Pasangan Anda Introvert? Ini 4 Cara Menghadapinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/10/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi orang extrovert yang memiliki pasangan dengan kepribadian introvert, terkadang mungkin mereka cepat kesal karena orang dengan sifat seperti ini terasa tidak terbuka satu sama lain. Hal tersebut tidak jarang menimbulkan pertengkaran. Supaya terhindar dari hal-hal semacam ini, ada beberapa cara menghadapi pasangan introvert yang mungkin dapat membantu Anda. 

Cara menghadapi pasangan introvert

Orang yang punya kepribadian introvert normalnya mendapatkan ketenangan dan semangat dengan cara menghabiskan waktu sendirian, seperti membaca. Pada saat menjalani sebuah hubungan dengan extrovert, biasanya hal ini terjadi karena mereka tertarik dengan sifat sosial yang tidak dimiliki para introvert

Hubungan yang bertolak belakang ini bisa dibilang seimbang, tetapi ada kalanya ketika Anda yang berperan sebagai ekstrover merasa sulit mendekati pasangan Anda sendiri.

Salah satu kunci untuk mengahadapi pasangan yang introvert adalah dengan tetap sabar dan jangan lupa untuk bertanya. Selain itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan: 

1. Tetap sabar

topik ngobrol seks dengan pasangan

Cara utama dalam menghadapi pasangan yang introvert adalah bersabar. Orang introver membutuhkan waktu sendiri lebih banyak, sehingga mungkin Anda merasa ditinggalkan.

Meski begitu, jangan khawatir karena keinginannya untuk sendiri tidaklah berhubungan dengan sifat Anda. Pasangan Anda hanya perlu mengisi ulang kembali tenaga mereka dengan menghabiskan waktu sendirian. Jika sudah selesai, mereka akan kembali bersama Anda 100 persen.

Oleh karena itu, cobalah untuk tetap sabar dan tetap memberinya ruang tanpa harus merasa bersalah atau mengeluh atas sikap mereka. Pada akhirnya, Anda berdua akan mendapatkan kualitas hubungan yang baik dengan mencoba saling mengerti. 

2. Membicarakan perbedaan Anda berdua

baju merah kencan pasangan cinta

Setelah berhasil mengelola kesabaran Anda, mungkin sudah saatnya untuk membicarakan perbedaan yang dimiliki oleh Anda dan pasangan. 

Ingat, setiap pasangan pasti akan mengalami beberapa pertengkaran yang mungkin dapat memengaruhi hubungan. Akan tetapi, ada cara yang adil untuk menghadapi pasangan yang introvert agar hubungan ini tetap sehat

Membicarakan perbedaan yang Anda berdua miliki bisa jadi salah satu cara untuk menemukan jalan keluar ketika sifatnya mulai menjadi masalah. Sekali lagi, cobalah untuk memahami perbedaan yang ada di antara Anda.

Ingat pula, bahwa hubungan yang sehat dan kuat biasanya dibangun atas komunikasi yang baik pula. 

3. Menanyakan apa yang mereka butuhkan

punya gangguan jiwa

Terkadang, orang introver butuh ditanya agar Anda tahu apa yang sedang mereka butuhkan dan pikirkan. Salah satu contoh yang paling mudah dilihat mungkin ketika Anda mengajak ke tempat yang amat ramai. Pasangan Anda mungkin akan lebih memilih untuk diam dan menunjukkan ketidaknyamanan tersebut. 

Cobalah bertanya apa yang mereka sukai atau inginkan dan apa yang tidak. Ini bisa jadi cara yang ampuh untuk menghadapi sifat introvert pasangan Anda. Tanyakan kepadanya jenis sosialisasi bagaimana yang membuatnya nyaman. Setidaknya, Anda berdua mencoba mencari jalan tengah.

Hal ini bertujuan agar hubungan Anda bisa tetap saling membuat nyaman satu sama lain. Ke depannya, mungkin akan ada satu acara pesta yang harus dihadiri oleh Anda, dan Anda ingin mengajak pasangan.

Mengetahui keinginan pasangan Anda akan membuat rencana tersebut jadi lebih mudah. Anda bisa memutuskan untuk mengajaknya atau pergi bersama teman tanpa harus bertengkar di kemudian hari. 

4. Menciptakan suasana kencan yang lebih santai

hal romantis

Restoran atau bioskop mungkin bukan pilihan yang tepat untuk sering-sering dikunjungi bersama pasangan yang introver. Hal tersebut dikarenakan keramaian tidak bersahabat dengan pasangan Anda, sehingga akan sulit membuat mereka merasa nyaman dan terbuka dengan Anda. 

Oleh karena itu, cara menghadapi pasangan introvert dapat dilakukan dengan menawarkan ide kencan yang lebih santai, seperti:

  • Memasak makan malam bersama 
  • Berkunjung ke akuarium atau perpustakaan
  • Menonton video klip musik di rumah sebagai pengganti konser 

Sebenarnya, cara menghadapi pasangan yang introvert dapat berhasil apabila Anda berdua sama-sama mengerti dengan sifat masing-masing. Oleh karena itu, biasakan untuk terbuka dan menjalin komunikasi dengan baik agar Anda berdua mempunyai hubungan yang berkualitas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Cara Menghadapi Pasangan yang Cuek

Pasangan yang tidak perhatian alias cuek memang membuat batin sengsara. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, kenali cara menghadapi pasangan yang cuek.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Berkompromi dengan Pasangan yang Beda Prinsip

Beda prinsip dengan pasangan bukan berarti hubungan harus diakhiri. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah saling berkompromi dan saling memahami.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Seks & Asmara 07/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Meski Menemui Banyak Rintangan, Ternyata Menjalin Hubungan LDR Ada Manfaatnya

Bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR mungkin sering dipandang sebelah mata. Kenyataannya, LDR memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/11/2019 . Waktu baca 3 menit

Memperingati Hari Jadi Ternyata Penting untuk Keharmonisan Hubungan Anda, Lho!

Anniversary atau hari jadi adalah salah satu cara Anda dan pasangan untuk merayakan kebahagiaan Anda sebagai pasangan. Mengapa begitu penting?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 18/11/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan borderline personality disorder

Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 7 menit

Hubungan Harmonis Pengaruhi Tingkat Stres Pasien Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . Waktu baca 5 menit
hubungan berjalan terlalu cepat

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 5 menit
cara mengatasi pasangan pemabuk

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 11/02/2020 . Waktu baca 5 menit