Bagaimana Punya Harapan Membuat Lebih Sehat dan Bahagia?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Seringnya, orang-orang enggan untuk berharap karena takut harapan tersebut tak akan terwujud. Harapan juga kerap dikaitkan dengan sebuah ekspektasi yang dimiliki untuk orang lain. Padahal ketika Anda memiliki harapan, bukan berarti Anda hanya diam dan menunggu sampai impian menjadi nyata.

Pentingnya memiliki harapan

manfaat harapan
Sumber: Hope Grows

Hope is a waking dream”, sepenggal perkataan dari Aristoteles yang belum disadari oleh banyak orang.

Harapan sering disalah artikan sebagai sebuah angan-angan belaka yang tak berdasar. Padahal, harapan adalah impian yang bisa saja diwujudkan di dunia nyata. Harapan juga keyakinan bahwa segala keadaan akan berubah menjadi lebih baik, tak peduli seberapa besar atau kecil.

Menurut Charles R. Snyder, seorang psikolog di Universitas Kansas, terdapat tiga komponen utama yang saling berhubungan dari sebuah harapan. Ketiga komponen tersebut adalah goals, agency, dan pathways.

Agency adalah kemampuan seseorang dalam membentuk hidupnya, keyakinan bahwa seseorang dapat mewujudkan sesuatu dan termotivasi untuk mencapai goals atau hasil yang diinginkan. Sedangkan pathways adalah rencana yang menentukan bagaimana seseorang akan mencapai tujuannya.

Dengan kata lain, ketika seseorang memiliki harapan, mereka juga seharusnya sudah memiliki cara dan sebuah usaha untuk membuatnya jadi kenyataan. Tidak cuma mimpi yang hanya menghampiri sesekali, seseorang juga harus menghadapi dunia nyata saat ia berharap.

Harapan dan kebahagiaan dalam hidup

manfaat memiliki harapan

Memiliki harapan sudah terbukti dapat memberikan manfaat berupa perubahan yang lebih baik pada hidup seseorang. Seorang profesor sekaligus psikolog Universitas Leicester melakukan studi pada mahasiswanya selama lebih dari tiga tahun. Mereka yang hidup penuh harapan memiliki kehidupan akademis lebih sukses.

Dalam penelitian yang berbeda, harapan juga membuat produktivitas seseorang meningkat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa para karyawan yang memiliki harapan menyumbang presentase sekitar 14% pada produktivitas di tempat kerja.

Tidak sedikit pula orang yang mengaitkan harapan dengan depresi atau gangguan kecemasan yang dirasakan seseorang. Dan ternyata ini terbukti melalui sebuah survei.

Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 500 mahasiswa ini memperlihatkan bahwa mereka yang memiliki harapan besar saat masa-masa awalnya memasuki tahun pelajaran memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena gejala depresi dan gangguan kecemasan.

Manfaat memiliki harapan untuk kesehatan

aktivitas sehat otak lansia

Tidak hanya memberikan dampak yang baik untuk keadaan psikologi Anda, adanya harapan juga dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan fisik.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki harapan memiliki persepsi nyeri yang lebih rendah. Harapan yang masih berkaitan erat dengan optimisme ternyata secara tidak sadar dapat mengubah persepsi orang terhadap rasa sakit yang muncul.

Salah satunya studi kasus kontrol yang dipublikasikan pada Current Pain and Headache Reports. Pasien dengan kondisi kelainan sendi rahang yang memiliki optimisme lebih rendah merasakan ketidaknyamanan akibat nyeri lebih tinggi dibandingkan pasien yang tinggi optimisme.

Hal tersebut menunjukkan bahwa rasa sakit sebenarnya bisa dipengaruhi oleh interpretasi emosional dan kognitif seseorang. Ketika seseorang tak terlalu memusatkan perhatian pada sakit yang akan muncul, ia juga akan mengurangi kemungkinan untuk merasakan nyeri yang lebih hebat.

Anda tentu mengetahui anjuran untuk menghindari stres untuk menjaga kesehatan. Agaknya, anjuran ini juga berlaku pada mereka yang terkena penyakit kronis. Harapan juga dapat memberi manfaat dengan membantu dalam proses kesembuhannya.

Jika pasien tak membiarkan dirinya tenggelam dalam emosi negatif dan kekhawatiran akan hari-hari ke depan, ia akan lebih fokus untuk merawat diri dan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang dapat membantunya untuk hidup lebih sehat.

Tak sampai di situ, dengan memiliki harapan secara tak langsung Anda sudah berusaha menjaga kesehatan jantung, proses fisiologis seperti sirkulasi darah dan pernapasan, serta menjaga tekanan darah agar tetap berada di angka yang normal.

Oleh karena itu, jangan takut dan merasa ragu untuk berharap. Namun, Anda juga harus mengingat bahwa harapan juga harus disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam berusaha untuk menggapainya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perhatikan, Ini Tanda-tanda Seseorang Mulai Mendekati Ajalnya

Tak mudah saat harus menerima kenyataan bahwa orang tercinta sudah mendekati ajal. Namun, tanda-tanda inilah yang biasa muncul menjelang kematian seseorang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 29/04/2017 . 4 menit baca

Kenapa Ada Orang yang Bisa Tiba-tiba Sembuh dari Kanker?

Walau sangat langka, ada orang yang menunjukkan kemajuan, bahkan sembuh dari kanker, tanpa pengobatan. Kasus ini dikenal sebagai remisi spontan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 31/10/2016 . 6 menit baca

5 Jenis Kanker dengan Harapan Hidup Terbesar

Meskipun kanker jadi momok bagi banyak orang, ada juga jenis-jenis kanker yang biasanya tidak mematikan. Simak berbagai angka harapan hidup kanker berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 31/10/2016 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

penderita diabetes bisa kok punya umur panjang

Tips Panjang Umur Jika Anda Menderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/11/2019 . 5 menit baca
angka harapan hidup Indonesia

Berapa Angka Harapan Hidup Masyarakat Indonesia? (Plus Cara Memperpanjangnya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21/10/2019 . 5 menit baca
persiapan mendekati ajal

5 Hal Paling Bermakna yang Harus Dilakukan Saat Mendekati Ajal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2017 . 5 menit baca
membicarakan kematian

Pentingnya Membicarakan Kematian Saat Mendampingi Seseorang yang Sakit Keras

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/07/2017 . 5 menit baca