6 Tips Memulai Percakapan untuk Orang Pemalu dan Pendiam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/01/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Memulai percakapan untuk orang pemalu atau orang pendiam, bukanlah hal yang mudah. Memulai percakapan terasa seperti hendak menghadapi ujian atau melamar pasangan di depan orangtuanya. Alias, susah sekali! Bahkan sebelum memulainya, mungkin Anda sudah berkeringat dingin karena terlalu gugup. Lalu, bagaimana sih tips yang bisa dilakukan untuk memulai percakapan untuk orang pemalu dan pendiam?

6 tips memulai percakapan untuk orang pemalu dan pendiam

Memulai percakapan mungkin bukan perkara mudah bagi orang yang pemalu dan pendiam. Meski demikian, bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Yuk, simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai percakapan orang pemalu dan pendiam.

1. Ikuti banyak kegiatan

Jika Anda ingin terbiasa memulai percakapan dengan orang lain, Anda harus melatih kemampuan Anda tersebut terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Ikuti banyak kegiatan yang membuat Anda bertemu dengan banyak orang.

Sebagai orang yang pemalu atau pendiam, Anda harus kuat melawan rasa takut untuk memulai percakapan dengan orang lain. Justru semakin banyak kegiatan yang Anda lakukan, akan semakin mudah bagi Anda melatih diri untuk membuka obrolan.

Jangan menghindari undangan atau ajakan berkegiatan atau sekadar berkumpul dengan teman-teman, jika Anda memang benar-benar ingin mengatasi rasa malu dan sifat pendiam ini. Semakin banyak orang yang Anda temui, semakin mudah pula bagi Anda untuk mengajak orang lain berbicara lebih dulu.

2. Tingkatkan rasa percaya diri

Sebagai cara memulai percakapan orang pemalu atau pendiam, maka Anda harus lebih percaya diri. Meningkatkan rasa percaya diri bisa dibentuk melalui latihan. Awalnya mungkin sedikit susah dan Anda harus berusaha lebih keras. Lambat laun, Anda akan terbiasa dengan kepercayaan diri yang Anda latih dan pupuk.

Maka dari itu, jangan pernah menghindari interaksi dengan orang lain. Gunakan kesempatan tersebut untuk melatih rasa percaya diri untuk memulai sebuah percakapan. Anda juga bisa melatih rasa percaya diri dengan melakukan latihan otak agar lebih percaya diri.

3. Tingkatkan rasa ingin tahu terhadap orang lain

Rasa ingin tahu terhadap orang lain adalah cara yang baik untuk memulai percakapan, termasuk memulai percakapan orang pemalu atau pendiam. Gunakan perasaan tersebut untuk mendorong Anda memulai percakapan dengan orang lain. Pasalnya, jika Anda tidak penasaran terhadap orang lain, Anda mungkin tidak tergerak untuk membuka obrolan. Jangan terlalu fokus terhadap diri Anda sendiri.

Saat bertemu dengan orang lain, timbulkan rasa ingin tahu terhadap orang tersebut. Anda boleh membuka pertanyaan seputar kesukaan atau hobinya. Dari situ, Anda mungkin bisa memulai percakapan mengenai hal lain yang sama-sama menarik untuk Anda dan lawan bicara. Ditambah lagi, semua orang memiliki ceritanya sendiri, dan semua orang suka bercerita. Meski demikian, tetap sadari batasan, ya.

Cara terbaik untuk menjadi orang paling menarik adalah tertarik mendengar cerita orang lain dan tidak fokus terhadap diri sendiri. Cobalah untuk mencari tahu cerita tiap-tiap orang dengan memulai percakapan tentang orang tersebut.

4. Ciptakan peran untuk diri sendiri

Umumnya, orang yang pemalu dan pendiam tidak berani memulai percakapan karena merasa tidak memiliki kepentingan atau peran dalam suatu kondisi sosial. Sebagai salah satu cara memulai percakapan orang pemalu atau pendiam adalah merasakan permasalahan yang sama, beri diri Anda sendiri sebuah peran dalam konteks sosial tersebut.

Dengan peran tersebut, Anda mungkin akan merasa memiliki kepentingan, dan Anda jadi tahu apa yang harus Anda lakukan. Jika Anda sedang bersama orang lain, maka beri Anda tugas membuat orang tersebut merasa nyaman dengan cara memulai percakapan terlebih dahulu.

Anda juga bisa memberi diri Anda tugas tertentu yang sesuai dengan kondisi dan situasi jika Anda sedang dalam kondisi sosial di mana sebenarnya Anda tidak memiliki peran tertentu. Hal ini melancarkan upaya Anda untuk memulai sebuah percakapan, jika Anda memiliki sifat pemalu dan juga pendiam.

5. Lebih aktif berbicara

Sebagai orang yang pemalu dan pendiam, Anda mungkin lebih sedikit berbicara dibanding dengan teman-teman Anda, apalagi jika harus memulai percakapan terlebih dahulu. Maka dari itu, salah satu cara untuk lebih mudah memulai percakapan orang pemalu atau pendiam adalah lebih aktif berbicara di dalam berbagai situasi.

Cobalah untuk menceritakan suatu kejadian di depan teman-teman saat sedang asyik nongkrong di sebuah kafe. Anda juga bisa mencoba menceritakan sebuah lelucon kepada saudara Anda, misalnya. Lalu, usahakan untuk lebih terbuka dengan kesempatan berbicara, baik dengan orang yang sudah Anda kenal, maupun dengan orang asing yang Anda temui di jalan atau di tempat umum.

Tidak perlu cemas reaksi orang lain dengan ucapan Anda. Hal yang terpenting adalah Anda bisa lebih bisa menyuarakan pendapat Anda kepada orang lain. Hal ini membuat Anda semakin percaya diri berbicara dengan orang lain. Akhirnya, Anda berhasil mengatasi sifat pemalu dan pendiam dan lebih berani memulai percakapan terlebih dahulu.

6. Kurangi menilai buruk diri Anda sendiri

Tidak jarang, orang yang memiliki sifat pemalu atau pendiam sebenarnya sering mengkritik dirinya sendiri dalam hati. Bahkan, terkadang kritikan tersebut menggunakan kata-kata yang tidak mungkin disampaikan kepada orang lain. Jika Anda melakukan hal serupa, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Kebiasaan memberi penilaian buruk terhadap diri sendiri, lambat laun membuat Anda merasa orang lain akan menilai Anda sama seperti Anda menilai diri sendiri. Padahal, itu belum tentu terjadi. Justru penilaian Anda terhadap diri Anda sendiri dapat merusak mental Anda, mengurangi harga diri Anda dan membuat diri sendiri tidak tenang.

Perilaku ini pun akan menghalangi Anda untuk berani memulai percakapan dengan orang lain. Justru, kebiasaan ini membuat Anda semakin pemalu dan pendiam di hadapan orang lain. Maka itu, kurangi menilai buruk diri sendiri dan tingkatkan rasa percaya diri Anda. Dengan begitu, Anda mungkin bisa lebih berani memulai percakapan dengan banyak orang.

Memulai percakapan orang pemalu atau pendiam, mungkin tidak mudah. Anda harus yakin dapat melakukannya. Kemudian, lakukan cara-cara di atas untuk memulai percakapan, sehingga kemudian Anda dapat benar-benar menikmati percakapan yang Anda lakukan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber