Berbagai Manfaat Kacang Fava untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Kacang fava atau yang juga dikenal dengan nama board beans adalah jenis kacang yang termasuk ke dalam tumbuhan polong. Kacang fava tumbuh di dalam cangkang seperti kerang dan diselimuti oleh lapisan yang juga dapat dimakan.

Memiliki cita rasa yang sedikit manis dan bertekstur lembut, kacang fava mengandung banyak gizi dan vitamin yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan.

Manfaat kacang fava untuk kesehatan

Seperti kacang lainnya, kacang fava memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagi Anda yang tak konsumsi daging, kacang ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan protein di satu hari.

Kacang fava juga memiliki berbagai kandungan lain yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh Anda. Berikut beberapa di antaranya.

1. Berpotensi meringankan gejala penyakit Parkinson

gejala parkinson awal

Menurut beberapa penilitan, kacang fava kaya akan kandungan levo-dihydroxy phenylalanine atau L-dopa, sebuah komponen yang ketika dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi zat kimia di otak bernama dopamin. Hormon dopamin memiliki kaitan yang sangat erat dengan penyakit Parkinson.

Perlu diketahui, penyakit Parkinson merupakan kondisi di mana sel saraf di otak mengalami kerusakan dan tidak bisa menghasilkan hormon dopamin yang cukup.

Hormon dopamin sangat berperan dalam kemampuan seseorang untuk menggerakan tubuhnya. Kekurangan dopaminlah yang akan mengakibatkan seseorang hilang kendali atas pergerakan tubuhnya.

Oleh karena itu, asupan dopamin sangatlah dibutuhkan oleh para pasien penyakit Parkinson. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat memicu produksi dopamin seperti kacang fava.

2. Kacang fava sumber protein yang baik

apa itu kacang fava

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kacang fava juga dapat menjadi sumber protein yang baik. Kacang fava mengandung sekitar 30 gram protein dalam penyajian per 100 gramnya.

Sebagian besar sel-sel yang ada dalam tubuh terbentuk dari protein, baik pada otot, tulang, kulit, sampai rambut. Protein mendukung produksi hemoglobin sebagai pembawa oksigen dalam darah Anda. Karena itulah protein sangat dibutuhkan agar sel-sel tubuh dapat tetap bekerja dengan baik.

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, memilih kacang fava sebagai menu makan Anda mungkin akan sangat membantu. Protein yang terkandung di dalamnya akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa lebih terkendali.

3. Mengandung mineral yang baik untuk pertumbuhan tubuh

menjaga kesehatan tulang

Berbagai mineral yang terkandung dalam kacang fava ternyata juga memberikan manfaat untuk pertumbuhan tulang. Porsi sebanyak 100 gram kacang fava mengandung fosfor sekitar 521 mg dan tembaga sekitar 0,82 mg.

Kedua komponen ini sangatlah berguna untuk kesehatan tulang. Tembaga merupakan salah satu komponen yang memainkan peran penting dalam produksi kolagen.

Adanya kolagen sangat dibutuhkan dalam menyatukan jaringan tubuh manusia antara satu dengan lainnya, termasuk terhubungnya ligamen dan jaringan otot pada tulang.

Sedangkan fosfor sudah banyak diketahui sebagai mineral yang berperan dalam pertumbuhan tulang. Sekitar 85% mineral fosfor yang ada pada tubuh berada di dalam tulang sebagai kalsium fosfat.

Dengan tercukupinya kebutuhan fosfor, Anda akan menjauhkan diri dari risiko beberapa penyakit seperti osteoporosis dan rakitis (tulang lemah).

Kebanyakan fosfor bisa didapatkan dengan minum susu, tapi jika Anda tidak mengonsumsi produk susu bisa memilih produk nabati seperti kacang fava sebagai pilihan lain.

4. Membantu dalam perkembangan janin

foto ibu bahagia karena tumbuh kembang janin yang optimal

Dalam porsi 150 gram kacang fava, terdapat kandungan vitamin B9 atau folat sebanyak 170 microgram. Folat merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan DNA atau pertumbuhan lain yang menyangkut genetik.

Dari khasiat tersebut, ibu hamil pun sangat disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan akan gizi yang satu ini. Folat akan memainkan peranan penting dalam mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko cacat lahir seperti neural tube defect (NTD) di mana penutupan tabung saraf bayi tidak sempurna atau spina bifida, di mana sistem saraf sumsum tulang belakang bayi tidak terbentuk dengan tepat.

Konsumsi makanan sumber folat akan menghindari ibu dari risiko tersebut. Salah satunya tentu bisa dilakukan dengan makan kacang fava.

Terlepas dari penelitian dampaknya untuk tubuh yang masih terbatas, kacang fava tetap bisa menjadi pilihan sehat bagi Anda yang menginginkan lebih banyak variasi pada menu makan. Namun, tentu saja konsumsi makanan ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki alergi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Enak, Ini 4 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang polong terkenal dengan rasa yang enak dan mudah diolah dengan makanan lainnya. Sayangnya, belum banyak yang tahu apa saja khasiat baik si hijau ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 05/03/2019 . 6 menit baca

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Mete yang Perlu Anda Ketahui

Kacang mete mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Simak berbagai manfaat kacang mete dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 14/11/2018 . 6 menit baca

Yuk, Cegah Migrain yang Sering Kambuh Dengan 5 Makanan Sehat Ini!

Makanan tertentu selain bisa memicu migrain ternyata juga bisa mencegahnya. Agar tidak keliru, berikut berbagai makanan untuk mencegah migrain.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nyeri Kronis, Health Centers 02/11/2018 . 4 menit baca

Fungsi Vitamin B17, dari Bantu Melawan Kanker Hingga Menurunkan Tensi

Pernah dengar vitamin B17? Mungkin Asing di telinga, tapi salah satu jenis vitamin B ini baik untuk tubuh. Lantas, apa saja fungsi vitamin B17 bagi tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Nutrisi, Hidup Sehat 04/10/2018 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
kacang lentil

Segudang Khasiat yang Ditawarkan Kacang Lentil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/06/2020 . 5 menit baca
manfaat kacang brazil

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . 5 menit baca
manfaat kacang kenari adalah

Kacang Kenari, Si Kecil Imut yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2019 . 6 menit baca