Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 14, 2020
Bagikan sekarang

Rambut adalah mahkota alami bagi wanita maupun pria yang patut dijaga kesehatannya. Tak heran banyak orang rela menghabiskan uang dan waktu yang tidak sedikit demi merawat rambut dan kulit kepala mereka di salon kecantikan. Salah satu masalah yang bisa sangat mengganggu kesehatan rambut adalah kulit kepala yang gatal. Jika kulit kepala terasa gatal, tentu rasanya tak nyaman dan ingin terus menggaruknya. Akibatnya, rambut bisa jadi berantakan dan tak indah lagi.

Jangan menunda-nunda lagi ketika kulit kepala Anda terasa gatal. Segera temukan penyebab dan pengobatannya. Berikut adalah berbagai penyebab dan bahan-bahan alami yang ampuh mengobati kulit kepala gatal.

Penyebab kulit kepala gatal

Kulit kepala yang gatal tidak mungkin muncul begitu saja. Ada berbagai sebab kulit kepala Anda terasa gatal. Perhatikan faktor-faktor penyebabnya di bawah ini.

Rambut yang kurang bersih

Jika rambut tidak dibersihkan dengan tuntas dan bersih, sel-sel kulit akan menumpuk pada kulit kepala. Hal ini akan menyebabkan munculnya ketombe dan rasa gatal, khususnya bagi Anda yang memiliki tipe rambut berminyak. Pastikan bahwa Anda selalu mencuci rambut dengan bersih paling tidak dua sampai tiga kali seminggu, sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika rambut Anda sudah terasa kering atau lengket, segera cuci bersih untuk kembali menutrisi dan mengangkat sel-sel kulit mati pada kepala.

Kulit kepala kering

Anda yang memiliki jenis kulit kepala kering, Anda akan lebih berisiko mengalami kulit kepala gatal. Pasalnya, kulit kepala yang kering kekurangan lapisan minyak yang berfungsi untuk menangkal infeksi, bakteri, dan kuman. Kulit kepala pun jadi mudah iritasi. Biasanya kulit kepala akan menjadi kering apabila Anda terlalu sering keramas, apalagi dengan pencuci rambut yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras. Menggunakan pengering rambut terlalu dekat dengan juga bisa membuat kulit kepala kering.

Eksim atau dermatitis

Penyakit kulit eksim atau dermatitis bisa muncul di kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal. Kulit kepala Anda akan mengalami peradangan dan berubah kemerahan. Gejala yang tampak adalah munculnya ketombe.

Kutu rambut

Kutu rambut bisa dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya, tanpa mengenal usia atau jenis rambut. Telur-telur kutu rambut sulit dilihat dengan mata telanjang, tapi kutu dewasa bisa Anda lihat bergerak dan berjalan-jalan pada kepala Anda. Obat kutu rambut bisa Anda temukan dalam bentuk sampo, cairan, atau semprotan.

Bahan-bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Tak perlu khawatir harus pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang untuk mengobati kulit kepala yang gatal. Banyak bahan alami yang sederhana dan mudah didapatkan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala tanpa perlu pergi ke salon. Berikut adalah berbagai pilihan bahan alami yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-bakteri yang bisa mengusir masalah pada kulit kepala Anda. Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. Yang pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur. Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan dua sampai tiga tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak sayur. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan pijat ringan. Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit kepala yang kering. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secukupnya, pijat ringan, dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Kulit kepala Anda mungkin terasa agak berminyak sesudahnya, tapi cara ini sangat ampuh menghilangkan gatal yang membandel di kulit kepala Anda.

Lidah buaya

Kandungan emolien alami pada lidah buaya mampu menjaga kelembutan dan kelembapan alami kulit kepala. Maka, Anda yang mengalami masalah kulit kepala kering bisa mencoba perawatan lidah buaya ini. Potong daun lidah buaya secukupnya dan ambil gelnya. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas bersih sesudahnya. Kulit kepala Anda akan terasa lebih segar dan dingin.

Lemon

Sari buah lemon mengandung antiseptik yang bisa mengatasi gatal. Lemon juga terbukti ampuh mengatasi masalah ketombe pada rambut. Peras jeruk lemon secukupnya dan ratakan pada kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda tidak berketombe, Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air. Cuci bersih dengan sampo Anda setelahnya. Ulangi terus perawatan ini sampai rasa gatal di kulit kepala Anda berkurang atau hilang.

Pisang dan alpukat

Untuk kulit kepala yang bersih dan harum bak pulau tropis, campurkan daging buah pisang dan alpukat dan oleskan pada kulit kepala Anda yang terasa gatal. Biarkan selama paling sebentar 30 menit kemudian bilas bersih. Selain mengusir kulit kepala gatal, perawatan dengan pisang dan alpukat juga bisa membuat rambut Anda tampak lebih berkilau dan lebat.

Minyak jojoba

Minyak jojoba bisa menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan kering karena struktur molekul jojoba sangat mirip dengan sebum pada kulit kepala. Oleskan minyak jojoba secukupnya pada kulit kepala sebelum tidur dan biarkan selama satu malam. Cuci rambut Anda dengan sampo yang ringan pada pagi harinya.

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Hormon testosteron dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah seks. Minyak kelapa disebut dapat memengaruhi dan meningkatkan kadar testosteron. Benarkah?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan Mei 7, 2020

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Rambut keriting rentan kering dan kusut hingga sulit diatur. Oleh karena itu, rambut keriting perlu perawatan khusus. Bagaimana merawat rambut keriting?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan Mei 4, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal tayang Mei 22, 2020
Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Mei 17, 2020
3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Monika Nanda
Tanggal tayang Mei 14, 2020
7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal tayang Mei 9, 2020