Introvert Bukan Berarti Pemalu, Pahami Perbedaan Utamanya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/08/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sama-sama cenderung sering menghindari keramaian, kerap membuat introvert dan pemalu sulit dibedakan. Meski sekilas memang terlihat mirip, sebenarnya introvert dan pemalu merupakan dua hal yang tidak bisa disamakan begitu saja. Agar tau perbedaan antara introvert dan pemalu, cari tau selengkapnya melalui ulasan di bawah ini, ya!

Kenapa introvert dan pemalu sering dianggap sama?

kesehatan orang introvert

Sebelum mencari tahu perbedaan dari introvert dan pemalu, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa keduanya kerap disama artikan. Louis A. Schmidt dan Arnold H. Buss, penulis buku berjudul “The Development of Shyness and Social Withdrawal”, sebagaimana dilansir dari Psychology Today, menjelaskan mengenai hal ini.

Menurut mereka, perbedaan antara introvert dan pemalu sering susah ditemukan karena keduanya sama-sama berhubungan dengan sosialisasi. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, intorvert cenderung lebih banyak menghabiskan waktu sendiri ketimbang berkumpul bersama banyak orang.

Kadang kala, kebiasaan tersebut sering sulit dibedakan dengan orang yang pemalu. Ini karena jika diperhatikan, biasanya orang yang pemalu juga menghindari kontak langsung dengan sekumpulan orang dalam jumlah banyak.

Selain itu, orang yang introvert dan pemalu juga biasanya hadir dalam sosok yang tenang, bahkan kadang tidak terlalu banyak bicara. Secara garis besarnya, perbedaan antara introvert dan pemalu kerap sulit ditemukan karena keduanya cenderung merasa kurang nyaman ketika harus bersosialisasi dengan orang lain.

Apa perbedaan antara introvert dan pemalu?

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda akan sulit menemukan perbedaan antara introvert dan pemalu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, pada dasarnya keduanya merupakan hal yang sangat bertolak belakang.

Nah, begini cara membedakan orang yang introvert dan pemalu:

Beda definisinya

Perbedaan mudah dari introvert dan pemalu yakni ada pada definisi keduanya. Louis A. Schmidt dari University of Texas, menuturkan bahwa secara konsep, introvert dan pemalu adalah dua hal yang tidak berhubungan.

Begini, bisa dibilang bahwa introvert adalah sebuah kepribadian yang menggambarkan karakteristik seseorang. Sedangkan pemalu adalah sebuah sifat yang memang menjadi ciri khas dan dimiliki oleh seseorang.

Beda tindakan yang dilakukan

Dari tingkah lakunya, Anda juga bisa menemukan perbedaan sikap antara introvert dan pemalu. Apabila ditelisik lebih dalam, orang yang intovert cenderung lebih menyukai suasana yang sepi dan tenang.

Ketika berada di tengah-tengah keramaian, entah itu sendiri atau bersama orang terdekat, seseorang yang punya sifat introvert biasanya merasa kurang nyaman. Seolah-olah tempat ramai dan penuh kerumunan orang tersebut bukanlah dunianya.

Sementara orang yang pemalu, mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman berada di tengah keramaian. Akan tetapi, biasanya mereka merasa cukup baik-baik saja dan tidak masalah selama tidak menjadi pusat perhatian.

Sekilas memang tampak sama. Namun, introvert yang menghindari lingkup sosialisasi, jelas berbeda dengan rasa malu ketika berada di hadapan banyak orang.

Bukan hanya itu. Orang yang pemalu juga cenderung lebih banyak diam dan jarang memulai suatu pembicaraan terlebih dahulu, tapi tetap mau bergabung di acara sosial.

Hal ini berbeda dengan introvert yang mungkin tetap akan ikut acara atau kegiatan sosial, tapi biasanya merasa agak kurang nyaman di sana. Intinya, orang yang pemalu umumnya merasa malu dan khawatir dengan penilaian negatif karena sikapnya yang salah atau keliru.

Berbeda dengan introvert, yang cenderung menyukai suasana yang tenang, nyaman, dan jauh dari keramaian.

Perhatikan, tidak semua orang yang introvert itu pemalu

manusia bersosialisasi

Jadi, setelah memahami penjelas antara introvert dan pemalu sebelumnya, Anda tentu sudah memahami perbedaan kedua hal ini. Kesimpulannya, sebenarnya tidak semua orang yang memiliki kepribadian introvert itu juga pemalu.

Begitu pula sebaliknya. Bahkan, seseorang yang termasuk ekstrovert sekali pun bisa saja punya sifat pemalu di dalam dirinya. Semua hal tersebut pada dasarnya kembali ke diri, kepribadian, dan sifat Anda masing-masing.

Sumber foto: The Chronicle of Higher Education

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Kepribadian Introvert Lebih Dalam

Pasti Anda sering mendengar orang berbicara tentang kepribadian introvert. Apa itu introvert/? Mari cari tahu tentang kepribadian tersebut di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi 03/05/2018 . Waktu baca 12 menit

4 Kondisi Kesehatan yang Sering Dialami Orang Introvert

Orang introvert memang terkenal pendiam dan tidak suka keramaian. Namun, ada beberapa masalah kesehatan juga yang menyertai orang introvert. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 18/11/2017 . Waktu baca 4 menit

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya Pada Kesehatan

Jika Anda seorang ekstrovert, berbahagialah karena ternyata Anda punya daya tahan tubuh lebih kuat. Bagaimana dengan kepribadian introvert?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Psikologi, Fakta Unik 05/07/2017 . Waktu baca 4 menit

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Cari tahu apa itu introvert, apa tanda-tandanya jika si kecil memiliki kepribadian introvert, dan apa yang perlu Anda lakukan sebagai orangtua.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Parenting, Tips Parenting 20/07/2016 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghadapi pasangan introvert

Pasangan Anda Introvert? Ini 4 Cara Menghadapinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/10/2019 . Waktu baca 4 menit
kepribadian ambivert

Apakah Anda Termasuk Orang Ambivert? Kenali 3 Cirinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/01/2019 . Waktu baca 3 menit
gangguan kecemasan sosial (fobia sosial)

Antara Orang Pemalu dan yang Punya Fobia Sosial, Apa Perbedaannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 29/12/2018 . Waktu baca 3 menit
penyebab susah tidur orang introvert

Kenapa Orang yang Introvert Lebih Susah Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/10/2018 . Waktu baca 4 menit