Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda ingin mencari camilan yang segar dan manis tapi takut gemuk? Atau Anda sedang ngidam makanan pencuci mulut yang ringan tapi tetap kaya gizi? Anda bisa memilih sorbet. Sorbet adalah kudapan dingin yang mirip dengan es krim dan yogurt. Namun, tak seperti es krim dan yogurt yang berbahan dasar susu, sorbet dibuat dari jus, sari buah, atau air yang diberi perasa tertentu. Proses pengolahannya juga relatif lebih mudah.

Kudapan ini sudah dikenal sejak abad ke-16 di Timur Tengah, Eropa Timur, dan Asia. Sebelum es krim muncul, sorbet sudah menjadi pencuci mulut dingin favorit orang-orang. Sorbet juga dianggap lebih sehat daripada pesaingnya, yaitu es krim dan yogurt. Benarkah demikian? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kandungan gizi sorbet

Dalam setiap sajian sorbet (satu cangkir), terdapat kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tergantung pada bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Sorbet sendiri bisa diolah dari berbagai macam buah segar atau cokelat. Rata-rata setiap satu cangkir mengandung 170 sampai 185 kalori. Kalori yang terdapat pada kudapan ini termasuk rendah jika dibandingkan dengan satu cangkir es krim yaitu 267 kalori atau satu cangkir frozen yogurt yaitu sebesar 214. Anda cukup berolahraga lari selama kira-kira 20 menit untuk membakar habis kalori yang Anda dapatkan dari kudapan segar ini.

Selain kandungan kalori yang lebih rendah, jumlah gula yang terdapat pada kudapan sehat ini juga relatif aman. Satu sajiannya atau sekitar 200 gram mengandung rata-rata 34 gram gula. Sementara itu, es krim dalam takaran yang sama menawarkan 44 gram gula dan yogurt dalam takaran yang sama mengandung 38 gram gula. Karena sorbet terbuat dari bahan-bahan asli tanpa campuran krim atau susu, rasanya pun masih manis alami sehingga tak perlu diberi pemanis tambahan.

Tak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya. Kudapan dingin ini berbahan dasar buah-buahan sehingga tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Dibandingkan dengan es krim yang mengandung sekitar 14 gram lemak dalam setiap sajiannya, sorbet dan frozen yogurt memang lebih aman jika Anda sedang menghindari mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, sorbet juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh Anda.

Resep sorbet stroberi

Mengolah kudapan manis ini cukup mudah. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan menyiapkan alat dan bahan berikut ini.

  • 6 cangkir buah stroberi yang sudah dibekukan
  • ¾ cangkir gula
  • 3 sendok makan air lemon atau air jeruk nipis
  • 1 cangkir air
  • Blender
  • Mesin es krim (ice cream maker)

Panaskan gula, air lemon, dan air di panci sambil diaduk hingga merata. Gunakan api sedang dan segera matikan setelah seluruh bahan larut, kira-kira 3 menit lamanya. Diamkan hingga dingin. Setelah itu, hancurkan stroberi yang sudah dibekukan bersama dengan larutan gula dengan blender. Pastikan stroberi dan larutan gula sudah tercampur rata menjadi adonan yang halus. Masukkan ke dalam kulkas dan dinginkan selama kurang lebih 4 jam atau semalaman penuh. Lalu, masukkan adonan dingin tersebut ke dalam mesin es krim dan ikuti petunjuk yang tertera pada mesin Anda. Sajikan dingin agar lebih nikmat.

Resep sorbet cokelat

Tak hanya dari buah-buahan segar seperti stroberi, jeruk, jambu biji, mangga, atau kelapa, sorbet juga ternyata bisa dibuat dari bahan dasar cokelat. Jika Anda sedang mengidam-idamkan es krim cokelat tapi takut gemuk dan kadar gula naik, apa salahnya mencoba membuat sorbet cokelat yang lebih sehat di rumah? Perhatikan beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sorbet cokelat berikut.

  • 2 cangkir air
  • 1 cangkir gula
  • ¾ cangkir (75 gram) bubuk kakao tanpa gula
  • Sejumput garam
  • ½ sendok teh ekstrak vanili
  • 170 gram cokelat batangan
  • Mesin es krim (ice cream maker)

Panaskan gula, air, bubuk kakao, garam, dan ekstrak vanili dalam panci sambil diaduk hingga rata. Jika bahan-bahan tersebut sudah hampir larut sepenuhnya, masukkan cokelat batangan yang sudah dipotong kecil-kecil sampai meleleh dalam adonan. Matikan api jika semua bahan telah menyatu jadi adonan yang lembut. Kemudian pindahkan adonan tersebut ke dalam toples atau wadah dan dinginkan selama kurang lebih 4 jam atau semalaman penuh di kulkas. Setelah adonan cukup dingin, masukkan ke dalam mesin es krim dan ikuti petunjuk pada mesin Anda. Sajikan selagi dingin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mengatasi Alergi Obat yang Tepat dan Perawatannya

Jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas harian Anda. Ketahui cara cepat mengatasi alergi obat yang kambuh sekaligus perawatan kondisinya di rumah.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Aroma menyengat spidol mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, kebiasaan mencium spidol menyimpan segudang bahaya untuk tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Bakteri tak selalu jahat. Bakteri baik berperan menjaga kesehatan orang lanjut usia. Simak penjelasan dan peran bakteri baik alias probiotik untuk lansia.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik
Nutrisi, Hidup Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
efek samping paracetamol ibuprofen

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
alergi paracetamol

Alergi Paracetamol

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit
alergi obat antibiotik

Hati-Hati Minum Obat, Barangkali Anda Memiliki Alergi Terhadap Antibiotik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 7 menit