Nama Generik: Nifedipine Merek: Calcianta, Farmalat, Nifedin, Adalat, Adalat OROS, Cordalat, Coronipin, Ficor, Inficard, Nifedipine Indo Farma, Nifedipine Landson, Vasdalat Vasdalat/Vasdal dan Xepalat.

Penggunaan

Untuk apa nifedipine?

Nifedipine adalah obat dengan fungsi untuk mencegah beberapa tipe nyeri dada tertentu (angina). Obat ini memungkinkan Anda untuk lebih banyak berolahraga dan mengurangi frekuensi serangan angina. Nifedipine termasuk dalam kelas obat-obatan yang dikenal sebagai calcium channel bloker. Obat ini bekerja dengan melemaskan pembuluh darah agar darah dapat mengalir lebih mudah. Obat ini harus digunakan secara rutin agar efektif. Obat ini tidak boleh digunakan untuk mengobati serangan nyeri dada saat terjadi. Gunakan obat-obatan lain (seperti sublingual nitrogliserin) untuk meredakan serangan nyeri dada seperti anjuran dokter Anda. Konsultasikan pada dokter dan apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Lansia harus mendiskusikan risiko dan manfaat obat ini dengan dokter atau apoteker, dan alternatif lain dari nifedipine yang lebih ama (seperti tablet reaksi panjang).

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan aliran darah tertentu (sindrom Raynaud’s).

Dosis nifedipine dan efek samping nifedipine akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan nifedipine?

Gunakan obat ini dengan cara diminum sesuai dengan anjuran dokter Anda, biasanya tiga kali sehari pada waktu makan atau tidak, sesuai anjuran dokter Anda. Telan obat ini dalam keadaan utuh, jangan menggerus, mengunyah, atau menghancurkan kapsul.

Dosis bergantung pada kondisi kesehatan dan respon pada pengobatam.

Dokter Anda mungkin akan meningkatkan dosis  Anda secara bertahap. Ikuti instruksi dokter dengan baik.

Hindari grapefruit atau meminum jus grapefruit saat menggunakan obat ini kecuali apabila dokter atau apoteker Anda memperbolehkannya. Grapefruit dapat meningkatkan kadar obat tertentu pada aliran darah Anda. Tanyakan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan. Untuk membantu Anda mengingat gunakan pada waktu yang sama setiap harinya.

Beri tahu dokter apabila kondisi Anda semakin memburuk (misalnya nyeri dada Anda bertambah parah atau meningkat frekuensinya).

Bagaimana cara penyimpanan nifedipine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis nifedipine untuk orang dewasa?

Dosis untuk Hipertensi Pada Orang Dewasa

Dosis awal:
Tablet extended release: 30 hingga 60 mg oral sekali dalam sehari
Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap tiap 7 hingga 14 hari.

Dosis untuk Migraine Prophylaxis Pada Orang Dewasa

Dosis awal:
Tablet extended release: 30 mg oral sekali dalam sehari
Kapsul immediate release: 10 mg oral 3 kali sehari

Dosis untuk Angina Pectoris Prophylaxis Pada Orang Dewasa

Dosis awal:
Tablet extended release: 30 hingga 60 mg oral sekali dalam sehari
Kapsul immediate release: 10 mg oral 3 kali sehari
Maintenance dosis:
Kapsul immediate release: 10 hingga 30 mg oral 3 hingga 4 kali sehari

Dosis untuk Gagal Jantung Bawaan Pada Orang Dewasa

Dosis awal:
Procardia XL (R): 30 hingga 60 mg oral sekali dalam sehari
Adalat (R) CC: 30 mg oral sekali dalam sehari

Dosis untuk Kelahiran Prematur Pada Orang Dewasa

Kemampuan tokolitis dari nifedipine telah dievaluasi dalam beberapa penelitian. Dosis yang digunakan pada penelitian berkisar dari 10 hingga 20 mg tiap 6 hingga 8 jam seperlunya dan ditolerir untuk menunda kelahiran.

Bagaimana dosis nifedipine untuk anak-anak?

Dosis untuk Gawat Darurat Hipertensi Pada Anak-anak

Anak-anak:
Kapsul immediate release: 0.25 hingga 0.5 mg/kg/dosis (maksimal10 mg/dosis) diulang tiap 4 hingga 6 jam bila diperlukan
Dosis maksimal: 1 hingga 2 mg/kg/hari

Dosis untuk Hipertensi Pada Anak-anak

Tablet extended release:
Anak-anak: 0.25 hingga 0.5 mg/kg/hari terbagi dalam 1 hingga 2 dosis; dosis harus dititrasi untuk berefek.

Dosis maksimal: 3 mg/kg/hari hingga 120 mg/hari (atau 180 mg/hari di beberapa tempat tertentu)

Dosis untuk Hypertrophic Cardiomyopathy Pada Anak-anak

Anak-anak: 0.6 hingga 0.9 mg/kg/24 jam terbagi dalam 3 atau 4 dosis

Dalam dosis apakah nifedipine tersedia?

Tablet, ER: 30 mg, 60 mg, 90 mg

Kapsul, oral: 10 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena nifedipine?

Segera cari pertolongan gawat darurat apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: ruam; kesulitan bernapas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter segera apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • angina yang memburuk
  • konstipasi dan kram yang berat, sakit perut atau ulu hati yang parah, batuk darah
  • perasaan seperti ingin pingsan
  • merasa kesulitan bernapas, pembengkakan pada tangan atau kaki
  • denyut jantung yang cepat dan berdegup kencang
  • mati rasa atau kesemutan
  • sakit kuning (mata dan kulit menguning)
  • nyeri dada atau perasaan berat, nyeri yang menjalar ke lengan dan bahu, mual, berkeringat, merasa tidak enak badan

Efek samping yang kurang serius termasuk:

  • sakit kepala, pusing
  • kantuk, merasa lelah
  • mual, konstipasi, diare, atau sakit perut ringan
  • gangguan tidur (insomnia)
  • ruam atau gatal yang ringan
  • nyeri sendi, kram pada kaki
  • merasa hangat, kesemutan, atau ada kemerahan pada kulit Anda
  • buang air kecil yang lebih sering

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan nifedipine?

Sebelum menggunakan Nifedipine,

  • beri tahu dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap nifedipine, obat-obatan lain, atau komposisi apapun dalam produk nifedipine yang diresepkan. Tanyakan daftar komposisi pada apoteker Anda
  • beri tahu dokter dan apoteker apa obat-obatan resep dan resep, vitamin, uiplemen, dan produk herbal yang Anda konsumsi atau berencana untuk mengonsumsi. Pastikan Anda menyebutkan obat-obatan berikut: acarbose (Prandase, Precose); antikoagulan (‘pengencer darah’) seperti warfarin (Coumadin, Jantoven); antijamur seperti fluconazole (Diflucan), itraconazole (Sporanox), and ketoconazole (Nizoral); beta blocker seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Trandate), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), propranolol (Inderal), dan timolol (Blocadren); carbamazepine (Carbatrol, Epitol, Tegretol); cimetidine (Tagamet); digoxin (Lanoxin, Lanoxicaps); diltiazem (Cardizem); doxazosin (Cardura); erythromycin (E.E.S., E-Mycin, Erythrocin); fentanyl (Actiq, Duragesic, Fentora, Sublimaze); flecainide (Tambocor); penghambat protease HIV seperti amprenavir (Agenerase), atazanavir (Reyataz), delavirdine (Rescriptor), fosamprenavir (Lexiva), indinavir (Crixivan), nelfinavir (Viracept), dan ritonavir (Norvir, in Kaletra); metformin (Glucophage); nefazodone; phenobarbital (Luminal); phenytoin (Dilantin, Diphenylan Sodium); quinidine (Quinidex); quinupristin dan dalfopristin (Synercid); rifampin (Rifadin, dalam Rifamate, dalam Rifater, Rimactane); rifapentine (Priftin); tacrolimus (Prograf); valproic acid (Depakene, Depakote); dan verapamil (Calan, Covera, Isoptin, Verelan). Dokter Anda mungkin perlu mengganti dosis obat-obatan atau mengawasi Anda untuk efek-efek samping
  • beri tahu dokter mengenai produk herbal yang Anda gunakan, khususnya St. John’s Wort.
  • beri tahu dokter apabila Anda memiliki atau pernah memiliki penyempitan atau penyumbatan sistem pencernaan atau kondisi lain yang menyebabkan pencernaan makanan yang lebih lambat; atau penyakit jantung, hati, atau ginjal. Beri tahu dokter juga apabila Anda mengalami infraksi myokardial dalam 2 minggu terakhir
  • beri tahu dokter apabila Anda hamil, merencanakan kehamilan, menyusui. Apabila Anda hamil saat menggunakan nifedipine, hubungi dokter
  • konsultasikan pada dokter Anda mengenai keamanan penggunaan kapsul nifedipine apabila Anda berusia 65 tahun ke atas. Lansia tidak disarankan untuk menggunakan kapsul nifedipine karena tidak seaman obat-obatan lain yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang sama.
  • apabila Anda melakukan operasi, termasuk operasi dental, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan nifedipine
  • tanyakan pada dokter mengenai keamanan penggunaan minuman beralkohol saat menggunaan nifedipine. Alkohol dapat memperparah efek samping nifedipine.

Apakah nifedipine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Nifedipine dapat keluar melalui ASI dan dapat membahayakan bayi menyusui. Beri tahu dokter apabila Anda sedang dalam masa menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan nifedipine?

Interaksi obat dapat merubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko Anda untuk terkena efek samping serius. Dokumen ini tidak menyertakan semua interaksi obat yang dapat terjadi. Simpan daftar produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan beri tahu dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa sepengetahuan dokter Anda.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai semua obat resep dan non resep serta produk herbal yang Anda gunakan, khususnya yang mengandung:

Phenytoin, quinidine, tacrolimus.

Obat-obatan lain dapat mempengaruhi pengeluaran nifedipine dari tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi kinerja nifedipine. Contohnya termasuk cimetidine, azole antifungals (sepertiitraconazole), macrolide antibiotics (seperti erythromycin), rifamycins (sepertirifabutin), St. John’s wort, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kejang (seperti carbamazepine), dan lainnya.

Periksa label semua obat-obatan Anda (seperti produk flu dan batuk, obat diet) karena obat-obatan tersebut dapat mengandung bahan yang dapat meningkatkan denyut jantung dan memperburuk nyeri dada (termasuk kafein, pseudoefedrin, dan phenylephrine). Tanyakan pada apoteker Anda mengenai penggunaan produk ini dengan aman.

Cimetidine adalah obat non resep yang digunakan untuk mengobati kelebihan asam lambung, karena cimetidine dapat berinteraksi dengan nifedipine, tanyakan pada apoteker mengenai produk lain yang dapat mengobati kelebihan asam lambung.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan nifedipine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

  • jus Grapefruit

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan nifedipine?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • aortic stenosis (penyempitan katup pada jantung)
  • penyumbatan saluran pencernaan berat
  • gagal jantung bawaan
  • serangan jantung
  • hipotensi (tekanan darah rendah)—gunakan dengan hati-hati. Dapat meningkatkan efek samping yang serius.
  • syok kardiogenis (syok yang disebabkan oleh serangan jantung)—jangan digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • intoleransi galaktosa (penyakit turunan yang jarang terjadi)
  • defisiensi Lapp laktase (peyakit turunan yang jarang terjadi)—tablet extended release dari obat ini mengandung laktosa (gula susu), dan tidak boleh diberikan pada pasien dengan kondisi tersebut
  • masalah ginjal
  • masalah hati (termasuk sirosis)—gunakan dengan hati-hati. Efek nifedipine dapat meningkat karena pengeluaran obat yang lebih lambat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat berupa gejala hipoglikemia dan yang berikut:

  • pusing
  • denyut jantung cepat
  • kulit memerah dan terasa hangat
  • gelisah
  • mual
  • muntah
  • pembengkakan pada tangan, kaki, pergelangan kaki, atau betis
  • penglihatan kabur
  • pingsan

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan