Apakah Sakit Tipes Bisa Menular? Bagaimana Cara Penularannya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tipes adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tipes sering terjadi di lingkungan kumuh dengan sanitasi air yang buruk. Namun, lewat cara apakah tipes paling mudah menular?

Apakah tipes menular?

Jawaban sederhananya, ya, tipes menular. Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh Anda lewat banyak cara, tapi umumnya dari:

  • Konsumsi air minum yang kotor, mentah, dan telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhii. 
  • Menggunakan air yang terkontaminasi bakteri Salmonella Typhi untuk membilas atau mencuci bahan makanan dan peralatan masak serta perlengkapan makan.
  • Konsumsi makanan mentah atau kurang matang, seperti daging steak rare/medium rare, sushi dan sashimi, seafood setengah matang, telur setengah matang, atau salad sayur yang tidak jelas cara mengolahnya.

Namun, apakah cara tipes menular sesederhana yang dibayangkan? Mungkin tidak.

Lewat beragam cara di atas, bakteri Salmonella typhii akan masuk melalui mulut saat Anda menyuap makanan atau menenggak air kotor, lalu masuk ke saluran pencernaan dan ikut terserap ke dalam aliran darah.

Bakteri yang ada dalam darah kemudian dapat menuju hati, limpa, dan sumsum tulang untuk berkembang biak di sana dan kembali lagi memasuki aliran darah. Koloni bakteri yang semakin berlipat ganda ini kemudian akan masuk lagi ke dalam sistem pencernaan.

Pada saat ini barulah sistem imun mulai mendeteksi adanya bahaya dan bergerak untuk menyerang bakteri tersebut, sampai akhirnya menghasilkan respon peradangan. Respon peradangan ini akan menyebabkan Anda mengalami berbagai gejala umum tipes seperti: 

  • Demam 
  • Muncul bintik merah di dada
  • Sakit atau kram perut
  • Diare atau sembelit
  • Sesekali mual dan muntah

Apakah tipes bisa menular ke orang lain?

Ya. Tipes adalah penyakit infeksi yang bisa menular dari seorang penderita ke orang-orang sehat di sekitarnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, seseorang yang sakit tipes akan terus membawa bakteri Salmonella Typhi dalam tubuhnya. Maka orang yang sakit tipes akan berisiko tinggi menularkan penyakit yang sama pada orang lain, terutama jika tidak kunjung diobati.

Lantas, apakah cara tipes menular dari satu orang ke orang lain pasti akan sama? Belum tentu.

Penularan bakteri penyebab tipes dari satu orang ke lainnya umum terjadi lewat berbagai cara ini:

  • Anda yang sehat makan makanan atau minum minuman yang telah disentuh oleh pasien tipes. Orang tersebut bisa menularkan tipes apabila ia tidak mencuci tangan sehabis dari toilet lalu mengolah makanan tersebut.
  • Anda menyentuh toilet atau permukaan benda lain yang telah terkontaminasi oleh feses orang pengidap tipes, kemudian Anda tidak cuci tangan. Ketika selanjutnya Anda menyentuh mulut atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut, Anda dapat kemasukan bakteri yang ada di tangan Anda.
  • Anda makan makanan atau minuman dari sumber yang telah terkontaminasi Salmonella typhii. Misalnya air mentah dari sungai yang terkontaminasi, daging mentah, atau kerang-kerangan yang terkontaminasi.

Apakah tipes menular lewat hubungan seksual?

Apakah tipes menular lewat hubungan intim? Ya, peluangnya mungkin ada. Anda bisa saja tertular tipes apabila berhubungan intim dengan penderita tipes.

Laporan Departemen Kesehatan di Ohio, Amerika Serikat, melaporkan 8 kasus penularan tipes pada pria gay yang terjadi lewat hubungan seks pada tahun 2000 lalu. Para dokter tidak menemukan bukti bahwa makanan atau minuman yang mereka konsumsi sebelumnya mengandung bakteri salmonella typhi. Pasien tersebut juga tidak habis pergi ke daerah yang rentan penularan tipes.

Setelah diteliti lebih lanjut, barulah dokter menemukan kesamaan faktor penyebab pada delapan orang tersebut. Mereka diketahui pernah berhubungan seks dengan satu pria yang sama. Pria tersebut diketahui menjadi carrier bakteri tipes. Maksudnya, ia hanya membawa bakteri itu dalam tubuhnya tapi tidak menunjukkan gejala sakit tipes. 

Apakah penelitian tersebut menemukan tipes menular dari ciuman? Tidak. Salmonella typhi tidak menular dari air liur. Penelitian ini justru menemukan pria yang membawa bakteri penyakit tipes menularkannya lewat jalur seks anal-oral.

Bakteri Salmonella typhii yang terdapat di dalam lubang anus si pembawa dapat berpindah ke mulut partner seksnya ketika lubang anusnya dirangsang dengan lidah (rimming).

Pada akhirnya, pria pembawa bakteri tersebut juga ikut diobati dengan antibiotik sampai sembuh walaupun tidak memiliki gejala tipes apa pun demi menghentikan penyebaran infeksinya. 

Apakah tipes menular di waktu-waktu tertentu saja?

Penyebaran penyakit tipes dapat terjadi kapan saja, namun paling sering di musim yang cuacanya panas. Cuaca panas adalah kondisi yang ideal untuk bakteri Salmonella typhii berkembang biak.

Apakah bisa mencegah penyakit tipes agar tidak menular?

Anda dapat mencegah penularan penyakit tipes dengan menjaga kebersihan diri serta makanan.

Berikut adalah beberapa hal dasar yang dapat Anda terapkan agar terhindar dari risiko infeksi bakteri Salmonella typhi:

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan pakai air bersih dan sabun
  • Cuci tangan sesudah dari toilet pakai air bersih dan sabun
  • Hindari mengonsumsi air minum yang sumbernya tidak jelas. Minum hanya air kemasan atau masak air yang mentah terlebih dahulu sebelum diminum.
  • Hindari mencuci buah dan sayuran mentah pakai air mentah. Gunakan air matang atau air kemasan untuk mencuci bahan makanan.
  • Saat bepergian pilih makanan yang disajikan matang sempurna.
  • Hindari bepergian ke daerah rawan atau tinggi kasus tipes,
  • Saat bepergian, konsumsi buah yang kulitnya Anda kupas sendiri.
  • Jika membeli minuman di pinggir jalan, disarankan tidak usah ditambahkan es batu.
  • Dinginkan atau bekukan makanan yang mudah basi, juga makanan siap saji.
  • Jangan lupa untuk memastikan makanan Anda matang sebelum disantap.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca