backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan terhadap Pasangan

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan terhadap Pasangan

Perasaan cemas dapat menimbulkan rasa waswas dan tidak tenang meski apa yang ada di dalam pikiran belum tentu benar terjadi. Hal ini juga bisa berdampak buruk pada hubungan asmara. Lalu, bagaimana cara mengatasi kecemasan berlebihan terhadap pasangan?

Cara mengatasi kecemasan berlebihan terhadap pasangan

Cukup wajar bila Anda merasa cemas atau khawatir pada pasangan. Namun, rasa cemas yang berlebihan bisa menimbulkan efek negatif dalam suatu hubungan asmara.

Studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Psychology (2013) menemukan bahwa orang yang memiliki gangguan kecemasan cenderung memiliki tingkat perceraian yang tinggi.

Pengidap gangguan kecemasan pun umumnya memilih hidup sendirian dibandingkan bersama dengan orang lain, baik dengan pasangan, teman, atau keluarga.

Untuk menurunkan efek cemas berlebihan terhadap pasangan, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Temukan penyebab kecemasan

membantu pasangan depresi

Kecemasan dapat disebabkan oleh pengalaman buruk pada masa lalu atau bahkan perasaan takut kehilangan pasangan di kemudian hari.

Membuat jurnal atau curhat dengan teman yang tepercaya dapat membantu Anda mengenali pemicu dari kecemasan yang berlebihan ini.

Setelah mengenali pemicunya, selanjutnya Anda dapat mengembangkan mekanisme koping (coping mechanism) untuk mengatasinya sebelum lepas kendali.

2. Lakukan komunikasi yang terbuka dan jujur

Mulai membiasakan diri menjadi pendengar yang baik dapat membantu Anda memperbaiki pola komunikasi pasif-agresif dalam hubungan selama ini.

Lakukan komunikasi secara terbuka dan jujur. Cobalah berbicara dari hati ke hati supaya Anda dan pasangan bisa saling berbagi tentang masalah yang dialami.

3. Fokuskan pikiran pada hal-hal positif

Ketika diliputi oleh kekhawatiran, Anda akan sangat mudah mengabaikan hal-hal positif. Ini akan menyulitkan Anda dalam memercayai pasangan sepenuh hati.

Cara lain untuk mengatasi kecemasan berlebihan terhadap pasangan adalah dengan menghadirkan pikiran-pikiran yang lebih positf.

Sebagai contoh, bila Anda berpikir, “Dia mungkin akan meninggalkan saya,” coba ganti dengan, “Dia mencintai saya dan kita sedang menjalani hubungan yang kuat.”

4. Tingkatkan rasa percaya diri

Membangun kepercayaan diri adalah langkah penting untuk mengatasi gangguan kecemasan. Fokuslah pada hal-hal positif dalam diri dan cobalah untuk mengembangkan keterampilan baru. 

Makin Anda merasa percaya diri dan berharga, makin kecil kemungkinan Anda untuk merasa cemas terhadap pasangan selama menjalin hubungan romantis.

5. Latihan teknik mindfulness

meditasi untuk adhd

Latihan mindfulness, seperti meditasi dan pernapasan dalam, dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi kecemasan berlebih terhadap pasangan.

Teknik ini dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi gejala kecemasan. Hasilnya, Anda bisa menikmati hubungan tanpa merasa terbebani oleh rasa cemas yang berlebihan.

6. Bangun kemandirian emosional

Kemandirian emosional (emotional independence) adalah jenis resiliensi yang membuat Anda mampu menghadapi dan menyelesaikan keadaan apa pun.

Jangan terlalu bergantung terhadap pasangan untuk mendapat rasa bahagia. Temukan sumber kebahagiaan lain, misalnya dengan bercengkrama dengan sahabat atau melakukan hobi.

Kemandirian emosional akan membuat hidup Anda lebih stabil dan menjauhkan Anda dari efek negatif rasa cemas yang berlebihan.

7. Tetapkan harapan yang realistis

Memiliki harapan yang realistis tentang hubungan adalah kunci untuk mengurangi rasa cemas. Tidak ada hubungan yang sempurna dan pasti selalu ada tantangan di dalamnya.

Dengan menerima kenyataan ini, Anda bisa merasa lebih santai dan tidak terlalu cemas ketika ada konflik yang terjadi secara tiba-tiba.

Rasa cemas berlebihan yang Anda rasakan mungkin muncul akibat pasangan yang mengalami gangguan kecemasan. Jika sudah begitu, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Konselor atau psikolog akan membantu Anda mengenali pemicu kecemasan serta menemukan strategi yang tepat untuk mengelola masalah ini.

Dengan dukungan yang tepat, Anda dan pasangan bisa belajar mengatasi tantangan bersama, memperkuat ikatan, dan menciptakan hubungan yang lebih harmonis.

Kesimpulan

Kecemasan berlebihan dalam hubungan asmara dapat menimbulkan efek negatif dan merusak. Beberapa cara mengatasi kecemasan berlebihan terhadap pasangan yakni:
  • mengenali pemicu kecemasan, 
  • melakukan komunikasi yang terbuka dan jujur, 
  • meningkatkan kepercayaan diri dan pikiran positif, 
  • membangun kemandirian emosional, dan 
  • menetapkan harapan realistis dalam hubungan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan