Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Ibu Hamil Boleh Menghilangkan Bulu Badan Pakai Laser?

Apakah Ibu Hamil Boleh Menghilangkan Bulu Badan Pakai Laser?

Perubahan hormon saat hamil akan membuat banyak perubahan pada tubuh Anda. Salah satunya adalah pertumbuhan rambut-rambut halus di sekujur tubuh yang lebih banyak. Nah, karena masalah ini, beberapa wanita menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan rambut saat hamil, termasuk dengan laser. Namun, apakah menggunakan laser diperbolehkan untuk wanita hamil?

Apakah boleh menghilangkan rambut saat hamil dengan terapi laser?

Umumnya menghilangkan bulu dengan laser atau disebut juga laser hair removal saat hamil tidak dianjurkan. Menurut Dr.Srishti Tripathi, seorang konsultan dermatologist di Panchuka India mengatakan, masih kurang bukti klinis yang cukup mengenai keamanan perawatan laser saat hamil. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan laser sebagai tindakan pencegahan.

Kehamilan hanya berlangsung selama 9 bulan, maka itu amannya tunda dulu penggunaan laser ini sampai setelah Anda melahirkan. Pada dasarnya, ibu hamil harus meminimalisir segala intervensi obat-obatan, zat kimiawi dan paparan zat lain saat kehamilan untuk mengantisipasi hal yang mernggannggu tubuh ibu dan janin.

Bagaimana cara kerja laser hair removal sehingga tidak dianjurkan untuk ibu hamil?

Penelitian klinis memang belum cukup membuktikan bagaimana efeknya secara pasti. Akan tetapi, cara kerja laser sedikit banyak menyebabkan mutasi sel di balik kulit. Ini dikhawatirkan bisa mengganggu pertumbuhan janin dalam tubuh. Perawatan tubuh dengan laser menggunakan sinar yang dipaparkan langsung pada bagian folikel rambut.

Paparan sinar yang kuat ini akan menarik folikel rambut yang tidak diinginkan. Tertariknya folikel rambut ini karena cahaya menyebabkan sel dalam kulit bermutasi agar rambut jadi rontok dan hilang.

Tripathi mengatakan, cara kerja laser yang seperti itu membuat Anda harus lebih matang mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi pada wanita hamil. Terutama jika dilakukan pada zona sensitif seperti di area kemaluan.

Kulit jadi lebih sensitif saat hamil, hati-hati menghilangkan rambut dengan laser

Laser hair removal ternyata belum tentu cocok dan nyaman bagi semua wanita hamil. Sebab tubuh wanita hamil mengalami berbagai macam perubahan. Salah satu perubahannya adalah produksi melanin yang berbeda dari biasanya. Akibatnya, suatu perawatan di kulit bisa jadi lebih menyakitkan atau kurang efektif.

Kulit juga semakin sensitif saat hamil. Maka itu tidak menutup kemungkinan laser hair removal saat hamil membuat kulit justru lebih mudah nyeri, memerah, dan iritasi.

Jika memang mau menghilangkan rambut, untuk sementara saat hamil Anda bisa mencukurnya dengan hati-hati. Jangan libatkan penggunaan laser, atau bahan kimia lainnya. Minta bantuan pasangan jika sulit menjangkau bagian tubuh tertentu ketika mencukur.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Malachi Rebecca. 2016. Is It Safe to Undergo Laser Hair Removal Treatment During Pregnancy?. [Online] Tersedia pada: https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-undergo-laser-hair-removal-treatment-during-pregnancy_00120616/#gref (Diakses 21 Agustus 2018)

American Pregnancy Association. 2015. Laser Hair Removal nd Pregnancy. [Online] Tersedia pada: http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/hair-removal-and-pregnancy/ (Diakses 21 Agustsu 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x