Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Ini 4 Kiat Ampuh Mencegahnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Katanya, hujan-hujanan bikin Anda sakit, karena air hujan mengandung banyak kuman dan bakteri. Lantas, bagaimana jika kehujanan? Tenang, Anda bisa melakukan berbagai cara supaya tidak sakit setelah kehujanan, kok.

Kiat agar tidak sakit setelah kehujanan

Saat bepergian keluar, hujan turun tiba-tiba. Anda lupa membawa payung atau jas hujan dan kepalang tanggung hampir sampai tujuan. Anda kemungkinan akan memilih untuk melanjutkan perjalanan. Meski sampai tujuan lebih cepat, tubuh yang kebasahan karena hujan bisa membuat Anda sakit, misalnya demam, flu, atau pilek.

Bahkan, sekali pun Anda memakai payung, hujan yang cukup deras dan angin kencang tetap bisa membuat tubuh basah. Supaya Anda tidak sakit setelah kehujanan, segera lakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Segera lepas pakaian yang basah

Salah satu alasan kenapa Anda bisa sakit setelah kehujanan yaitu suhu tubuh menurun akibat kebasahan dan kedinginan. Turunnya suhu tubuh dapat mengakibatkan sistem imun sedikit melemah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rhinovirus dapat berkembang dengan baik pada suhu yang lebih rendah dari 37 derajat Celcius. Suhu tersebut adalah rata-rata suhu tubuh ketika seseorang kehujanan.

Pada saat itu, rhinovirus yang sedang kuat-kuatnya tentu sulit ditaklukan oleh sistem imun Anda yang lemah. Akibatnya, virus tersebut pun akan menang dan menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung. Anda pun bisa terkena berbagai penyakit, seperti sakit tengorokan, hidung tersumbat, batuk, dan demam.

Supaya Anda tidak kedinginan karena kehujanan dan sistem imun tidak melemah, Anda harus melepaskan pakaian Anda yang basah.

2. Mandi air hangat dan keringkan tubuh

Setelah melepas pakaian yang basah, sebaiknya Anda membersihkan diri segera. Kenapa? Tindakan ini dapat menghilangkan semua kuman yang menempel di kulit, baik itu dari genangan air hujan atau jalan yang berlumpur.

Selain itu, mandi air hangat setelah kehujanan juga membantu Anda menaikkan suhu tubuh. Namun, ingat jangan terlalu lama, cukup 10 hingga 15 menit saja supaya kulit tidak kering. Selanjutnya, keringkan tubuh terutama rambut Anda.

3. Pakai baju yang cukup hangat

Seteah hujan turun, suhu di ruangan juga akan menurun. Supaya Anda tidak kedinginan dan suhu tubuh tidak menurun, dianjurkan menggunakan pakaian yang lebih tebal. Pakaian ini dapat menghangatkan tubuh Anda dan mencegah Anda sakit setelah hujan.

4. Makan makanan yang hangat dan istirahat

Menghirup udara kering dan dingin menyebabkan pembuluh darah di saluran pernapasan bagian atas menyempit, membuat Anda bernapas lebih hemat. Ini mencegah sel-sel darah putih mencapai selaput lendir untuk melawan rhinovirus.

Untuk itu, Anda perlu menghirup udara yang lebih lembap dan hangat. Cobalah untuk membuat teh hangat dan hirup beberapa kali sebelum diminum supaya jalan pernapasan lebih lancar. Supaya sistem imun Anda lebih kuat, istirahat secukupnya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sakit setelah kehujanan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ada banyak tanda bayi tumbuh gigi yang dapat membuat si kecil rewel. Berikut berbagai tanda dan tips meredakan rasa tidak nyaman saat bayi tumbuh gigi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit?

Banyak orang yang jatuh sakit setelah hujan-hujanan. Benarkah terkena air hujan memengaruhi kesehatan kita? Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Nyeri Kronis

Nyeri kronis adalah jenis penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga menahun. Simak Info Selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 29 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

waktu yang tepat minum obat cacing

Kapan Waktu yang Tepat Minum Obat Cacing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
sindrom pura-pura sakit

Pura-pura Sakit? Bisa Jadi Anda Mengidap Sindrom Munchausen

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit