Ingin Mengurangi Nafsu Makan? Coba Konsumsi Jahe

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Membatasi asupan makan dan melakukan olahraga teratur adalah cara yang baik untuk dilakukan. Namun, mungkin sangat sulit untuk melakukan kedua hal ini bagi beberapa orang. Nafsu makan merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dikontrol. Membuat asupan makan Anda menjadi berlebihan. Tapi, ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan. Salah satunya adalah jahe.

Bagaimana cara menggunakan jahe untuk mengurangi nafsu makan?

Jahe selama ini dikenal sebagai rempah-rempah dalam masakan dan juga obat herbal untuk membuat tubuh Anda merasa lebih hangat saat kedinginan, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual dan ingin muntah, membantu detoksifikasi tubuh, dan masih banyak lagi. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism tahun 2012 membuktikan bahwa jahe dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Partisipan dalam penelitian tersebut diminta untuk mengonsumsi bubuk jahe sebanyak 2 gram yang dilarutkan dalam air panas setiap sarapan. Hasilnya, minuman jahe tersebut dapat mengurangi rasa lapar setelah makan sampai enam jam, sehingga asupan makanan para partisipan dalam sehari menjadi lebih rendah.

Penelitian yang melibatkan sepuluh orang pria tersebut menyimpulkan bahwa jahe dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dengan membuat Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit. Penelitian ini mengacu pada efek termogenik yang dimiliki jahe. Yang artinya, jahe dapat menaikkan suhu tubuh Anda menjadi lebih panas. Sehingga, juga meningkatkan jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh dalam mencerna makanan. Namun, bagaimanapun perlu penelitian lebih lanjut mengenai efek jahe pada nafsu makan ini.

Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara ini, bukan? Anda bisa minum air jahe hangat setiap pagi setelah makan dan lihat hasilnya. Lagipula, jahe juga mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan Anda. Tapi ingat, barengi juga dengan mengubah pola makan Anda menjadi pola makan sehat. Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Juga, lakukan olahraga secara teratur. Sehingga, berat badan Anda turun dengan cara yang sehat.

Rempah lain untuk mengurangi nafsu makan

Selain jahe, ada juga rempah lain yang biasa ditambahkan dalam masakan Anda yang bermanfaat dalam membantu mengurangi nafsu makan. Rempah-rempahan ini adalah yang mempunyai kandungan capsaicin, seperti cabai dan merica. Kandungan capsaicin ini dapat menekan nafsu makan Anda, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses tahun 2012.

Ya, capsaicin dalam cabai maupun merica dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan memiliki efek termogenik juga, sama seperti jahe. Sehingga, tubuh Anda membakar kalori lebih optimal saat mencerna makanan. Membuat tubuh membakar lebih banyak kalori per hari, membuat Anda lebih puas dan kenyang setelah makan, sehingga nafsu makan Anda berkurang dan membantu menurunkan berat badan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

False Hunger: Membedakan Lapar Asli dan Lapar Palsu

“Kok, sering banget merasa lapar?” Hati-hati, mungkin Anda salah mengartikan lapar yang Anda rasakan. Bisa saja itu merupakan lapar palsu atau false hunger.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 5 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Jitu Mengembalikan Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Setelah sembuh dari sakit, anak biasanya masih tidak berselera untuk makan, ikuti beberapa cara ini untuk mengembalikan nafsu makan anak.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Anak, Parenting 3 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
berat badan turun bukan berarti lemak berkurang

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
pembagian porsi makan

Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
jahe untuk ibu hamil

Manfaat dan Efek Samping Jahe untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 6 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit