backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Ramen Instan yang Lezat dan Menggugah Selera

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 19/10/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Ramen Instan yang Lezat dan Menggugah Selera

Ramen identik dengan mi kuah khas Jepang dengan isian lengkap, seperti daging dan sayuran. Tak perlu repot ke restoran, Anda juga bisa menikmatinya dalam semangkuk ramen instan.

Lantas, apa saja rekomendasinya? Yuk, simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

Cara kami memilih produk ramen instan yang enak

mie ramen

Ramen instan adalah variasi produk mie instan yang biasanya berasal dari Jepang atau Korea.

Mie ramen instan dikenal memiliki bumbu yang khas, seperti kecap asin (shoyu), pasta kedelai (miso), atau kaldu tulang babi (tonkotsu).

Selain itu, tekstur mie ramen pada umumnya lebih tebal serta kenyal daripada mie instan biasa.

Dalam memilih merek ramen instan terenak, kami telah melakukan riset dengan cara membaca ulasan pembeli dari beberapa situs e-commerce favorit di Indonesia.

Kami juga memastikan bahwa produk yang direkomendasikan aman untuk Anda konsumsi dan telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai catatan, Anda yang muslim perlu lebih selektif saat makan ramen instan. Perhatikanlah label komposisi untuk memastikan bahwa kandungannya aman untuk Anda konsumsi.

Lihat juga apakah terdapat label sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun otoritas terkait dari negara lain.

Apabila ada label halal, tentunya produk mi ramen instan tersebut aman untuk Anda konsumsi.

10 rekomendasi merk ramen instan terbaik

Dengan beragam pilihan yang tersedia, mulai dari ramen kuah hingga goreng, berikut ini beberapa rekomendasi ramen instan terenak yang mudah ditemukan di e-commerce dan swalayan terdekat.

1. Nongshim Shin Ramyun Spicy Noodle Soup

Sebagai salah satu merk mi ramen terbaik dari Korea Selatan, Nongshim Shin Ramyun Spicy Noodle Soup tentu tidak boleh terlewatkan untuk Anda coba.

Produk ini hadir dengan mi keriting yang cukup tebal dan kenyal. Dengan paduan kuah pedas dan gurih, ramen ini cocok untuk menemani Anda saat cuaca hujan atau dingin.

Anda yang muslim pun tak perlu khawatir, sebab produk ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509178161

2. Samyang Hot Chicken Ramen Original

Siapa yang tidak kenal brand Samyang? Ramen pedas asal Korea Selatan ini makin melambung namanya berkat tantangan mukbang yang populer di media sosial.

Samyang Hot Chicken Ramen Original adalah varian ramen kering dengan bumbu ayam pedas. Dalam penyajiannya, produk ini dilengkapi dengan taburan rumput laut kering dan biji wijen.

Kendati lezat dan menggugah selera, ramen instan dari Samyang mempunyai porsi dan kalori lebih besar daripada mie instan biasa.

Dikutip dari laman FoodData Central, satu bungkus ramen instan rasa ayam pedas ini memiliki 545 kalori (kkal) atau sekitar 27,3% dari total kebutuhan kalori harian.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509009801

3. Ottogi Sesame Ramen (non-halal)

Sesuai dengan namanya, Ottogi Sesame Ramen ini memiliki cita rasa wijen yang sangat kental.

Ramen instan ini juga dilengkapi dengan ekstrak kuning telur yang meleleh dalam kuah hangat. Bahan inilah yang akan memberikan tekstur sedikit creamy saat Anda mencobanya.

Perlu diingat bahwa ramen instan dari Ottogi ini termasuk dalam kategori non-halal. Pasalnya, produk ini diproduksi di pabrik yang juga menghasilkan produk mengandung babi.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509903014

4. Indomie Premium Collection Tori Miso Ramen

Indomie Premium Collection Tori Miso Ramen merupakan produk ramen instan dengan tekstur mi yang lebih tebal dan kenyal dibandingkan dengan produk biasanya.

Hal ini dipadukan dengan hangatnya kuah miso yang gurih. Aroma biji wijen yang harum serta taburan rumput laut juga makin menambah kenikmatan khas Jepang yang autentik.

Untuk meningkatkan cita rasa dan membuat mie instan lebih sehat, Anda pun bisa menambahkan bahan lainnya, seperti telur rebus, daging ayam, maupun pakcoy.

Nomor registrasi BPOM: MD 231509185002

5. Arirang Bone Marrow Noodle Soup

Rekomendasi ramen instan halal lainnya ialah Arirang Bone Marrow Noodle Soup. Ramen asal Korea Selatan ini sangat terkenal akan kuahnya yang bercita rasa gurih dan lezat.

Kuahnya terbuat dari sumsum tulang sapi yang memberikan rasa yang kaya. Agar cita rasanya makin kuat, Anda juga bisa memadukannya dengan susu atau santan khas Indonesia.

Nomor registrasi BPOM: MD 231510073083

6. Marutai Kumamoto Tonkotsu Ramen (non-halal)

Marutai Kumamoto Tonkotsu Ramen diolah dari tepung terigu berkualitas tinggi sehingga dapat menghasilkan mi tipis dengan tekstur yang kenyal.

Ramen instan khas prefektur Kumamoto, Jepang, ini menghadirkan kaldu tonkotsu yang terbuat dari paduan tulang babi, bawang putih, dan minyak wijen hitam.

Dalam penyajiannya, Anda juga akan memperoleh taburan bawang putih yang digoreng dengan lemak babi atau lard. Jelas, produk dari Marutai ini masuk dalam kategori non-halal.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509663347

7. Nissin Ramen Pas Torikara

Tidak sanggup menghabiskan semangkuk ramen karena porsinya terlalu besar? Tenang, Anda mungkin bisa mencoba Nissin Ramen Pas Torikara.

Ramen ini hadir dengan bobot 76 gram yang tergolong pas untuk kebanyakan orang Indonesia. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh makan mie instan setiap hari, ya!

Tekstur mi dari Nissin Ramen Pas Torikara ini agak kenyal dan berbentuk lurus. Hal ini berpadu dengan kuah kaldu ayam khas Jepang dengan cita rasanya cocok untuk lidah lokal.

Nomor registrasi BPOM: MD 231528088011

8. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese

Samyang Hot Chicken Ramen Cheese bisa menjadi pilihan ramen ala Korea untuk Anda yang tidak kuat makan makanan pedas.

Sama dengan versi originalnya, Anda akan mendapatkan mi tebal dan keriting, bumbu pasta pedas, serta taburan rumput laut dan wijen dalam sebungkus ramen instan ini.

Ada pula bubuk keju yang membantu mengurangi pedas dan menambahkan sensasi creamy dalam tiap suapan Samyang Hot Chicken Ramen Cheese.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509003801

9. Paldo Mr. Kimchi Stirfried Kimchi Ramen (tidak ada label halal)

Jika Anda adalah pencinta kimchi khas Korea, Paldo Mr. Kimchi Stirfried Kimchi Ramen patut Anda coba.

Varian ramen kering atau goreng ini memiliki cita rasa kimchi yang manis dan agak pedas. Mie dalam produk ini bertekstur keriting, tebal, dan terasa kenyal di mulut.

Untuk meningkatkan rasanya, tambahkan potongan bawang putih atau bawang merah. Namun, perlu diingat, produk ramen instan ini tidak memiliki label halal.

Nomor registrasi BPOM: ML 231509739016

10. Ichiran Ramen Hakata-Style Thin Noodles (non-halal)

Ichiran Ramen adalah salah satu kedai ramen terkenal di Jepang. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, kini Anda bisa menikmatinya dalam produk ramen instan terenak ini.

Ichiran Ramen Hakata-Style Thin Noodles menyediakan ramen khas Fukuoka, Jepang, dengan mi berbentuk tipis dan lurus yang terbuat dari tepung berkualitas tinggi.

Rasa gurih pada kuahnya bukan berasal dari MSG, melainkan kaldu tulang babi atau tonkotsu.

Dalam penyajiannya, Anda juga bisa menambahkan saus merah spesial untuk menambahkan cita rasa pedas yang ringan dalam ramen instan non-halal ini.

Nomor registrasi BPOM: ML 831509018599

Demikianlah beberapa rekomendasi ramen instan terenak dan terbaik yang dapat Anda coba.

Perlu diingat bahwa kebanyakan produk ini punya porsi lebih besar. Akibatnya, asupan kalori yang bisa Anda peroleh bisa dua kali lipat daripada kalori mi goreng instan biasa.

Hindari konsumsi mie instan setiap hari. Selain besarnya kalori, kandungan garam yang tinggi dalam produk ini juga berisiko bila Anda konsumsi secara berlebihan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 19/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan