Mana yang Lebih Sehat, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Susu merupakan minuman penuh nutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan. Dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D, susu akan membantu menjaga kesehatan tulang jika diminum secara rutin. Susu juga lezat dan bisa disajikan dengan berbagai cara. Sebagian orang lebih senang minum susu hangat, tapi sebagian yang lain lebih suka susu dingin. Lantas, manakah yang lebih sehat, susu hangat atau susu dingin?

Mana yang lebih sehat, susu hangat atau susu dingin?

Banyak orang yang menjadikan minum susu setiap sarapan sebagai sebuah rutinitas yang tidak boleh terlewat. Baik diminum langsung atau disajikan dengan sereal, selalu ada cara yang bisa dilakukan ketika mengonsumsi susu. Begitu pun soal hangat atau dingin, setiap orang memiliki favoritnya sendiri.

Apakah susu yang disajikan hangat atau dingin, susu tetap memberikan asupan kalori yang padat nutrisi. Keduanya juga memiliki manfaatnya masing-masing.

Manfaat susu hangat

susu hangat
Sumber: HGTV.com

Susu hangat embantu Anda lebih cepat tidur. Susu mengandung komponen yang dapat membuat Anda merasa mengantuk bernama tryptofan dan melatonin. Kedua komponen ini lebih aktif bekerja pada susu yang disajikan dalam keadaan hangat.

Namun perlu diketahui, efek ini hanya akan memberikan pengaruh pada masalah susah tidur yang bersifat sementara. Selain itu, kandungan kedua komponen di atas juga muncul dalam jumlah yang kecil.

Meski demikian, susu hangat tetap akan memberikan efek menenangkan yang membantu Anda lebih cepat terlelap.

Susu hangat juga bisa mengatasi rasa tak nyaman pada perut. Terutama pada pagi hari, minuman yang dingin mungkin akan menimbulkan rasa tak nyaman seperti kembung pada beberapa orang. Oleh karena itu, susu hangat bisa membantu mengatasinya.

Rasa hangat dari susu juga akan berdampak pada tubuh Anda. Jika dikonsumsi saat cuaca sedang dingin, susu hangat dapat membantu menaikkan suhu internal tubuh. Susu hangat bisa memberikan dorongan energi.

Tak sampai di situ, susu mengandung potasium yang sangat membantu dalam relaksasi otot. Kandungan potasium inilah yang akan meredakan ketegangan otot dan tekanan pada saraf.

Bagi perempuan yang sedang mengalami gejala PMS, meminum susu hangat akan meringankan rasa nyerinya.

Manfaat susu dingin

susu dingin

Susu juga tak kalah menyehatkan jika diminum dalam keadaan dingin. Susu dingin dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi karena kandungan elektrolitnya. Segelas susu dingin bisa menjadi minuman yang tepat untuk dikonsumsi setelah Anda berolahraga.

Manfaat lainnya, minum susu dingin membantu mengurangi rasa tak nyaman pada perut akibat meningkatnya kadar asam lambung.

Kalsium yang terkandung dalam susu akan menyerap asam berlebih yang diproduksi lambung, sehingga nantinya akan mengurangi munculnya gejala.

Meski demikian, jangan samakan susu dingin dengan obat yang bisa langsung bereaksi untuk menghilangkan rasa nyeri. Bila diminum dengan rutin dan dalam jangka waktu yang lama, susu akan membantu pembentukan asam laktat yang bekerja di dalam tubuh untuk menormalkan tingkat keasaman lambung.

Susu dingin juga bermanfaat untuk pencernaan Anda. Minum susu dingin dapat membantu membersihkan minyak dan lemak di dalam perut dari makanan yang telah dikonsumsi.

Tidak hanya itu, susu dingin memiliki sifat karminatif yang membantu perbaiki proses kerja pencernaan.

Keduanya sama-sama bermanfaat, tapi…

Tidak ada perbedaan dari segi kandungan nutrisi di antara susu hangat dan susu dingin. Keduanya sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa saat di mana susu dingin dan susu hangat dapat menghasilkan dampak yang berbeda.

Salah satunya, Anda mungkin tidak disarankan untuk meminum susu dingin ketika hendak tidur malam karena malah akan menimbulkan masalah pencernaan.

Selain itu, sesuaikan juga dengan cuaca di sekitar Anda. Susu dingin akan lebih cocok diminum saat cuaca sedang panas.

Ingatlah, minum susu hangat atau dingin sangat tidak disarankan jika Anda memiliki kondisi intoleransi laktosa dan alergi produk susu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tulang sudah telanjur keropos, apakah susu masih efektif untuk menguatkannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Health Centers 12/01/2020 . Waktu baca 6 menit

Susu VS Yogurt, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh?

Anda pasti suka minum susu dan makan yogurt, bukan? Namun, berdasarkan tahukah Anda mana yang lebih sehat dari kedua produk susu tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 09/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Nutrisi Susu Oat alias Susu Gandum yang Tak Kalah Sehat

Oat tidak hanya dinikmati sebagai sereal, tapi juga sebagai susu. Ini dikenal sebagai susu gandum. Penasaran dengan nutrisi dan manfaatnya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 23/08/2019 . Waktu baca 4 menit

Alasan Rasa Susu Sapi Organik Lebih Manis dan Khas

Selain lebih alami, susu sapi organik juga punya citra rasa yang lebih khas dibanding susu sapi biasa, lho! Bagaimana rasanya? Yuk, cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
rasa susu organik lebih manis
Nutrisi, Hidup Sehat 28/07/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet susu risiko diabetes

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . Waktu baca 5 menit
minum susu intoleransi laktosa

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 4 menit
sarapan minum susu

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . Waktu baca 4 menit
susu penambah berat badan anak balita

Berbagai Faktor yang Membuat Anak Butuh Susu Penambah Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . Waktu baca 7 menit