7 Kunci Menjaga Hubungan Tetap Hangat Meski Pasangan Sibuk Bekerja

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Beberapa orang ada yang mencintai pekerjaannya. Nah, berpacaran dengan orang yang sangat sibuk membangun karirnya adalah hal yang menantang. Sayangnya, banyak orang yang berhenti di tengah jalan karena tidak dapat mampu membangun hubungan yang sehat akibat jarang berkomunikasi atau bertemu. Berikut tips-tips ampuh untuk menghadapi pacar yang sibuk dengan profesinya.

Tips menghadapi pacar yang super sibuk

1. Memahami alasannya

Sebelum emosi, sebaiknya Anda tanyakan dan cari tahu dulu apa alasannya terlalu fokus dengan pekerjaannya saat ini. Bicarakan baik-baik, bicara dari hati ke hati, tanyakan mengapa ia sering mengacuhkan Anda.

Mungkin saja, ia memiliki alasan kuat untuk memusatkan fokusnya sebentar pada pekerjaan yang belum Anda ketahui.  

2. Rancang jadwal kencan

Jika susah untuk menghabiskan waktu dengannya, maka lebih baik Anda jadwalkan kencan dari jauh-jauh hari, supaya ia bisa mengatur jadwal lainnya. Anda juga bisa meminta padanya untuk meluangkan satu hari, entah itu dalam rentang waktu dua minggu atau satu bulan. Buat kesepakatan bahwa hari itu khusus diluangkan hanya untuk Anda.

Beri ia pemahaman jika nanti saat bersama Anda, ia mesti mengesampingkan urusan kantor karena hari itu adalah quality time kalian berdua. Selain keadaan darurat, cara ini dapat membuat hubungan kalian lebih sehat meskipun dia sangat sibuk berkarir.

3. Utarakan perasaan 

Agar komunikasi terus terjaga dengan baik, usahakan untuk mengutarakan hal-hal yang mengganjal diantara kalian berdua. Contohnya, pekerjaan pasangan Anda terlalu banyak menyita waktu, bahkan untuk dirinya sendiri.

Oleh karena itu, hal yang seharusnya dilakukan adalah membicarakannya, agar dirinya tahu bagaimana perasaan Anda mengenai kecintaannya pada karirnya tersebut.

4. Sabar

Kunci dari kesuksesan adalah sabar dan hal ini juga berlaku untuk hubungan. Jika pasangan Anda bekerja di luar kota dan sulit untuk membuat jadwal berkencan, bicarakan dengan dia secara baik-baik.

Buatlah daftar prioritas ketika pasangan berada dekat dan tidak ada di samping Anda. Hal ini dapat membantu Anda menghadapi pacar yang sibuk tersebut.

5. Tanyakan apa yang dibutuhkan olehnya

Pasangan Anda sibuk dengan pekerjaannya. Salah satu cara terbaik menghadapi kesibukan tersebut adalah dengan bertanya. Tanyakan bagaimana Anda seharusnya bersikap atau apa yang sebenarnya dia butuhkan dari Anda. Cara ini mungkin dapat membangun hubungan yang sehat di sela-sela kesibukan pasangan Anda.

6. Terima apa adanya

Jika Anda tidak dapat mengubah pola pikir pasangan dan masih ingin hubungan ini berlanjut, terima dia apa adanya. Akan tetapi, menerima bukan berarti membiarkan dia memperlakukan Anda seperti ini, ini hanyalah sebuah kesepakatan dengan diri Anda sendiri kalau pekerjaan pasangan Anda sangat penting sehingga mampu menghadapi pasangan Anda yang sibuk. 

7. Ingatkan dia

Pada saat Anda sedang berusaha untuk melebur ke dalam kehidupan pasangan Anda yang sibuk, Anda harus mengingatkan dia untuk mengetahui bagaimana keseimbangan antara hidup dengan pekerjaan. Kemungkinan besar pasangan Anda tidak menyadari kalau menyediakan sedikit waktu untuk sekedar berbincang dengan Anda adalah hal yang penting.

8. Fokus dengan diri sendiri

Dunia Anda bukanlah hanya untuk pasangan Anda. Jika ia kurang bisa menyisihkan waktu untuk kalian berdua, cobalah untuk mengerti dan cari kesibukan agar tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Fokus terhadap pekerjaan, melanjutkan hobi, atau bertemu dengan teman-teman serta keluarga Anda. Hal ini memungkinkan untuk mengurangi rasa kekhawatiran saat pacar Anda sangat fokus dengan karirnya

Kesimpulannya, sebuah hubungan harus didasari dengan rasa kepercayaan dan keinginan dari kedua belah pihak untuk membuat ikatan ini berhasil dan tentunya, sehat. Jika hanya satu orang yang berusaha untuk mempertahankannya, akan sulit untuk menjaga keutuhan hubungan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan tips-tips untuk menghadapi pacar yang sibuk. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca