4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Jalani Diet Keto

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buah-buahan tentu menjadi salah satu menu wajib bagi Anda yang sedang dalam program diet. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan, hal ini tentunya sangat berguna bila Anda ingin menurunkan berat badan. Namun, beberapa buah ini justru tidak disarankan untuk dikonsumsi saat Anda melakukan diet keto.

Buah-buahan yang dihindari saat diet keto

Diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat. Prinsip diet keto sendiri dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Nantinya, pembakaran lemak dalam tubuh inilah yang akan menjadi sumber energi menggantikan karbohidrat.

Biasanya, menu diet keto hanya memerlukan karbohidrat sebesar 5% atau 20-50 gr dari seluruh menu makan di satu harinya. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tidak mengandung karbohidrat berlebih.

Salah satunya dalam memilih buah-buahan. Beberapa di bawah ini adalah asupan yang sebaiknya harus dikurangi ketika Anda menjalani diet keto.

1. Pisang

manfaat pisang

Anda tentu sering melihat olahan sehat berbahan pisang yang dijadikan pengganti menu makan biasa. Bahkan, ada metode diet yang menjadikan pisang sebagai makanan utama karena sifatnya yang mengenyangkan. Namun, khasiat buah ini tidak berlaku pada diet keto.

Dilihat dari nutrisinya, satu pisang berukuran sedang mengandung 110 kalori dan 30 gr karbohidrat, dengan kandungan proteinnya yang hanya mencapai 1 gr. Pisang juga bebas lemak, maka buah ini tidak memenuhi kriteria yang tepat untuk Anda masukkan ke dalam menu diet keto.

2. Mangga

makan mangga saat hamil

Seperti yang diketahui, asupan karbohidrat ideal disarankan untuk tidak melebihi 50 gr per hari. Sekilas, buah mangga bisa menjadi buah yang ideal untuk diet karena kalorinya hanya 50 gr serta mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, mangga juga mengandung banyak air sehingga akan memberikan efek mengenyangkan.

Sayangnya, jika Anda memilih melakukan diet keto, mangga harus dicoret dari daftar. Buah mangga memiliki kandungan karbohidrat hampir 15 gr di setiap penyajian 100 gr.

Memakan satu buah mangga berukuran sedang tentu sudah melebihi kebutuhan karbohidrat Anda di satu hari mengingat beratnya yang bisa mencapai 300 sampai 500 gram. Kandungan gulanya juga cukup tinggi sehingga penyajiannya harus sangat dibatasi.

3. Buah-buahan kering

buah kering

Satu butir dari buah-buahan kering memiliki kandungan nutrisi yang sama besarnya dengan buah segar, bahkan kandungan serat dan antioksidannya lebih banyak.

Tapi perlu diingat bahwa buah-buahan kering yang telah mengandung gula alami juga terkadang menggunakan tambahan gula dalam pembuatannya. Kandungan vitamin C dari buah segar pun akan berkurang selama proses pengeringan.

Karena bentuknya yang kecil, secara tidak sadar Anda sudah memakannya dalam jumlah yang banyak. Ini juga berarti bahwa Anda telah menambahkan asupan gula yang berlebih saat diet.

4. Pir

manfaat buah pir

Walau tinggi akan kandungan vitamin C, pir bukanlah jenis buah yang tepat untuk dijadikan menu dalam diet keto.

Buah pir berukuran sedang dengan berat 178 gr telah mengandung karbohidrat sebanyak 27 gr termasuk kandungan gula sebesar 17 gr. Buah ini juga mengandung sedikit lemak dengan hanya sekitar seperempat gram dan 1 gr protein.

Memakan satu buah pir sudah memenuhi lebih dari setengah kebutuhan karbohidrat untuk diet keto.

Lalu buah apa yang baik dikonsumsi untuk diet keto?

Konsumsi buah-buahan tentunya masih penting untuk diet keto. Asupan serat tinggi tetap dibutuhkan agar diet tidak menimbulkan efek samping seperti sembelit. Menemukan asupan yang ideal untuk diet keto mungkin sedikit sulit mengingat kebanyakan buah mengandung karbohidrat tinggi dengan sedikit lemak.

Untungnya, ada beberapa buah yang memenuhi kriteria untuk menu diet keto, salah satunya alpukat. Penyajian 100 gr atau sekitar satu setengah buah alpukat mengandung 12 gr lemak dan kandungan karbohidratnya hanya sebesar 9 gr, dengan 7 grnya yang terdiri dari serat.

Kandungan lemak baik pada alpukat juga dapat dijadikan pengganti lemak hewani. Selain potassiumnya yang dapat menurunkan tekanan darah, alpukat juga dapat membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan beri termasuk strawberry, raspberry, dan blueberry untuk menu diet keto. Tidak hanya tinggi serat dan rendah karbohidrat, buah beri pun mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kelompok Orang yang Tidak Disarankan Menjalani Diet Keto

Meski digadang efektif untuk cepat menurunkan berat badan, beberapa orang tidak boleh menjalani diet keto karena potensinya yang membahayakan. Siapa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 9 September 2019 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet Keto

Meski diet keto, Anda tetap perlu olahraga agar hasilnya optimal. Jangan asal gerak. Intip jenis olahraga untuk diet keto yang direkomendasikan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kebugaran, Hidup Sehat 28 April 2019 . Waktu baca 4 menit

4 Tren Diet Sehat yang Wajib Anda Coba di Tahun 2019

Apa resolusi sehat Anda di tahun baru ini? Jika ingin cepat mendapatkan berat badan ideal, coba satu dari 4 tren diet tahun 2019 ini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 1 Januari 2019 . Waktu baca 5 menit

Bukannya Bikin Ramping, Diet Keto Bisa Menimbulkan Gangguan Pencernaan, Lho

Alih-alih membuat badan jauh lebih ramping, banyak orang yang mengaku mengalami gangguan pencernaan sebagai efek samping diet keto. Kok bisa, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 12 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menu sahur untuk diet keto

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
diet rendah karbohidrat mencegah penuaan otak

Diet Rendah Karbohidrat Bisa Memperlambat Penuaan pada Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 16 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
cheat day diet keto

Cheat Day saat Diet Keto Bisa Sebabkan Kerusakan Pembuluh Darah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit
resep salad diet keto

Resep Salad Kaya Nutrisi untuk Anda yang Sedang Diet Keto

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit