Penelitian Terbaru: Kanker Otak Bisa Dicegah Dengan Minyak Zaitun

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sudah tidak diragukan lagi jika minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa peneliti telah menghubungkan kandungan lemak dalam minyak zaitun dengan penurunan risiko obesitas dan penyakit jantung, serta peningkatan kemampuan kognitif seseorang. Kini, penelitian baru menunjukkan bahwa minyak zaitun juga bisa membantu mencegah kanker otak.

Apa itu kanker otak?

Kanker otak adalah tumbuhnya tumor ganas atau berbahaya yang ada di otak. Perlu diketahui, tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker. Pasalnya, ada pula tumor otak yang bersifat jinak.

Nah, tumor otak sendiri adalah pertumbuhan sel-sel otak yang abnormal dan tidak terkendali di bagian otak. Tumor ini dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang.

Kanker otak dibagi menjadi dua tipe. Terdiri dari kanker otak primer (terhitung 75% dari seluruh kasus tumor otak) yang penyebabnya datang dari otak, dan kanker otak sekunder (25% dari seluruh kasus kanker otak) yang muncul dari bagian tubuh lain dan menyebar sampai ke otak. Kanker otak tidak dapat dihindari tapi sebagian besar dapat ditangani jika terdeteksi sejak awal.

Penelitian terbaru menggungkapkan minyak zaitun bisa cegah kanker otak

Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Universitas Edinburgh di Inggris menemukan bahwa asam oleat – asam lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam minyak zaitun, mampu menghentikan aktivitas protein yang memicu terbentuknya kanker di sel otak.

Meskipun belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, namun temuan menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium.

Para peneliti juga menambahkan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperdalam temuan ini terkait manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan otak. Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biology, menunjukkan adanya kemungkinan terapi dengan mengonsumsi minyak zaitun untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel otak

Asam oleat dalam minyak zaitun menghentikan pembentukan tumor otak

Asam oleat adalah salah satu kelompok nutrisi yang dikenal sebagai asam lemak yang merangsang produksi molekul sel. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asam oleat dapat menghambat aktivitas penyebab penyakit protein spesifik.

Dengan pemikiran ini, para peneliti pun menyelidiki bagimana senyawa minyak zaitun tersebut mempengaruhi aktivitas protein miR-7, sebuah microRNA yang berperan dalam menekan proses pembentukan tumor. MicroRNA ini produksinya dihambat oleh protein lain yang disebut MSI2. Bila ini terjadi berkepanjangan, bukan mustahil tumor akan terbentuk. 

Untuk mencapai temuan mereka, para peneliti menguji pengaruh asam oleat pada ekstrak sel manusia dan sel hidup di laboratorium. Hasilnya, mereka menemukan bahwa asam oleat menghambat aktivitas MSI2. Dengan demikian, produksi miR-7 dapat berlangsung dan pertumbuhan tumor dapat ditekan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui jika para peneliti membutuhkan penelitian lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah minyak zaitun benar-benar-bisa digunakan sebagai salah satu terapi untuk menghambat pembentukan sel kanker yang bisa mengakibatkan kanker otak. 

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 13, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca