4 Gangguan Kesehatan Akibat Kelebihan Hormon Testosteron

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Di dalam tubuh terdapat dua hormon penting, estrogen dan testosteron, yang berfungsi meningkatkan imun, energi, libido, dan yang paling penting adalah reproduksi manusia. Kedua hormon tersebut memerlukan keseimbangan jumlah satu sama lain agar mendapatkan fungsi dan kerja tubuh yang baik. Tapi bagaimana jika salah satu hormon terlalu banyak? Dan, bagaimana jika itu adalah hormon testosteron? Simak pembahasan berikut ini.

Apa itu hormon testosteron?

Testosteron sering dianggap sebagai “hormon pria”, yang diproduksi di bagian testis pria. Meski begitu, wanita juga punya hormon testosteron dalam tubuh, fungsinya untuk meningkakan gairah seks dan sebagai pengatur mood (suasana hati). Sedangkan fungsi hormon testosteron pada adalah untuk membangun masa otot dan meningkatkan energi pria.

Apa yang terjadi kalau kelebihan hormon testosteron?

Efek kelebihan hormon testosteron terhadap tubuh, sebetulnya bergantung pada usia dan jenis kelamin. Pada pria dan wanita, kelebihan hormon testosteron dapat menyebabkan pubertas sebelum dewasa dan berakibat pada ketidaksuburan. Bukan hanya itu, di bawah ini merupakan dampak dari kelebihan hormon testosteron yang dapat timbul:

1. Kulit berminyak dan jerawatan

Nyatanya, kelebihan hormon testosteron dapat menyebabkan kulit jadi berminyak dan berjerawat. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar DHT (dihidrotestosteron) yang meningkat, terkait dengan kelebihan hormon testosteron itu sendiri. Kadar testosteron yang tinggi, akan meningkatkan produksi sebum minyak, zat kental yang bisa menyumbat pori-pori pada wajah. Nah, kalau pori-pori tertutup, bakteri akan menumpuk pada kulit dan  menyebabkan peradangan, atau biasa disebut jerawat.

2. Rambut rontok

Salah satu hal yang dapat terjadi jika kelebihan hormon testosteron pada pria dan wanita adalah adanya gejala rambut rontok  atau bahkan kebotakan. Umumnya, gejala kerontokan rambut ini akan dimulai dari bagian simpul kulit kepala, lalu akan berlanjut rontok apa rambut bagian pelipis dan akan berlanjut keseluruhan.

3. Buah zakar mengerut

Secara sederhana, saat otak menstimulasi kelebihan hormon testosteron dalam tubuh, otak akan menganggap semua itu berawal dari tempat produksi testosteron, yaitu pada buah zakar. Selanjutnya, otak akan menutup produksi LH (Luteinizing Hormon), yang berguna memberi tahu testis untuk memproduksi testosteron. Maka dari itu, buah zakar akan mengalami perubahan ukuran dengan cara menyusutkan dirinya.

4. Kelebihan sel darah merah dan hemoglobin

Jika tubuh Anda mengalami kelebihan testosteron dalam tubuh, salah satu efeknya adalah adanya peningkatan kadar sel darah merah dan kadar hemoglobin di tubuh. Pada pria yang lebih tua, peningkatan sel darah merah dapat menimbulkan adanya serangan jantung dan stroke.

Peningkatan sel darah merah dalam darah, akibat kelebihan hormon testosteron, dapat dikurangi dengan menurunkan dosis pengganti testosteron, atau donor darah. Biasanya bertujuan untuk menurunkan tingkat sel darah dalam tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Di semua anjuran makanan sehat, selalu saja ada sayur di dalamnya. Bagaimana jika Anda tak suka makan sayur? Berikut ini diet tanpa sayur tapi tetap sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Pernahkan Anda mencicipi teh chamomile? Ternyata salah satu teh herbal ini banyak manfaatnya, lho! Simak manfaat teh chamomile bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Penyebab Tubuh Anda Mengeluarkan Kentut

Kentut adalah hal yang normal terjadi. Tapi apa yang jadi penyebab tubuh mengeluarkan kentut? Lalu, kenapa kentut bau dan berbunyi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Penyebab Serangan Jantung Pada Anak Muda

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 5 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat bengkoang

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit