Hilangkan Rasa Cemburu yang Menimbulkan Pertengakaran dengan 4 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Api cemburu merupakan salah satu penyebab cikal bakal konflik dalam sebuah hubungan. Tidak jarang konflik tersebut malah bisa mengakhiri kisah asmara Anda. Anda tentu tidak ingin bukan kejadian itu menimpa Anda? Untuk itu, Anda harus bijak mengelola perasaan yang satu ini. Berikut adalah beberapa tips menghilangkan rasa cemburu.

Cara menghilangkan rasa cemburu

Ketika cemburu melanda, Anda mungkin merasa takut pasangan akan menemukan orang yang lebih menarik daripada Anda. Perasaan itu kemudian membuat Anda merasa terancam, sehingga Anda jadi lebih menuntut pasangan.

Anda merasa bahwa sikap itu wajar karena yang Anda lakukan semata-mata demi mempertahankan hak-hak Anda. Tak jarang, hal ini tentu akan membawa dampak negatif pada hubungan Anda dan berakhir dengan buruk.

Supaya tak terpengaruh dampak negatif, beberapa cara menghilangkan rasa cemburu berikut ini mungkin bisa Anda coba agar terhindar dari dampak buruknya. 

1. Mengakui adanya rasa cemburu

diabetes pada remaja

Terkadang, beberapa orang tidak menyadari mereka sedang cemburu atau bahkan enggan mengakuinya. Padahal, yang mereka tunjukkan jelas-jelas memperlihatkan kecemburuan tersebut. 

Nah, ini merupakan cara pertama menghilangkan rasa cemburu, Anda harus mengakui dan menerima adanya perasaan itu.

Akuilah bahwa Anda merasa cemburu pasangan berada di dekat rekan kerja yang terlihat lebih menarik daripada Anda.

Setelah itu, luangkan sejenak untuk memikirkan ulang apa yang Anda rasakan. Tak jarang, rasa cemburu bisa mengesampingkan fakta yang sebenarnya terjadi.

Misalkan, Anda mungkin berpikir bahwa pasangan Anda tertarik dengan rekan kerjanya, karena menurut Anda sang rekan kerja terlihat lebih menarik dibandingkan Anda. Padahal, mereka sebenarnya benar-benar hanya sebatas rekan kerja saja. 

Memikirkan ulang perasaan cemburu yang Anda alami bisa membuka mata Anda terhadap kenyataan. Merenungkannya kembali juga bisa membuat Anda lebih memahami sikap pasangan Anda. Dengan begitu, api cemburu yang ada bisa dipadamkan. 

2. Jaga emosi dan tetap tenang

pikiran negatif

Jika Anda sudah berhasil menerima dan mengakui adanya perasaan cemburu, cobalah untuk tetap tenang. Jangan sampai Anda emosi dan menyulut pertengkaran dengan pasangan. 

Mungkin akan ada perasaan marah dan cemas yang tinggi ketika Anda merasakannya. Namun, jangan langsung melampiaskannya.

Sekalipun Anda tak dapat menghilangkan perasaan marah itu sepenuhnya, cobalah untuk tetap tenang, menghirup napas dalam-dalam, dan memikirkan kembali yang Anda rasakan.

Menjauh sebentar dari pasangan mungkin juga dapat membantu Anda mengelola emosi ketika rasa cemburu muncul. 

3. Melihat kembali prinsip hubungan Anda

cara berhenti memikirkan mantan

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemburu terhadap pasangan adalah mengingat kembali prinsip yang Anda berdua pegang dalam sebuah hubungan.

Misalkan, Anda berdua sepakat bahwa hubungan yang Anda berdua jalani akan didasarkan pada kejujuran. Perhatikanlah apa yang diucapkan pasangan Anda. Ingat lagi perbuatannya.

Apakah ucapannya memang merefleksikan perbuatannya atau tidak. Kejujuran jelas akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan Anda berdua dengan pasangan.

Oleh karena itu, ketika Anda merasa cemburu, cobalah untuk melihat kilas balik hubungan Anda, apakah benar-benar didasari oleh kepercayaan atau hanya rasa nyaman yang dibalut dengan kebohongan? Setidaknya, hal ini dapat membantu Anda untuk memilih bagaimana reaksi cemburu yang sehat.

4. Berkomunikasi dengan pasangan

baju merah kencan pasangan cinta

Ciri hubungan yang sehat adalah mempunyai komunikasi yang cukup terbuka satu sama lain. Cobalah untuk memberi tahu pasangan bahwa Anda merasa cemburu. 

Bicarakanlah masalah ini dengan kepala dingin, jangan dengan emosi, agar apa yang ingin Anda sampaikan bisa diterima dengan baik. Jika mereka dapat menerimanya, beri tahu mereka bagaimana Anda ingin diperlakukan. 

Misalnya, ketika mereka sudah sampai di rumah teman, usahakan untuk mengabari Anda minimal sekali agar Anda tidak merasa cemas.  

Sebenarnya, salah satu kunci agar cara-cara menghilangkan rasa cemburu ini berhasil adalah berpikir dengan tenang. Cemburu memang sulit untuk dicegah, tapi Anda masih bisa mengelolanya dengan baik.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca