backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dan Tahan Banting

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dan Tahan Banting

    Saat berencana mendaki gunung, segala persiapan perlu Anda lakukan. Bukan hanya fisik yang prima, tetapi perlengkapan khusus seperti sepatu gunung tidak boleh luput dari perhatian. Untuk membantu Anda menemukan sepatu gunung yang terbaik, simak rekomendasi dari kami berikut ini.

    Cara memilih sepatu gunung terbaik

    persiapan naik gunung

    Sepatu gunung adalah perlengkapan vital yang perlu Anda persiapkan saat naik gunung. Sebab, penggunaan sepatu yang tidak tepat sering kali dikaitkan dengan risiko cedera atau nyeri persendian.

    Mengutip Better Health Channel, kemungkinan cedera dapat meningkat jika sepatu Anda tidak dirancang untuk aktivitas yang dilakukan.

    Ambil contoh, ketika Anda hendak mendaki gunung harus menggunakan sepatu gunung atau sepatu lari digunakan saat olahraga lari.

    Selain itu, sebelum membeli sepatu, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor untuk menunjang keamanan dan keselamatan saat mendaki gunung,

    Pastikan memilih sepatu gunung terbaik yang waterproof mengingat cuaca dan jalur pendakian yang berubah-ubah.

    Jangan lupa perhatikan sol dan bantalan sepatu yang empuk karena Anda akan berjalan dalam waktu lama.

    Periksa juga apakah sol sepatu yang Anda pilih memiliki fitur antiselip atau tidak supaya kaki tidak mudah tergelincir saat mendaki.

    Rekomendasi merk sepatu gunung terbaik

    Tentunya, dengan menggunakan sepatu yang sesuai dengan aktivitas, dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mendaki.

    Berikut adalah rekomendasi merk sepatu gunung terbaik dengan harga bervariasi yang bisa Anda jadikan pilihan.

    1. Lavio Hiking E95

    Sepatu hiking merk Lavio terbuat dari kulit sintetis premium yang kuat dan tahan lama. 

    Sol sepatu ini berbahan karet berkualitas tinggi yang tidak licin dan mampu membantu Anda mendaki berbagai medan permukaan.

    Dengan desain yang trendy, Lavio Hiking E95 dilengkapi ujung besi yang dapat memberikan perlindungan tambahan untuk jari-jari kaki.

    2. Leedoo MH204

    Cuaca yang tak menentu saat mendaki gunung terkadang membuat Anda jadi harus ekstra hati-hati agar terhindar dari risiko engkel keseleo atau cedera.

    Namun, dengan menggunakan sepatu gunung Leedoo MH204 yang antiselip dan bahannya terbuat dari kulit sintetis, kini Anda tidak perlu lagi khawatir.

    Sepatu gunung terbaik ini memiliki kemampuan tahan air atau waterproof yang mampu menjaga kaki tetap kering dalam kondisi basah. 

    Dengan bahan atas mesh dapat memberikan sirkulasi udara yang baik, sehingga kaki tetap nyaman selama beraktivitas.

    3. EIGER Cayman Lite Shoes

    Soal kualitas, brand sepatu lokal yang satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi. EIGER Cayman Lite Shoes dirancang khusus untuk kegiatan hiking atau mendaki gunung dan pemakaian harian. 

    Sistem konstruksi gusset pada sepatu ini berfungsi untuk mencegah langsung masuknya elemen-elemen lain, seperti kerikil ataupun air dari bagian atas sepatu. 

    Sementara bagian dalam sepatu didukung insole ortholite yang breathable dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat Anda gunakan.

    4. Elfs Active ATLAS Hiking Shoes

    Jalur pendakian memang sulit terprediksi, apalagi dalam keadaan hujan dan medan yang licin dapat meningkatkan risiko cedera. 

    Oleh karena itu, sepatu hiking merk Elfs Active dilengkapi dengan Tooth Cover Grip Technology, teksturnya menyerupai gigi yang dapat menambahkan cengkeraman hingga 70% dalam segala medan.

    Sementara itu, model sepatu ini High Cut untuk menjaga kestabilan kaki dan mengurangi risiko kaki keseleo. Dengan jahitan double pada setiap sambungan sepatu agar lebih kuat dan tahan lama.

    5. Weidenmann Commander 03

    Kalau Anda mencari sepatu tidak hanya dapat dipakai untuk mendaki gunung tapi juga untuk aktivitas sehari-hari, merk Weidenmann Commander 03 bisa jadi pilihan yang terbaik.

    Sepatu ini memiliki sol yang empuk untuk memberikan kenyamanan maksimal saat Anda gunakan berjalan atau mendaki.

    Selain itu, bagian atasnya dijahit dengan insole untuk menjamin kekuatan dan ketahanan sepatu dalam pemakaian jangka panjang.

    6. Decathlon Quechua Nh100

    Cari sepatu gunung waterproof terbaik? Merk Decathlon Quechua Nh100 adalah jawabannya.

    Dibandingkan dengan sepatu hiking lainnya, Quechua NH100 lebih ringan, sehingga dapat mengurangi beban pada kaki dan mencegah kelelahan berlebih.

    Meski tidak dirancang untuk pendakian gunung, sepatu ini memiliki cengkeraman yang bagus untuk jalur yang berbatu atau berkerikil.

    7. Arizona Arei Outdoorgear

    Sepatu ini dirancang khusus untuk naik gunung dan sudah pasti nyaman untuk Anda gunakan.

    Terbuat dari bahan terbaik, sepatu gunung merk Arei Outdoorgear ini memiliki jahitan yang menyatu seperti model kaos kaki, solnya tidak berat, dan harganya terjangkau.

    Bahkan, beberapa pengguna mengatakan bahwa sepatu ini memiliki kemampuan waterproof yang baik untuk menjaga kaki tetap kering.

    8. LOWA 6.0 GRS Mid-Boots Outdoor Shoes

    Selain bisa Anda gunakan untuk hiking, sepatu LOWA ini cocok untuk dipakai berbagai aktivitas outdoor dan olahraga ekstrim lainnya.

    Terbuat dari bahan kulit waterproof, sepatu gunung ini memiliki kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi.

    Dengan teknologi Inject 3 Lapis TPU, Rubber, dan EVA, sepatu semi-boots ini mempunyai outsole yang anti slip.

    Tak hanya itu, sepatu LOWA ini juga mengklaim cukup breathable, sehingga kaki tidak panas dan nyaman ketika Anda pakai.

    9. SPOTEC Sepatu Hiking SAR

    Sepatu gunung terbaik dengan model hi-cut ini menggunakan material yang kokoh dan konstruksi yang kuat.

    Dengan desain yang khas, sepatu ini memiliki jahitan yang  membujur dan melintang pada bagian upper

    Sementara itu, ujung sepatu dan outsole yang lebar mampu memberikan stabilitas yang baik, sangat penting untuk mencegah tergelincir atau terjatuh saat mendaki.

    10. La Sportiva TX4 GTX 

    Sepatu La Sportiva TX4 GTX sangat ideal untuk penggunaan pada medan pegunungan Indonesia yang karakteristiknya cenderung lembap.

    La Sportiva TX4 GTX dilengkapi dengan mega-grip vibram dan impact brake system yang memudahkan penggunaan pada permukaan jalan yang berbatu dan licin (antiselip).

    Sepatu hiking ini juga ringan karena berat sepasang sepatu berada  di bawah 1 kg. Tentunya, nyaman untuk kaki pendaki saat membawa beban tas yang berat.

    Itulah rekomendasi sepatu gunung yang terbaik, baik untuk pria maupun wanita. Jika sudah menemukan sepatu hiking yang nyaman dengan ukuran tepat, jangan lupa untuk merawatnya agar tetap awet, ya.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan