Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Rambut adalah mahkota alami bagi wanita maupun pria yang patut dijaga kesehatannya. Tak heran banyak orang rela menghabiskan uang dan waktu yang tidak sedikit demi merawat rambut dan kulit kepala mereka di salon kecantikan. Salah satu masalah yang bisa sangat mengganggu kesehatan rambut adalah kulit kepala yang gatal. Jika itu terjadi Anda perlu mengusir kulit kepala gatal.

Jangan menunda-nunda lagi ketika kulit kepala Anda terasa gatal. Segera temukan penyebab dan pengobatannya. Berikut adalah berbagai penyebab dan bahan-bahan alami yang ampuh mengobati kulit kepala gatal.

Penyebab kulit kepala gatal

Kulit kepala yang gatal tidak mungkin muncul begitu saja. Ada berbagai sebab kulit kepala Anda terasa gatal. Perhatikan faktor-faktor penyebabnya di bawah ini.

Rambut yang kurang bersih

Jika rambut tidak dibersihkan dengan tuntas dan bersih, sel-sel kulit akan menumpuk pada kulit kepala. Hal ini akan menyebabkan munculnya ketombe dan rasa gatal, khususnya bagi Anda yang memiliki tipe rambut berminyak. Pastikan bahwa Anda selalu mencuci rambut dengan bersih paling tidak dua sampai tiga kali seminggu, sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika rambut Anda sudah terasa kering atau lengket, segera cuci bersih untuk kembali menutrisi dan mengangkat sel-sel kulit mati pada kepala.

Kulit kepala kering

Anda yang memiliki jenis kulit kepala kering, Anda akan lebih berisiko mengalami kulit kepala gatal. Pasalnya, kulit kepala yang kering kekurangan lapisan minyak yang berfungsi untuk menangkal infeksi, bakteri, dan kuman. Kulit kepala pun jadi mudah iritasi. Biasanya kulit kepala akan menjadi kering apabila Anda terlalu sering keramas, apalagi dengan pencuci rambut yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras. Menggunakan pengering rambut terlalu dekat dengan juga bisa membuat kulit kepala kering.

Eksim atau dermatitis

Penyakit kulit eksim atau dermatitis bisa muncul di kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal. Kulit kepala Anda akan mengalami peradangan dan berubah kemerahan. Gejala yang tampak adalah munculnya ketombe.

Kutu rambut

Kutu rambut bisa dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya, tanpa mengenal usia atau jenis rambut. Telur-telur kutu rambut sulit dilihat dengan mata telanjang, tapi kutu dewasa bisa Anda lihat bergerak dan berjalan-jalan pada kepala Anda. Obat kutu rambut bisa Anda temukan dalam bentuk sampo, cairan, atau semprotan.

Bahan-bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Tak perlu khawatir harus pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang untuk mengobati kulit kepala yang gatal. Banyak bahan alami yang sederhana dan mudah didapatkan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala tanpa perlu pergi ke salon. Berikut adalah berbagai pilihan bahan alami yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-bakteri yang bisa mengusir masalah pada kulit kepala Anda. Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. Yang pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur. Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan dua sampai tiga tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak sayur. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan pijat ringan. Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit kepala yang kering. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secukupnya, pijat ringan, dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Kulit kepala Anda mungkin terasa agak berminyak sesudahnya, tapi cara ini sangat ampuh menghilangkan gatal yang membandel di kulit kepala Anda.

Lidah buaya

Kandungan emolien alami pada lidah buaya mampu menjaga kelembutan dan kelembapan alami kulit kepala. Maka, Anda yang mengalami masalah kulit kepala kering bisa mencoba perawatan lidah buaya ini. Potong daun lidah buaya secukupnya dan ambil gelnya. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas bersih sesudahnya. Kulit kepala Anda akan terasa lebih segar dan dingin.

Lemon

Sari buah lemon mengandung antiseptik yang bisa mengatasi gatal. Lemon juga terbukti ampuh mengatasi masalah ketombe pada rambut. Peras jeruk lemon secukupnya dan ratakan pada kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda tidak berketombe, Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air. Cuci bersih dengan sampo Anda setelahnya. Ulangi terus perawatan ini sampai rasa gatal di kulit kepala Anda berkurang atau hilang.

Pisang dan alpukat

Untuk kulit kepala yang bersih dan harum bak pulau tropis, campurkan daging buah pisang dan alpukat dan oleskan pada kulit kepala Anda yang terasa gatal. Biarkan selama paling sebentar 30 menit kemudian bilas bersih. Selain mengusir kulit kepala gatal, perawatan dengan pisang dan alpukat juga bisa membuat rambut Anda tampak lebih berkilau dan lebat.

Minyak jojoba

Minyak jojoba bisa menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan kering karena struktur molekul jojoba sangat mirip dengan sebum pada kulit kepala. Oleskan minyak jojoba secukupnya pada kulit kepala sebelum tidur dan biarkan selama satu malam. Cuci rambut Anda dengan sampo yang ringan pada pagi harinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit