backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Throuple, Hubungan Romantis yang Melibatkan Tiga Orang

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 10/01/2024

Throuple, Hubungan Romantis yang Melibatkan Tiga Orang

Hubungan romantis umumnya hanya terjalin di antara dua orang, tetapi tidak dengan mereka yang memilih menjadi throuple. Jenis hubungan ini justru hanya bisa terjadi ketika melibatkan tiga orang.

Lantas, bagaimana hubungan throuple bisa terjadi? Apakah jenis hubungan ini merugikan salah satu pihak? Simak informasi berikut untuk mengetahui jawabannya.

Apa itu throuple?

Throuple adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan yang terjalin di antara tiga orang. Throuple sendiri merupakan gabungan antara kata three (tiga) dan couple (pasangan).

Berbeda dengan perselingkuhan yang melibatkan “orang ketiga” tanpa sepengetahuan salah satu pihak, kehadiran orang ketiga dalam hubungan throuple merupakan kesepakatan semua pihak.

Artinya, dalam hubungan throuple, si A tahu bahwa pasangannya (B) juga menjalin hubungan dengan C, begitu pula sebaliknya. Dengan begitu, jenis hubungan ini seharusnya tidak merugikan salah satu pihak.

Hal tersebut juga berarti bahwa hubungan ini tidak bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Jika Anda menjalin hubungan tanpa adanya persetujuan, ini artinya Anda telah selingkuh.

Throuple juga tidak bisa disamakan dengan threesome. Pasalnya, threesome adalah kegiatan seksual yang melibatkan tiga orang, sedangkan throuple tidak selalu melibatkan kegiatan seksual.

Apakah throuple sama dengan poliamori?

throuple

Selain throuple, ada juga istilah poliamori dalam hubungan romantis. Keduanya merupakan jenis hubungan yang berbeda karena poliamori bisa melibatkan lebih dari tiga orang.

Namun, keduanya sama-sama dijalani atas kesepakatan semua pihak. Artinya, setiap pihak tetap harus mendapatkan izin terlebih dahulu ketika akan menjalin hubungan dengan orang baru.

Throple juga berbeda dengan open relationship. Mengutip laman Simply Psychology, open relationship membuat seseorang bisa menjalin hubungan dengan orang baru tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan pasangan.

Sementara itu, persamaan antara throuple, poliandri, dan open relationship adalah bagaimana mereka bisa menilai salah satu orang sebagai pasangan utama sementara yang lain adalah pelengkap.

Tantangan dalam hubungan throuple

Menjalin hubungan dengan satu orang saja sudah membuat Anda harus menurunkan ego demi mencapai kesepakatan bersama. Hubungan throuple tentu akan memberikan lebih banyak tantangan.

Penting untuk diingat bahwa jenis hubungan ini hanya bisa berjalan ketika setiap pihak mendapatkan persetujuan dari semua orang yang terlibat di dalamnya.

Artinya, saat akan memutuskan sesuatu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan kesepakatan dua orang saja.

Laman Good Therapy menyebutkan bahwa Anda sebaiknya berpikir dua kali sebelum melakukan hubungan romantis dengan lebih dari satu orang, terutama jika ada pihak yang memiliki kondisi berikut.

  • Gangguan kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan.
  • Pengalaman traumatis, seperti diselingkuhi, ditelantarkan saat anak-anak, dan masih banyak lagi.
  • Hubungan monogami (hanya punya satu pasangan) yang tidak berjalan dengan baik.
  • Komunikasi dalam hubungan yang buruk.
  • Kesulitan membagi waktu.

Menjalin hubungan dengan lebih dari satu orang juga berarti bahwa Anda harus memaklumi ketika pasangan Anda berhubungan intim dengan orang lain.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa gonta-ganti pasangan seksual juga bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual.

Kelebihan dan kekurangan throuple

Setiap hubungan tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Menjalin hubungan dengan lebih dari satu orang akan membuat Anda merasakan keduanya secara berlipat.

Berikut adalah berbagai kelebihan dari hubungan yang melibatkan lebih dari satu orang.

  • Memperluas sudut pandang.
  • Mendapatkan lebih banyak kasih sayang.
  • Meningkatkan kemampuan toleransi.
  • Memiliki lebih banyak orang untuk berbagi tanggung jawab.

Selain merasakan berbagai kelebihan, Anda juga harus bersiap dengan berbagai kekurangan berikut ketika menjalin hubungan throuple.

  • Menjadi pembicaraan orang di sekitar.
  • Menghadapi kecemburuan yang lebih besar.
  • Membanding-bandingkan pasangan yang satu dengan yang lain.
  • Memiliki waktu lebih sedikit untuk diri sendiri

Menjalani hubungan dengan lebih dari satu orang ketika berpacaran juga akan membuat Anda lebih susah ketika memutuskan untuk menikah.

Pasalnya, beberapa orang mungkin masih mau berbagi kasih sayang ketika berpacaran, tetapi tidak lagi ketika sudah menikah.

Semua tentang throuple

  • Throuple adalah hubungan romantis yang melibatkan tiga orang dengan persetujuan semua pihak.
  • Tidak terbatas pada hubungan seksual seperti threesome, tetapi juga melibatkan perasaan.
  • Berbeda dengan poliamori dan open relationship.
  • Dapat meningkatkan risiko penyakit menular seksual jika Anda bergonta-ganti pasangan seksual.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 10/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan