Jaga Kebersihan Lensa Kontak Anda dengan Mengikuti 6 Tips Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Alih-alih membuat penglihatan bagus, menggunakan softlens yang kotor tentu bisa berdampak buruk pada kesehatan indra penglihatan Anda. Maka itu, Anda tentu perlu mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk membersihkan dan merawat softlens.

Cara merawat dan membersihkan softlens yang tepat

Menurut American Academy of Ophthalmology, lensa kontak yang kotor atau tidak cocok bisa menggores lapisan mata Anda.

Membersihkannya dengan tetes mata pun bukan jalan keluar yang efektif karena bisa merusak cairan pada softlens Anda. Itu sebabnya, sebelum memutuskan menggunakan softlens Anda harus memiliki pengetahuan yang benar pula.

Misalnya, softlens sekali pakai biasanya lebih praktis karena tak terlalu membutuhkan perawatan yang rumit, dibandingkan dengan lensa kontak yang bisa dipakai berulang kali.

Ini dia beberapa cara membersihkan dan merawat softlens agar Anda tidak mengalami mata merah, iritasi akibat softlens dan masalah mata lainnya.

1. Cuci tangan sebelum memegang softlens

cuci tangan sebelum seks

Salah satu tips penting dalam merawat dan memakai softlens adalah selalu mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak.

Usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas sampai bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun, parfum, minyak, atau losion yang menempel pada telapak tangan Anda.

Pasalnya, langsung memegang dan memakai lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir di mata Anda.

Maka itu, biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Tips yang juga Anda perlu coba adalah mengeringkan tangan Anda dengan tisu atau handuk tanpa serat sebelum memakai softlens. Hal ini penting agar tidak ada kotoran atau serat yang menempel di tangan Anda.

2. Lepas softlens sebelum mandi dan tidur

lensa kontak

Tips berikutnya dalam memakai softlens adalah Anda harus ingat kapan waktu yang tepat untuk melepas softlens. Lepaskanlah lensa kontak sebelum mandi, berenang, atau kegiatan apa pun yang dapat membuat mata Anda kemasukan air.

Hal ini bertujuan agar kuman atau senyawa kimia dalam air, seperti klorin, tidak menempel pada softlens. Jika dibiarkan, biasanya gejala-gejala ringan akan muncul, seperti mata sakit dan terasa gatal.  Lupa melepas softlens saat mandi dapat berujung pada konjungtivitis akibat infeksi bakteri.

Selain itu, untuk merawat dan menjaga kebersihannya, Anda harus melepas softlens sebelum tidur. Hal ini karena saat Anda tidur, mata yang terpejam tidak membuat air mata tidak dapat membawa oksigen sebanyak ketika Anda membuka mata.

3. Hindari penggunaan air keran

cara merawat softlens

Setelah berhasil melepas softlens tanpa ada suatu kendala, hindari penggunaan air keran dalam cara merawat dan membersihkan softlens. Menurut situs US Environmental Protection Agency, hampir di setiap air keran mengandung acanthamoeba, bakteri yang dapat menempel dan mengkontaminasi lensa kontak Anda.

Apabila hal tersebut dibiarkan, tentu dapat menimbulkan masalah pada mata Anda karena infeksi bakteri tersebut. Oleh karena itu, biasakan memakai cairan pembersih khusus untuk softlens agar kebersihannya tetap terjaga.

4. Gunakan cairan khusus pembersih softlens

masa kedaluwarsa softlens

Gunakanlah cairan khusus pembersih softlens ketika membersihkannya. Cara merawat dan membersihkan softlens yang satu ini sangat penting dilakukan karena softlens yang sering Anda gunakan rentan terhadap infeksi bakteri.

Jenis cairan pembersih softlens sebenarnya ada banyak. Di antaranya, yang paling sering digunakan adalah multipurpose solution. Menurut CDC, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika membersihkan softlens dengan multipurpose solution.

  • Gosok dan bilas softlens setiap kali Anda mengeluarkannya.
  • Simpan softlens di cairan pembersih yang baru Anda isi ulang.
  • Hindari mencampurkan cairan pembersih baru dan lama karena bisa terkontaminasi.
  • Cuci wadah penyimpanan lensa kontak dengan cairan pembersih.
  • Buang larutan yang berlebih dari wadah penyimpanan dan keringkan dengan yang baru dan bersih.
  • Simpan wadah yang bersih dalam keadaan terbalik di atas tisu bersih dalam keadaan terbuka setiap kali penggunaan agar tidak ada kuman yang menumpuk.
  • Ganti wadah penyimpanan setiap tiga bulan sekali.

5. Hindari memakai softlens terlalu lama

pakai lensa kontak alergi mata

Kebiasaan memakai softlens terlalu lama ternyata tidak hanya dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata, namun juga softlens itu sendiri. Maka itu, salah satu cara terpenting untuk mempertahankan serta merawat kualitas softlens Anda adalah dengan mengistirahatkannya dalam jangka waktu tertentu.

Lensa kontak, terutama jenis yang lunak, menciptakan suhu hangat dan lembap untuk mikroorganisme seperti bakteri, kuman, jamur, dan parasit bisa berkembang biak. Akibatnya, softlens Anda berisiko menjadi sarang kuman dan kualitasnya pun menurun.

Oleh karena itu, pastikan Anda beri ruang untuk mata agar bisa bernapas lega selama beberapa jam sehari. Artinya, sisihkan sebagian waktu Anda dalam sehari tanpa menggunakan softlens.

6. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya

cairan softlens tetes mata

Cara lain yang tak kalah penting dalam merawat softlens adalah perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan softlens Anda.

Tanggal kedaluwarsa merupakan batas aman sampai kapan lensa kontak tersebut dapat dipakai tanpa membahayakan mata Anda. Jika lensa kontak yang Anda miliki sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, sebaiknya dibuang dan jangan dipakai lagi.

Lensa kontak yang sudah kedaluwarsa memungkinkan kontaminasi bakteri dan jamur di dalam larutan garam steril. Hal ini membuat lensa kontak yang akan Anda pakai di mata Anda dilapisi dengan berbagai debu atau partikel kecil lainnya.

Akibat dari memakai softlens kadaluwarsa adalah, lensa menjadi tidak nyaman dipakai dan parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Menggunakan lensa kontak artinya Anda sudah berkomitmen untuk mengetahui dan melaksanakan cara merawat dan membersihkan softlens dengan benar. Jika Anda masih ragu dan khawatir terkena infeksi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan melihat apakah softlens yang Anda pakai sekarang sudah cocok.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Aturan Penting Pakai Softlens Saat Cuaca Panas Agar Mata Tetap Sehat

Menggunakan lensa kontak di cuaca panas tidak bisa sembarangan. Agar tetap aman dan nyaman, yuk ikuti aturan pakai softlens berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit

Memahami Jenis Lensa Kontak (Softlens) dan Cara Pemakaiannya yang Tepat

Sama halnya seperti makanan dan minuman, softlens juga punya waktu pemakaian maksimal. Nah, sudahkah Anda tahu kapan masa kedaluwarsa softlens?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Desember 2018 . Waktu baca 8 menit

Berbagai Gejala dan Penyebab Mata Iritasi Akibat Pemakaian Softlens

Mata perih saat pakai softlens merupakan kondisi yang sering dikeluhkan oleh penggunanya. Jika Anda salah satunya, mungkin beberapa hal ini yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 7 Desember 2018 . Waktu baca 6 menit

7 Aturan Aman Pakai Lensa Kontak Bagi Anda yang Punya Mata Kering

Orang dengan mata kering biasanya menghindari pakai softlens. Padahal, Anda tetap bisa menggunakan softlens untuk mata kering dengan mematuhi aturannya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 21 Oktober 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pakai lensa kontak alergi mata

Alergi Softlens: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
cairan softlens tetes mata

Bolehkah Kita Menggunakan Cairan Softlens Sebagai Tetes Mata?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 2 April 2020 . Waktu baca 6 menit
softlens lensa kontak masuk ke belakang mata

Mungkinkah Lensa Kontak (Softlens) Bergerak ke Belakang Bola Mata?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
lensa kontak tersangkut

Lensa Kontak Tersangkut? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit