Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?

    Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?

    Berolahraga memang enaknya pakai baju yang longgar agar tubuh bisa luwes bergerak. Nah kadang, bra bisa membuat gerak tubuh kita jadi kurang nyaman. Kira-kira apa boleh olahraga tidak pakai bra?

    Olahraga tidak pakai bra, bolehkah?

    bahaya olahraga kardio berlebihan

    Anda mungkin merasa lebih lega jika olahraga tidak pakai bra, tapi sebenarnya hal ini tidak disarankan demi menjaga struktur dan bentuk payudara Anda.

    Payudara sebagian besarnya terdiri dari jaringan lemak lunak yang dilapisi oleh ligamen (pita serat tebal). Ketika Anda berolahraga yang mengharuskan tubuh terus bergerak berulang kali, misalnya lari, payudara yang tidak ditopang dengan baik akan ikut bergoncang.

    Lama-lama, pergerakan ini akan melemahkan jaringan ligamen sehingga menyebabkan nyeri dada, leher, dan punggung selama berolahraga. Terlebih karena otot punggung juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga bahu tetap stabil ke depan sembari menahan berat payudara.

    Tidak hanya itu. Ligamen yang melemah tidak lagi bisa kuat menahan lemak payudara sehingga posisi payudara lambat laun akan melorot.

    Itu kenapa para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk tetap pakai bra saat olahraga, tapi gunakanlah bra khusus olahraga alias sports bra. Bra olahraga dapat memberikan topangan yang mantap bagi payudara Anda tanpa menimbulkan sensasi yang tidak nyaman selama badan terus bergerak. Bra olahraga juga dapat mendukung posisi payudara tetap berada di tempatnya meski terus bergoncang.

    Lalu, bagaimana cara pilih bra olahraga yang tepat?

    Pilih sports bra yang bagian bawahnya memiliki pita karet berukuran besar dan cukup elastis untuk melingkari punggung, tapi tetap terasa nyaman ketika Anda bergerak dan payudara tidak berpindah posisi ketika Anda mengangkat tangan.

    Kemudian, pilih cup dengan ukuran yang sama seperti bra reguler Anda. Cup sports bra seharusnya tetap bisa menutupi permukaan payudara secara pas tapi tidak membuat dada sesak. Pastikan juga tali branya berukuran lebar dan ketat pas badan sehingga tidak gampang melorot, tapi tidak sampai menekan bahu dan menyebabkan nyeri bahu.

     

    Terakhir, pilih bra olahraga yang terbuat dari bahan katun yang bisa menyerap keringat sehingga tidak menyebabkan kulit lecet dan iritasi apalagi sampai berjamur.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Novita Joseph · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan