Selain Memperbaiki Postur Tubuh, Ini 6 Manfaat Duduk Tegak Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Ingin lebih percaya diri? Memiliki motivasi yang tinggi?  Atau melawan stres? Solusi efektifnya adalah duduk tegak.

Duduk tegak bisa melawan stres

Sebuah terobosan baru dari The University of Auckland yang menyatakan bahwa duduk dengan postur tegak mampu melawan stres. Para peneliti meminta peserta untuk menyelesaikan beberapa kuesioner yang mampu mempengaruhi suasana hati, harga diri, dan gairah mereka. Selama penelitian berlangsung, para peserta secara acak ditugaskan untuk duduk dengan dua postur yang berbeda. Satu kelompok diperintahkan untuk duduk dalam posisi tegak, sementara yang lain diperintahkan untuk duduk dalam posisi membungkuk.

Hasilnya, peserta yang berada dalam kelompok posisi tegak dilaporkan memiliki harga diri yang lebih baik serta merasa lebih antusias, bersemangat, dan tangguh. Sedangkan peserta yang berada dalam kelompok posisi bungkuk dilaporkan merasa lebih takut, sensitif, gelisah, pendiam, pasif, lamban, dan gampang ngantuk.

Para peneliti tersebut mengatakan jika di balik temuan mereka mungkin ada hubungan dengan “embodied cognition” yaitu kemampuan berpikir yang lahir dari aktivitas sensoris-motoris yang merupakan hasil interaksi manusia dengan lingkungannya. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan gairah fisiologis, seperti kenaikan tekanan darah yang memungkinkan aktif merespon melawan stres.

Sebaliknya peserta yang masuk dalam kelompok posisi bungkuk memiliki gairah yang rendah, yang menyebabkan para peserta rentan terhadap stres. Ini ditandai dengan tingkah laku pasif dan ketidakberdayaan respon.

Membuat Anda bernapas lebih baik

Kebanyakan orang saat berada di depan layar monitor berposisi condong ke depan atau membungkuk. Meski tidak disadari, hal ini menyebabkan sistem pernapasan Anda tidak berjalan dengan baik. Pasalnya, posisi tersebut akan menghalangi jalannya oksigen menuju sistem saraf dan organ yang berdampak pada kinerja mereka.

Jika Anda ingin wawancara kerja, cobalah cara ini. Duduk tegak lalu lakukan teknik pernapasan perut untuk membantu Anda mengendurkan otot-otot tenggorokan dan memberikan suara yang lebih berat. Penelitian menunjukkan jika orang yang memiliki karakter suara berat memiliki kesempatan lebih cepat menjadi pemimpin.

Memiliki lebih banyak energi dan rasa optimis

Dr. Erik Peper, seorang profesor kesehatan holistik dari San Francisco State University, telah melakukan penelitian tentang bagaimana postur tubuh dapat mempengaruhi suasana hati, memberikan lebih banyak energi, dan bahkan melawan depresi. Ia mengukur tingkat optimisme, energi, dan suasana hati pada siswa yang diminta untuk jalan membungkuk atau jalan melompat.

Diketahui jika mereka yang melompat memiliki energi yang tinggi dan sedikit depresi dibandingkan mereka yang membungkuk. Hal yang sama juga berlaku pada posisi duduk, seperti penelitian yang di lakukan oleh studi Universty of Auckland.

Menjadi lebih berkonsentrasi

Apakah Anda tahu jika otak manusia membutuhkan 100 miliar neuron agar bisa tetap bekerja? Hal ini yang menyebabkan otak butuh asupan oksigen sekitar 20% untuk tetap dalam kondisi prima. Semakin banyak pasokan oksigen yang kita dapatkan dengan cara duduk tegak, kita akan semakin berkonsentrasi dan memiliki fokus yang lebih baik.

Kepercayaan diri meningkat

Jika memasuki sebuah ruangan baru, postur tubuh Anda cerminan dari kepribadiaan Anda. Jika Anda berdiri tegak, Anda memancarkan rasa kepercayaan diri dan merasa lebih Pede. Ketika sedang duduk dalam sebuah pertemuan, posisi duduk juga memberikan sebuah pesan. Duduk tegak memberikan sinyal ketegasan yang dikenal dengan pose berkuasa. Tidak ada salahnya mengingat bahwa bahasa tubuh kita seperti berdiri atau duduk adalah gambaran diri kita sendiri terhadap orang lain tentang pikiran, sikap, dan emosi kita.

Menghindari sakit punggung

Dalam banyak kasus, sikap tubuh yang buruk ketika duduk adalah penyebab utama yang membuat sakit punggung, pinggang, pundak maupun leher. Jika setiap harinya Anda bekerja di depan layar komputer, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya layar komputer dibuat menyesuaikan mata. Memperhatikan posisi duduk itu sangat penting pasalnya agar menjaga lengkungan punggung supaya berada pada posisi yang benar. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . 5 mins read

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . 5 mins read

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 3 mins read

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 5 mins read
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read