Colchicine obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Colchicine Merek: Recolfar.

Penggunaan

Untuk apa colchicine?

Colchicine adalah obat untuk mencegah atau mengobati serangan asam urat yang datang tiba-tiba. Umumnya kaki, lutut, atau sendi pergelangan kaki adalah yang paling sering terkena asam urat. Penyebabnya adalah terlalu banyaknya kadar asam urat dalam darah. Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, akan terbentuk kristal keras dalam sendi Anda. Colchicine adalah obat yang bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan mengurangi penumpukan kristal asam urat yang menyebabkan nyeri pada sendi yang terkena.

Obat ini juga digunakan untuk mencegah nyeri pada perut, dada, atau sendi yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang diwariskan (demam Mediterania familial). Diduga obat ini bekerja dengan mengurangi produksi protein tertentu (amiloid A) dalam tubuh orang yang mengidap demam Mediterania familial.

Colchicine bukan obat penghilang rasa nyeri dan tidak boleh digunakan untuk penyakit lain.

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan Colchicine?

Sebelum mengonsumsi obat colchicine, silakan Anda baca panduan obat yang disediakan oleh apoteker.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar informasi obat, silakan tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Colchicine adalah obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan, gunakan persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis yang direkomendasikan bervariasi dan mungkin berbeda dari rekomendasi dalam artikel ini. Meminum lebih dari dosis yang dianjurkan tidak dapat meningkatkan efektivitas obat, justru dapat meningkatkan risiko efek samping. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Jika Anda mengambil obat ini untuk mengobati serangan asam urat, hati-hati dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda. Obat ini bekerja baik jika Anda meminumnya sejak awal gejala kambuh mulai muncul. Dosis yang dianjurkan adalah 1,2 miligram pada tahap awal kambuh, diikuti oleh 0,6 miligram satu jam kemudian. Dosis maksimum yang dianjurkan adalah 1,8 miligram diambil selama kurun waktu 1 jam. Tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu mengenai berapa lama Anda harus menggunakan obat ini lagi jika Anda mengalami serangan asam urat lain.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk mencegah serangan asam urat atau perikarditis, mintalah saran kepada dokter Anda mengenai dosis yang dianjurkan serta jadwal yang harus Anda ikuti. Ikutilah petunjuk dokter Anda dengan cermat.

Jika Anda mengonsumsi obat ini untuk mencegah serangan nyeri yang disebabkan oleh demam Mediterania familial, dosis biasa adalah 1,2-2,4 miligram setiap hari. Dosis total dapat diambil sekali sehari atau dibagi menjadi dua dosis sehari. Kemungkinan dokter Anda akan menyesuaikan dosis obat untuk mengontrol gejala atau untuk mencegah Anda terkena efek samping.

Dosis dibuat berdasarkan pada kondisi medis Anda, obat lain ataupun makanan yang Anda konsumsi, serta respon tubuh Anda terhadap obat. Untuk mengurangi risiko efek samping yang serius, jangan meningkatkan dosis, meminumnya lebih sering, atau meminumnya untuk waktu yang lebih lama daripada yang diarahkan oleh dokter Anda. Efek samping yang serius dapat terjadi bahkan pada dosis yang ditentukan biasa.

Jika dokter Anda menganjurkan untuk menggunakan colchicine, gunakanlah secara teratur untuk memperoleh hasil terbaik. Sebagai catatan, ambillah obat pada waktu yang sama setiap harinya supaya Anda ingat.

Hindari makan buah grapefruit atau minum jus grapefruit saat menjalani pengobatan dengan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya. Buah ini dapat meningkatkan kadar obat tertentu dalam aliran darah. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Jika Anda mengambil obat ini untuk mengobati gejala akibat demam Mediterania familial, beritahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau malah kian memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Colchicine?

Colchicine adalah obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis colchicine untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Asam Urat Akut:

Colchicine oral

Pemakaian awal untuk asam urat dengan dosis  sebanyak 1,2 mg diminum pada tanda awal gejala kambuh, kemudian diikuti oleh 0,6 mg satu jam kemudian. . Dosis maksimum hanya boleh dikonsumsi sebanyak 1,8 mg per oral selama satu jam

  • Obat berinteraksi dengan CYP450 3A4 inhibitor kuat: 0,6 mg secara oral diikuti oleh 0,3 mg satu jam kemudian. Dosis tidak boleh diulang lebih dari 3 hari.
  • Obat berinteraksi dengan CYP450 3A4 inhibitor moderat: 1,2 mg oral untuk satu dosis saja. Dosis tidak boleh diulang lebih dari 3 hari.
  • Obat berinteraksi dengan P-glikoprotein inhibitor:

0,6 mg oral untuk satu dosis saja. Dosis tidak boleh diulang lebih dari 3 hari.

Dosis Dewasa untuk Demam Familial Mediterania:

Silakan konsumsi 1,2 mg sampai 2,4 mg per oral setiap harinya, diberikan 1 atau 2 dosis terbagi.

Dosis harus ditambah sesuai kebutuhan untuk mengendalikan penyakit dan sebagai toleransi penambahan sebesar maksimal 0,3 mg/hari sesuai dengan dosis harian yang direkomendasikan. Jika efek samping meningkat, dosis harus dikurangi secara bertahap dari 0,3 mg/hari.

  • Obat berinteraksi dengan CYP450 3A4 inhibitor moderat: 0,6 mg per oral setiap hari, dapat diberikan masing-masing 0,3 mg dua kali sehari.
  • Obat berinteraksi dengan CYP450 3A4 inhibitor moderat: 1,2 mg per oral setiap hari, dapat diberikan masing-masing 0,6 mg dua kali sehari.
  • Obat berinteraksi dengan P-glikoprotein inhibitor: 0,6 mg per oral setiap hari, dapat diberikan masing-masing 0,3 mg dua kali sehari.
  • Bagaimana dosis Colchicine untuk anak?

Colchicine oral:

  • 4-6 tahun: 0,3-1,8 mg sehari, diberikan dalam 1 atau 2 dosis terbagi.
  • 6-12 tahun: 0,9-1,8 mg sehari, diberikan dalam 1 atau 2 dosis terbagi.
  • Lebih dari 12 tahun: 1,2-2,4 mg sehari, diberikan dalam 1 atau 2 dosis terbagi.

Dosis harus ditingkatkan sesuai kebutuhan untuk mengendalikan penyakit dan sesuai toleransi dengan penambahan sebesar maksimal 0,3 mg/hari sesuai dosis harian yang direkomendasikan. Jika efek samping terus berlangsung, dosis harus dikurangi secara bertahap dari 0,3 mg/hari.

Dalam dosis apa Colchicine tersedia?

Colchicine adalah obat yang tersedia dalam sediaan cairan infus dan  tablet 0,25 mg 0,5 mg 0,6 mg , 1 mg .

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena colchicine?

Colchicine adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika mengalami efek samping yang serius seperti:

  • nyeri otot atau lemas
  • mati rasa atau kesemutan pada jari tangan atau kaki
  • bibir pucat atau abu-abu, juga pada lidah, atau tangan
  • muntah atau diare berat
  • mudah memar atau pendarahan, merasa letih
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • urin disertai darah atau
  • buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali.

Efek samping yang tidak begitu serius antara lain:

  • mual ringan atau muntah, sakit perut
  • diare ringan

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Kemungkinan terdapat beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran tertentu mengenai efek samping, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan colchicine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Belum ada studi yang akurat yang menggambarkan hubungan antara usia terhadap efek colchicine pada anak yang menderita asam urat. Belum ada ketetapan mengenai keamanan dan kemanjuran obat.

Studi yang dilakukan hingga saat ini belum mengungkap masalah pediatrik, khususnya yang akan membatasi penggunaan colchicine pada anak pengidap Familial Mediterranean Fever (FMF). Namun, colchicine tidak direkomendasikan untuk anak pengidap FMF kurang dari 4 tahun.

Lansia

Studi yang dilakukan hingga saat ini belum mengungkap masalah geriatri spesifik yang akan membatasi penggunaan colchicine pada orang tua. Namun, pasien usia lanjut lebih berisiko mengalami masalah ginjal atau hati terkait usia yang mungkin memerlukan tingkat kewaspadaan tinggi dan penyesuaian dosis untuk pasien yang menggunakan colchicine.

Apakah Colchicine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Colchicine adalah obat yang sebaiknya tidak asal digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika (BPOM)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan colchicine?

Colchicine adalah obat yang dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

    • Abiraterone Asetat
    • Amiodaron
    • Atazanavir
    • Azitromisin
    • Boceprevir
    • Bosutinib
    • Kaptopril
    • Carvedilol

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Colchicine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Colchicine?

Colchicine adalah obat yang penggunannya harus diperhatikan apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • penyalahgunaan alkohol
  • masalah usus
  • maag atau masalah perut lainnya. Kemungkinan masalah lambung bisa memburuk. Colchicine juga dapat meningkatkan masalah perut atau usus.
  • kelainan darah (misalnya, anemia aplastik, granulocytopenia, leukopenia, pansitopenia, trombositopenia)
  • masalah otot atau saraf. Gunakan dengan hati-hati. Jika tidak, maka akan membuat kondisi lebih buruk.
  • penyakit ginjal
  • gangguan pada hati, tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Colchicine adalah obat yang dapat menyebabkan overdosis. Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis antara lain:

  • sakit perut
  • mual
  • muntah
  • diare
  • memar atau perdarahan yang tidak biasa
  • sakit tenggorokan, demam, menggigil, dan tanda-tanda lain dari infeksi
  • bibir pucat, juga pada lidah, atau telapak tangan
  • pernapasan melambat
  • jantung melambat atau berhenti sekejap

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca