home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Buah yang Sehat dan Cocok untuk Diet Keto

7 Buah yang Sehat dan Cocok untuk Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto adalah pola makan yang tinggi lemak tapi rendah karbohidrat. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa diet ketogenik dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Meski demikian, diet ini tidak membebaskan Anda untuk makan semua jenis buah. Sebab ada beberapa buah yang tinggi kandungan gula dan karbohidrat sehingga bisa bertentangan dengan prinsip diet keto. Apa saja buah untuk diet keto yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari?

Buah untuk diet keto yang rendah karbohidrat

1. Buah alpukat

Alpukat adalah buah untuk diet keto yang sering dianjurkan dalam program diet ini. Pasalnya menurut USDA’s National Nutrient Database, separuh buah alpukat mengandung 15 gram lemak sehat yang dan dua gram karbohidrat yang baik untuk jantung.

Menurut ahli gizi Lindsey Pine MS, RD dari University of Southern California Hospitality, sebuah alpukat utuh mengandung tiga gram serat yang mengandung 12 persen serat, asam folat, vitamin K, dan vitamin B5 yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lindsey Pine juga menambahkan bahwa alpukat mengandung zat sterol yang berguna membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buah zaitun

minyak zaitun bisa meredakan sembelit

Selain sering digunakan untuk perawatan kecantikan, zaitun juga bisa dimanfaatkan sebagai buah untuk diet keto. Buah zaitun mengandung 115-145 kalori per 100 gram, atau sekitar 59 kalori. Selain itu, buah untuk diet keto ini juga terdiri dari 75-80 persen air, 11-15 persen lemak, karbohidrat, dan sejumlah kecil protein.

3. Buah kelapa

manfaat kelapa untuk diet

Satu setengah cangkir daging kelapa parut mengandung 13 gram lemak tidak jenuh dan hanya 2,5 gram karbohidrat. Buah kelapa sering diekstrak menjadi minyak dan sering dianjurkan digunakan dalam campuran makanan diet keto. Nah, Anda juga bisa menggunakan daging buah kelapa utuh sebagai camilan dalam diet keto.

4. Lemon

manfaat lemon

Buah yang terasa asam nan menyegarkan serta kaya kandungan vitamin C ini merupakan buah yang bermanfaat baik untuk tubuh. Memilih lemon untuk diet keto sangat tepat. Pasalnya, buah berwarna kuning ini bermanfaat antioksidan untuk mencegah penyakit dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat selama menjalani diet keto. Lemon juga mengandung zat besi yang bisa membantu produksi sel darah merah.

5. Buah blackberry

Buah blackberry adalah buah yang memiliki jumlah serat cukup banyak, hampir sekitar 2 gram serat di dalam takaran seperempat cangkirnya. Selain itu, dalam 100 gram buah untuk diet keto ini Anda bisa memenuhi hingga 35 persen vitamin C untuk tubuh, vitamin A hingga 4 persen, zat besi hingga 3 persen, serta magnesium dan kalium hingga 5 persen.

Konsumsi buah blackberry sebagai topping dalam camilan yoghurt tanpa rasa atau dijadikan campuran smoothies bersama buah-buahan rendah karbohidrat lainnya.

6. Mangga

makan mangga saat hamil

Buah yang musim panennya dinanti-nanti ini merupakan buah yang punya kandungan gula alami tinggi tapi mudah dipecah dalam darah. Silakan konsumsi buah mangga sebagai buah untuk diet keto yang mengandung kabohidrat sekitar 46 gram. Akan tetapi, sebaiknya mangga jangan dikonsumsi terlalu banyak dalam sehari, ya.

7. Stroberi

manfaat buah stroberi

Buah yang rasanya khas manis-kecut ini bisa jadi pilihan Anda saat menjalani diet keto. Seperempat cangkir stroberi hanya mengandung sekitar 2 gram karbohidrat, sehingga bisa jadi pilihan buah untuk diet keto yang aman.

Selain itu, buah stroberi kaya akan antioksidan dan serat yang diperlukan tubuh untuk menjaga fungsinya.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

I Tried Eating An Avocado Every Day For A Week—Here’s What Happened https://www.womenshealthmag.com/food/a19915974/avocado-every-day/ Diakses pada 14 Juli 2018.

8 Fruits You Can Actually Eat On The Keto Diet

https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a21953360/keto-fruit-list/ Diakses pada 14 Juli 2018.

Fruits on ketogenic diet https://www.livestrong.com/article/530442-fruit-on-the-ketogenic-diet/ Diakses pada 14 Juli 2018.

Ketogenic diet food list https://draxe.com/hub/keto-diet/ketogenic-diet-food-list/ Diakses pada 14 Juli 2018.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 20/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x