yang hitam.

Nomor registrasi BPOM: NA32171304933 

3. Pure Paw Paw Ointment 

Rekomendasi pelembap bibir bayi yang bagus selanjutnya adalah Pure Paw Paw Ointment.

Produk ointment atau gel pelembap serbaguna ini bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk beragam kebutuhan kulit maupun bibir di segala usia, termasuk anak usia 2 tahun.

Pure Paw Paw Ointment diperkaya dengan ekstrak Australian Carica papaya yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga mampu melembapkan bibir bayi yang pecah-pecah.

Anda juga bisa mengoleskan produk ini untuk membantu meredakan ruam popok bayi dan menenangkan kulit akibat goresan atau sengatan serangga.

Pastikan pelembap ini hanya untuk pemakaian luar dan hentikan pemakaian jika terjadi iritasi kulit bayi.

Nomor registrasi BPOM: NB02171304605

4. Sensatia Botanicals Lemonhead Lip Smack

Sensatia Botanicals Lemonhead Lip Smack adalah lip balm yang memberikan aroma citrus yang segar karena mengandung minyak esensial lemon dan lemon myrtle

Berkat sejumlah kandungan bahan-bahan alami, pelembap bibir merk ini diyakini aman untuk digunakan bayi.

Selain itu, Sensatia Botanicals juga dirancang untuk memberikan hidrasi yang cepat menyerap pada bibir.

Jadi, tak heran jika bibir si Kecil akan terasa lembut serta halus dengan hasil akhir yang tidak lengket.

Nomor registrasi BPOM: NA18171306445

5. Buttered Lanosalve Multipurpose Balm Scented

Buttered Lanosalve Multipurpose Balm Scented adalah balm multifungsi yang terbuat dari lanolin, yang berasal dari wol domba. 

Terbukti dalam Journal of Applied Oral Science, menyebutkan bahwa Lanolin efektif dalam mengurangi gejala dehidrasi dan tanda-tanda kekeringan bibir.

Sementara itu, kandungan Rosehip Oil dan Vitamin E dalam produk ini dapat membantu regenerasi kulit serta menenangkan kulit yang meradang atau kemerahan.

Cara pemakaiannya, Anda bisa oleskan secara langsung ke bibir bayi kering secara tipis-tipis pada malam hari untuk hasil yang maksimal.

Nomor registrasi BPOM: NA18230106284

6. Beeme Nourishing Balm

Rekomendasi lainnya merk pelembap yang aman untuk bibir bayi newborn adalah Beeme Nourishing Balm.

Produk ini menggunakan bahan organik dan foodgrade yang aman untuk ibu hamil, ibu menyusui dan bahkan bayi baru lahir (newborn), sehingga tidak berbahaya apabila tidak sengaja tertelan.

Beeme Nourishing Balm mengandung petroleum jelly, lilin lebah (beeswax), minyak zaitun, minyak kelapa, almond oil, dengan aroma sweet vanilla coconut yang menyegarkan dan menenangkan.

Sebelum mengoleskannya pada si Kecil, sebaiknya cek sensitifitas terlebih dahulu dengan cara uji tempel sederhana. 

Oleskan Beeme ke lengan bayi, belakang lutut, atau punggung bayi lalu tutup dengan plester perban selama 24 sampai 48 jam dan pastikan jangan sampai basah untuk melihat reaksinya pada kulit.

Kalau ada reaksi merah, gatal atau pembengkakan bisa jadi si kecil tidak cocok atau sensitif dengan salah satu komposisi di Beeme. Namun, bila tidak terjadi reaksi Anda bisa lanjutkan pemakaian.

Nomor registrasi BPOM: NA18221301181

7. Beauty Barn Organics Nourishing Lip Balm

Cari baby lip balm yang cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas? Jika ya, merk Beauty Barn Organics Nourishing Lip Balm bisa jadi referensi pilihan untuk Anda.

Produk ini terbuat dari 100% bahan alami dan organik yang membantu melembapkan dan menenangkan bibir sensitif, serta mencegah bibir kering, bersisik, atau pecah-pecah.

Selain untuk bibir, pelembap ini juga bisa Anda gunakan untuk area kulit bayi lain yang membutuhkan hidrasi tambahan.

Nomor registrasi BPOM: NA18171300623

Itulah rekomendasi merk pelembap bibir yang aman dan cocok untuk bagi segala usia termasuk newborn.

Selain mengaplikasikan pelembap untuk bibir bayi yang kering atau pecah-pecah, Anda juga sebaiknya rutin membersihkan bibir si Kecil terutama sehabis minum susu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan