7 Aktivitas Romantis Bersama Pasangan yang Menyehatkan Tubuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Meski sudah menikah, pasangan suami istri tetap perlu meluangkan waktu khusus untuk kencan romantis berdua. Sayangnya, Anda mungkin sudah bosan kencan yang itu-itu saja. Misalnya nonton film, makan bersama, dan jalan-jalan. Nah, tahukah Anda ada banyak hal romantis yang bisa Anda lakukan berdua yang ternyata juga menyehatkan tubuh serta pikiran?

Ya, ajak pasangan Anda kencan yang bermanfaat atau kencan sehat untuk mendapatkan suasana baru dan bisa menyehatkan tubuh. Kencan sehat dan sederhana, yang penting sama-sama senang dan nyaman, itulah kuncinya. Yuk, intip beberapa hal romantis sekaligus menyehatkan yang bisa Anda coba bersama sebagai pasangan suami istri berikut ini.

Beragam hal romantis dan menyehatkan yang bisa dilakukan berdua

1. Belanja ke pasar

Alih-alih menghabiskan uang yang banyak pada makan malam mahal, ajaklah suami atau istri Anda belanja ke pasar. Anda bisa membeli kue-kue kecil dan belanja sayuran segar atau bahan-bahan masakan untuk masak bersama di rumah.

Berjalan kaki di sekitar pasar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Tak lupa, mengonsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lalu di mana letak romantisnya? Nah, ketika Anda berdua berbelanja dan memilih-milih bahan pangan, di situlah Anda jadi mengenal seperti apa selera dan kesukaan pasangan Anda lebih dalam lagi.

2. Menari bersama

Anda bisa memilih jenis tarian dengan irama yang cepat seperti salsa. Pasalnya, tarian tersebut menggerakkan hampir semua bagian tubuh. Menari dengan pasangan tentu akan menciptakan suasana romantis.

Menari selama satu jam bisa membakar hingga 500 kalori serta meningkatkan kekuatan otot Anda. Selain itu, menari juga bisa merangsang otak untuk menghasilkan lebih banyak dopamin, yaitu senyawa kimia yang memberikan rasa nyaman.

3. Menikmati alam bebas

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mengajak pasangan Anda kencan sehat. Liburan sambil menikmati alam bebas menjadi salah satu hal romantis sekaligus menyehatkan yang tak akan Anda sesali.

Ajak pasangan Anda ke tempat yang udaranya sejuk dan masih segar. Hal ini dapat membuat pikiran tenang dan baik untuk sirkulasi pernapasan Anda. Anda juga bisa mendaki gunung bersama-sama. Petulangan baru ini tentu akan jadi hal romantis yang membekas dalam ingatan Anda berdua.

4. Olahraga

Olahraga yang dilakukan dengan pasangan akan lebih terasa menyenangkan, sehingga membuat Anda lebih bersemangat berolahraga. Ada banyak pilihan olahrga yang bisa Anda lakukan dengan pasangan, antara lain:

  • Jalan kaki, jogging, atau bersepeda bersama pasangan di sekitar rumah, saat car free day, atau di gelanggang olahraga. Hal romantis ini sangat mudah dilakukan dan tentunya tidak butuh banyak biaya.
  • Yoga. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa Anda lakukan bersama pasangan. Yoga dapat meningkatkan cara kerja otot dan tentunya akan meningkatkan stamina Anda dan pasangan.
  • Latihan fitness di gym. Anda dan pasangan Anda juga bisa latihan di gym bersama-sama, saling bantu mengangkat beban, serta menghitung jumlah plank dan push-up. Dengan begitu, latihan yang tadinya terasa berat pun menjadi hal romantis yang bisa Anda nikmati.
  • Bulu tangkis, tenis, dan tenis meja bisa jadi pilihan olahraga yang seru dilakukan dua orang.

5. Pijat untuk meregangkan tubuh

Meskipun menyenangkan berbagi petualangan bersama, waktu yang dihabiskan untuk bersantai juga perlu dilakukan. Anda bisa mengajak pasangan Anda untuk merengangkan dan relaksasi tubuh dengan saling memijat. Supaya lebih maksimal, Anda juga bisa memilih paket pijat khusus pasangan yang biasanya ditawarkan di spa atau tempat pijat tertentu.

6. Bermain

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain bersama dapat menurunkan risiko penurunan fungsi kognitif otak. Anda bisa mencoba bermain ular tangga, monopoli, ludo, video games, dan lain-lain. Selain mengasah otak, bermain bersama pasangan juga bisa mendekatkan Anda berdua.

7. Menghabiskan waktu di rumah

Memang banyak hal romantis yang bisa Anda lakukan di luar rumah, tapi tidak ada salahnya menghabiskan waktu di rumah berdua dengan pasangan Anda.

Anda bisa masak bersama, berkebun, atau melakukan hubungan intim – yang juga bermanfaat untuk kesehatan Anda dan pasangan. Berhubungan intim dengan pasangan bisa memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, serta mengatur kadar hormon Anda.

Memang ada banyak pilihan hal romantis sekaligus menyehatkan yang bisa Anda lakukan bersama pasangan. Jadi, Anda mau coba yang mana dulu, nih?

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca