4 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Lebih Bertenaga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda masih sering merasa lesu dan tidak bertenaga hampir di setiap hari kerja? Jangan dulu berpikir Anda punya penyakit. Rasa lesu, lelah, dan tidak berenergi yang Anda rasakan, mungkin karena Anda memiliki kebiasaan yang salah selama ini. Ya, percaya atau tidak, mungkin ada kebiasaan Anda yang salah.

Dibandingkan hanya bergantung pada secangkir atau dua cangkir kopi, coba lakukan kebiasaan sederhana di artikel ini, Anda bisa merasakan  tubuh tetap berenergi, lho!

Apa saja kebiasaan yang membuat tubuh tetap bertenaga?

1. Jangan lupa sarapan

Membuat tubuh tetap bertenaga setiap hari sebenarnya tidak sulit Anda lakukan, tidak perlu repot-repot harus mengonsumsi suplemen multivitamin tambahan, Anda hanya perlu memastikan bahwa diri Anda mendapatkan sarapan.

Sarapan dengan gizi seimbang bisa membantu tubuh tetap berenergi saat menjalankan aktivitas. Sarapan menurut seorang ahli diet, Alyssa Cohen, mengatakan bahwa sarapan membantu gula darah Anda tetap stabil. Tahukah Anda bahwa gula darah Anda akan meningkat di pagi hari? Kenapa bisa meningkat di pagi hari? Karena pelepasan hormon kortisol akan meningkat ketika seseorang terbangun dari tidurnya.

Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat baik saat sarapan untuk membantu gula darah Anda tetap stabil. Anda juga bisa mencoba roti gandum, telur, atau ikan untuk membuat menu sarapan.

2. Cobalah untuk berbasa-basi

Pekerjaan yang Anda rasakan tidak ada habisnya pasti akan membuat energi Anda  terkuras. Hal ini terkadang juga membuat Anda lupa untuk bersosialisasi. Padahal, bersosialisasi atau berbasa-basi dengan teman-teman, keluarga, atau orang yang baru Anda kenal bisa membuat tubuh tetap bertenaga.

Seorang dokter ahli bedah, Dr. Alex Roher seperti yang dilansir di Huffington Post, mengaku bahwa bersosialisasi dengan mendengarkan seseorang berberbicara bisa membuatnya tetap bertenaga dan berenergi meskipun pekerjaannya sebagai ahli bedah cukup melelahkan.

Kenapa berbasa-basi dengan orang lain bisa membuat tubuh tetap bertenaga? Karena pada saat Anda berinteraksi dengan orang lain, Anda akan merasa lebih rileks, santai, dan tidak perlu mengkhawatirkan apa pun.

Dari interaksi seperti mengobrol, Anda bisa tertawa ataupun melemparkan candaan. Dengan begitu, Anda akan merasa segar dan tidak stres sehingga tubuh Anda akan tetap berenergi.

3. Lebih banyak minum air putih

Kedengarannya memang sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa dehidrasi juga bisa membuat Anda lesu, lemah, dan tidak berenergi?

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa satu dari lima orang tidak tahu berapa banyak air yang seharusnya mereka minum.

Seseorang yang kurang cairan tubuh menurut penelitian ini akan mudah merasa lelah, marah, sulit berkonsentrasi, dan akhirnya sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ahli kesehatan biasanya akan menyarankan Anda untuk minum delapan gelas per hari. Usahakan untuk tidak minum soda atau kopi yang terlalu banyak..

4. Matikan perangkat elektronik Anda saat mau tidur

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Nah, berapa lama Anda tidur setiap malam? Jika jawaban Anda kurang dari itu, Anda harus mencoba untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuh tetap berenergi.

Hindari menonton TV hingga larut malam meskipun ada acara favorit Anda. Pastikan juga, Anda tidak terus-menerus menatap layar ponsel ketika akan tidur. Agar esok hari Anda merasakan segar dan bertenaga, mulai mematikan TV dan handphone Anda ketika mendekati waktu tidur.

Ingat, Anda masih bisa membuka semua pesan pekerjaan atau gosip yang masuk di handphone Anda pada di pagi hari.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Tidur Berlebihan Bisa Meningkatkan Risiko Pikun?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kurang tidur berdampak buruk pada kesehatan. Tapi, tidur berlebihan meningkatkan risiko Anda terkena demensia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Otak dan Saraf, Alzheimer dan Demensia 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Diare

Diare atau mencret adalah penyakit yang sering dialami orang dewasa dan anak-anak. Berikut obat, penyebab, gejala, dan cara mengatasi diare.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diare, Kesehatan Pencernaan 3 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit

10 Penyebab Maag, dari Penyakit Hingga Kebiasaan Sehari-hari

Maag adalah masalah pencernaan yang dialami siapa saja. Selain pola makan yang buruk, apa lagi yang biasa jadi penyebab maag?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 26 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

6 Cara Mengobati Muntaber agar Tidak Bertambah Parah

Muntaber menimbulkan gejala yang mengganggu aktivits. Yuk, intip cara mengatasi gejala dan mengobati muntaber berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Muntaber 21 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

posisi tidur baik dan buruk

Berbagai Posisi Tidur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
sarapan sereal menu sarapan sehat

Sarapan Sereal di Pagi Hari Memang Praktis, Tapi Apakah Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
tidur lebih lama

Kenapa Ada yang Butuh Tidur Lebih Lama Daripada Orang Lain?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
bantal tidur untuk bayi

Ibu, Ini Bahanya Menggunakan Bantal Bayi Saat Si Kecil Tidur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit