Anda Sulit Melakukan Push-up? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Push-up merupakan salah satu jenis gerakan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja karena tidak memerlukan peralatan apapun. Namun, tidak sedikit pula ada orang yang mengalami kesulitan saat melakukannya. Apa yang menjadi penyebab susah push-up?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Berbagai penyebab susah push-up

Push-up adalah gerakan yang melibatkan otot tubuh bagian atas dan bawah. Mulai dari lengan, dada, perut, pinggul, hingga kaki akan digerakkan. 

Maka itu, tidak heran bila ada orang yang masih kesulitan saat melakukan gerakan push-up yang benar. Selain bentuk badan saat push-up yang salah, ada beberapa penyebab susah push-up, seperti:

1. Masalah pada sendi dan tendon penyebab susah push-up

gejala radang sendi

Salah satu penyebab orang susah melakukan push-up adalah adanya masalah pada sendi dan tendon. Osteoartritis, tendinitis, atau cedera pada otot tendon yang berada di lengan, siku, dan bahu bisa saja yang menjadi dalang mengapa Anda kesulitan melakukan push-up. 

Hal tersebut dikarenakan ketiga masalah tersebut melibatkan sendi yang terasa nyeri dan kaku. Akibatnya, ketika Anda push-up, sendi-sendi pada lengan dan bahu Anda dipaksakan untuk bekerja dan memperparah rasa nyerinya. 

Seperti yang dilansir dari laman Arthritis Foundation, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah cedera dan trauma saat berolahraga. 

Maka itu, ketika Anda merasakan nyeri pada sendi atau otot tendon, sebaiknya hentikan aktivitas tersebut. Kemudian, istirahatkan sendi dan tubuh Anda dengan mengompresnya dengan kompres dingin agar rasa nyerinya cepat hilang. 

Namun, jika kondisi ini tidak bisa sembuh, seperti osteoarthritis atau sobeknya labrum pada bahu Anda, mungkin push-up bukan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. 

2. Terlalu gemuk penyebab susah push-up

orang gemuk tidak sadar dirinya gemuk

Selain masalah pada sendi dan tendon, penyebab lainnya mengapa ada orang yang susah melakukan push-up adalah terlalu gemuk

Bagi orang yang terlalu gemuk mungkin akan kesulitan melakukan push-up karena menahan berat badan saat melakukan push-up menyebabkan terlalu banyak beban yang ditahan oleh sendi. 

Sebenarnya, kesulitan push-up tidak hanya dialami oleh orang yang terlalu gemuk, melainkan juga orang yang memiliki perut buncit. Orang yang memiliki perut buncit biasanya mempunyai timbunan lemak yang terpusat pada perut mereka. 

Hal ini dikarenakan postur push-up yang baik adalah mencoba meratakan perut dan menjaga punggung agar tetap lurus dan rata. Jika berat badan dan distribusi lemak lebih banyak berada di perut, punggung akan kesulitan untuk tetap lurus, sehingga posturnya menjadi tidak benar. 

3. Postur yang salah penyebab susah push-up

Sumber: Train Body and Mind

Bagi Anda yang sering berolahraga, tetapi masih merasa susah ketika melakukan push-up, kemungkinan besar penyebabnya adalah posturnya tidak benar. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gerakan olahraga ini memang terbilang mudah dan tidak memerlukan peralatan apapun. Akan tetapi, push-up membutuhkan kekuatan dan koneksi dari beberapa bagian tubuh Anda. 

Mulai dari otot bahu, trisep, hingga dada pun terlibat. Bahkan, Anda membutuhkan keseimbangan yang baik pula saat melakukan push-up. 

Misalnya, siku Anda terlalu lebar, tangan yang tidak menempel pada lantai, dan pinggul yang kurang kencang adalah ciri-ciri dari postur push-up yang salah. 

Jika postur tubuh Anda salah saat mencoba push-up, tentu tidak hanya kesulitan yang akan didapatkan, melainkan juga rasa sakit pada sendi dan otot. 

4. Kekuatan tubuh bagian atas wanita penyebab susah push-up

Sumber: huffingtonpost

Tidak seperti pria, kebanyakan wanita merasa jika mereka kesulitan melakukan push-up meskipun postur tubuh mereka sudah benar. 

Kemungkinan besar penyebab dari wanita susah melakukan push-up adalah kekuatan tubuh bagian atas mereka lebih sedikit dibandingkan pria. 

Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Exercise Science, wanita hanya memiliki 50% kekuatan pada tubuh bagian atas karena serat otot mereka lebih kecil dan sedikit. 

Selain itu, karena distribusi otot yang kurang pada tubuh bagian atas, membuat mereka memiliki dada dan bahu yang lebih sempit dibandingkan pria. Akibatnya, hal ini mungkin yang memengaruhi mengapa ketika wanita melakukan push-up, sulit untuk menahan lengannya terlalu lama. 

Sebenarnya, penyebab susah push-up adalah postur yang salah ketika mencobanya. Maka itu, ketika Anda merasakan nyeri pada tubuh saat melakukan push-up, sebaiknya hentikan gerakan tersebut dan beristirahat sejenak.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 30, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 24, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca