4 Tips Membuat Pasangan Anda Merasa Spesial

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/10/2019
Bagikan sekarang

Siapa pun senang diperlakukan secara spesial, termasuk pasangan Anda. Dengan menunjukkan bahwa ia spesial, jalinan cinta kasih yang Anda di antara berdua pun akan semakin kuat dan membuat hubungan lebih langgeng. Namun, bagaimana caranya membuat pasangan merasa spesial?

Perlukah membuat pasangan merasa spesial?

“Ya, dia itu sosok yang sangat spesial buat aku.” Anda mungkin pernah mendengar kata-kata seperti ini. Entah dari mulut teman atau film yang Anda tonton. Tambahan kata “spesial” ini menandakan banyak hal, seperti kekaguman atau rasa cinta.

Menurut Kids Health for Teen, salah satu ciri dari hubungan sehat adalah saling menghargai. Nah, menunjukkan pada pasangan bahwa ia sosok yang spesial merupakan bagian dari ciri tersebut.

Menghargainya berarti Anda memahami bagaimana perasaannya dan menghargai apa yang diinginkannya, dengan begitu pasangan tentu akan merasa dirinya istimewa.

Munculnya rasa istimewa di hati pasangan tentu akan memberi nilai plus pada hubungan yang Anda jalani. Bahkan, bisa menjadi jaminan hubungan asmara terus berjalan langgeng.

Tips membuat pasangan merasa spesial

Menunjukkan bahwa pasangan itu spesial tidak melulu dengan memberinya hadiah. Anda juga bisa menunjukkan beberapa hal yang mungkin luput dari perhatian Anda berikut ini.

1. Pakai jurus ‘The Five Love Languages’

quality time dengan pasangan
Sumber: Dr. Oz

The Five Love Languages adalah sebuah buku karangan Dr. Gary Chapman. Dalam buku ini disebutkan bahwa membuat pasangan merasa spesial bisa dilakukan dengan bahasa cinta masing-masing pasangan, meliputi:

  • Kata-kata atau pujian, yang membuat pasangan dicintai, seperti ‘terima kasih’, ‘aku sayang kamu’, ‘kamu terlihat cantik atau tampan hari ini’, dan ‘aku paham apa yang kamu rasakan’.
  • Quality time dengan pasangan. Menghabiskan waktu bersama tentu memberikan peluang bagi Anda dan pasangan untuk lebih mengenal satu sama lain.
  • Menciptakan kontak fisik dengan pasangan. Adanya kontak fisik tentu bisa membuat hubungan jadi lebih intim, misalnya bergandeng tangan, pelukan, atau mengusap atau memainkan rambut pasangan.
  • Memberi hadiah pada pasangan untuk menunjukkan perasaan cintanya pada pasangan.
  • Beri pelayanan untuk membuat pasangan senang, contohnya membuatkan sarapan pagi, menggantikannya membersihkan rumah, dan aktivitas lainnya.

Cobalah kenali apa yang menjadi bahasa cinta pasangan Anda. Kemudian, perlakukan ia sesuai dengan bahasa cinta yang ia miliki, agar membuat pasangan Anda merasa diperlakukan spesial.

2. Belajar mengendalikan diri

topik ngobrol seks dengan pasangan

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat pasangan merasa spesial adalah belajar mengendalikan diri.

Sebuah studi pada jurnal Personal Relationships menunjukkan bahwa pasangan yang tidak merasa puas dengan hubungannya, cenderung lebih sulit mengendalikan diri.

Artinya, Anda harus bisa mengatasi emosi yang muncul ketika menghadapi pasangan dan jangan menjadikan pasangan sebagai pelampiasan ketika suasana hati Anda sedang buruk.

Bila Anda mampu mengendalikan diri, tentu setiap masalah yang terjadi akan Anda hadapi dengan tenang. Ini membuat pikiran jauh lebih jernih dan meminimalisir terjadinya pertengkaran yang membuat pasangan Anda sedih.

Tidak mencampuradukkan masalah di luar hubungan Anda, dan melampiaskannya kepada pasangan akan membuat pasangan Anda juga merasa dihargai dan merasa istimewa.

3. Jadilah suporter

quality time dengan pasangan

Tidak hanya memberinya hadiah, Anda bisa membuat pasangan merasa lebih spesial dengan menjadi orang yang selalu berada di sampingnya. Bukan hanya saat ia senang maupun susah, tapi juga saat ia berjuang untuk mencapai sesuatu.

Adanya kehadiran Anda sebagai suporter, tentu bisa jadi penyemangat sekaligus tempatnya untuk bersandar. Studi yang dipublikasikan pada American Psychological Association, menunjukkan bahwa orang-orang yang menerima dukungan dari pasangan melaporkan lebih puas dalam menjalin hubungan.

4. Jalin komunikasi

tips pasangan ldr

Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya lewat pesan teks atau chatting. Meskipun kelihatannya sepele, mengirim pesan, seperti menanyakan kabar atau kesehariannya membuat pasangan Anda merasa diperhatikan.

Perhatian inilah yang membuat pasangan Anda tentu membangun kesan bahwa Anda mengganggap dirinya sebagai sosok yang spesial.

Sumber foto: Unsplash.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangannya?

Agar lebih disayang pacar ada banyak cara yang kerap dilakukan, salah satunya rela berubah demi pasangan. Padahal, cara ini tidak disarankan lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Menjalani Hubungan Beda Agama, Bukan Berarti Tidak Mungkin, Lho!

Menjalani hubungan beda agama memang akan banyak tantangannya. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin, lho! Tapi, bagaimana ya caranya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Inilah 4 Tanda Bahwa Anda Menjalin Pertemanan yang Buruk

Tidak semua hubungan pertemanan itu memberi kebaikan. Ada juga yang berdampak buruk. Simak tanda-tanda hubungan pertemanan yang buruk berikut ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

4 Tanda Penting yang Menunjukkan Pasangan Anda Bisa Dipercaya

Menaruh kepercayaan pada pasangan jadi hal krusial dalam sebuah hubungan. Untuk tahu apakah pasangan bisa dipercaya atau tidak, kenali lewat tanda berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan berjalan terlalu cepat

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
Mengatasi patah hati

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengatasi Patah Hati?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
cinta memudar

Apakah Cinta Bisa Memudar Seiring Berjalannya Waktu?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
cara mengatasi suami sibuk kerja

4 Hal yang Mesti Dilakukan Agar Hubungan Tetap Mesra Meski Pasangan Sibuk Bekerja

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 22/12/2019