7 Bahan yang Biasa Ditemukan Pada Skin Care Organik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Gaya hidup sehat membuat seseorang mulai beralih ke bahan-bahan organik, bahkan Anda juga bisa memilih menggunakan skin care organik. Klaim yang alami dianggap lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia. Padahal faktanya, produk alami pun masih memerlukan bukti secara medis.

Saat ini penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikan efektivitasnya. Tapi tidak ada salahnya, kalau Anda ingin mencoba. Sebelum mencoba, berikut ini ulasan bahan-bahan skin care organik yang sering digunakan pada beberapa produk.

BACA JUGA: 7 Fakta Tentang Skin Care Organik yang Perlu Anda Tahu

Apa saja bahan-bahan skin care organik?

Kulit kita dapat menyerap 60% bahan-bahan yang diaplikasikan pada kulit. Maka, tidak ada salahnya kita beralih ke skin care organik. Berikut ini bahan-bahan yang sering digunakan untuk skin care organik:

1. Minyak kelapa

Anda pasti sudah sering mendengar atau melihat minyak kelapa digunakan pada beberapa produk kecantikan, baik yang alami maupun yang tidak alami. Manfaat yang didapatkan dari minyak kelapa adalah menguatkan jaringan epidermis, mengikis sel kulit mati, dan melindungi dari sinar matahari. Antibakteri dan antioksidannya dapat melindungi kulit dari serangan bakteri serta radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dikutip oleh situs Draxe menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat dijadikan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit kronis. Penyakit ini ditandai dengan peradangan pada kulit, contohnya dermatitis atopik. Selain itu minyak kelapa juga membantu fungsi hormon dan pencernaan yang penting untuk kesehatan kulit. Penting bagi kita untuk memiliki kulit yang sehat  sebab kulit menyerap nutrisi dan oksigen yang akan dibawa ke sel, jadi pastikan racun harus dihilangkan terlebih dahulu.

2. Tea tree oil

Minyak ini menjadi salah satu bahan andalan pada skin care organik untuk mengobati jerawat. Kira-kira efektif tidak, ya?

Tea tree oil mengandung sifat antibakteri dan antifungal. Bahan yang dipakai untuk mengobati jerawat biasanya mengandung asam, namun efek yang ditimbulkan pun keras. Sedangkan tea tree oil merupakan bahan yang dapat ditoleransi.

Jerawat yang meradang bisa disebabkan oleh bakteri. Bahan aktif seperti hidrokarbon terpene, monoterpen, dan seskuiterpen dapat mengurangi bakteri berbahaya yang menyebabkan peradangan. Peneliti menguji 100 komponen kimia hidrokarbon yang dapat dibawa oleh udara, masuk ke pori kulit, dan selaput lendir mempercepat penyembuhan. Jika Anda mengalami jerawat, bahan ini diduga ampuh. Tidak ada salahnya Anda mencoba.

BACA JUGA: 4 Vitamin dan Mineral untuk Mengobati Jerawat

3. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya baik digunakan untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dan kulit sensitif.  Bahan ini memang mudah ditemukan pada produk-produk kecantikan organik seperti krim pagi, krim malam, remover, dan penyegar.

Lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin, mineral, sakarida, asam amino, asam lemak, enzim, dan salicylic acids. Seperti yang kita tahu salicylic acids digunakan untuk mengobati jerawat. Khasiatnya yang luar bisanya, menjadikan lidah buaya dapat digunakan skin care alami untuk kulit yang meradang atau luka.

4. Minyak jojoba

Sama seperti lidah buaya, skin care yang mengandung minyak jojoba dapat digunakan untuk kulit sensitif. Keuntungan yang ditawarkan minyak jojoba adalah untuk melembabkan kulit, membantu menyembuhkan luka, parut, dermatitis, jerawat, psoriasis, dan mencegah kerutan. Selain baik untuk berjerawat, minyak jojoba mengandung lemak poly tak jenuh yang berfungsi untuk melindungi kulit, melembapkan, serta melembutkan kulit dan rambut.

Selain untuk kulit, Anda bisa menggunakan minyak jojoba untuk perawatan rambut. Katanya minyak ini dapat mencegah atau mengurangi kebotakan. Minyak ini mampu meningkatkan pertumbuhan rambut juga.

5. Shea butter

Biasanya kita menemukan bahan shea butter pada lotion kulit. Shea butter berasal dari pohon African shea, telah digunakan ribuan tahun untuk perawatan kulit alami di Afrika hingga saat ini. Bahkan bahan ini menjadi andalan untuk melembapkan kulit kering, serta mengurangi kulit kemerahan, mengelupas, dan pecah-pecah. Kandungan lemaknya dapat memperbaiki sel-sel kulit.

BACA JUGA: 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

6. Alpukat

Buah ini juga salah satu yang memiliki manfaat dimakan langsung maupun diaplikasikan pada kulit. Anda juga pasti sering melihat produk kecantikan yang mengandung alpukat. Ya, buah ini juga bisa dijadikan bahan untuk skin care organik. Kaya akan lemak membuat alpukat dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Kulit Anda meradang? Produk alami yang berbahan alpukat juga mampu mengurangi peradangan pada kulit. Alpukat juga mengandung vitamin E –  yang merupakan antioksidan – baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel kulit.

7. Madu

Kaya akan enzim, nutrisi, dan vitamin membuat madu juga baik untuk tubuh. Gunakan skin care organik yang mengandung madu untuk mempercepat meredakan peradangan, membantu penyembuhan, dan menyembuhkan alergi. Madu mengandung antiseptik dan antimikroba yang bagus untuk membasmi bakteri pada kulit yang berjerawat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Skin fasting adalah metode alami untuk menjaga kesehatan kulit dengan tidak memakai skincare selama jangka waktu tertentu. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ternyata, masalah jerawat juga bisa muncul gara-gara kacamata yang Anda gunakan setiap hari. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
bahan krim anti-aging

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit