Panduan Memilih Bra Olahraga yang Tepat dan Nyaman

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, satu dari tiga pelari maraton wanita mengeluhkan sakit pada payudaranya saat berlari. Penelitian ini juga menyatakan, bahwa semakin besar ukuran bra maka akan semakin rentan merasa sakit pada payudara ketika berolahraga. Jika Anda hobi berolahraga, cari tahu bagaimana cara memilih bra olahraga yang tepat untuk Anda di artikel ini.

Bra olahraga yang salah bisa membuat payudara Anda nyeri

Sekitar 1.285 pelari wanita ditanya mengenai kebiasaan mereka saat berolahraga dan intensitas latihannya. Mereka juga ditanyai mengenai riwayat medis dan seberapa sering mengalami sakit pada payudaranya. Hasilnya, ditemukan 32 persen wanita merasakan sakit di payudara dan jumlah tersebut memiliki kolerasi dengan ukuran bra yang digunakan.

Rasa sakit dirasakan oleh satu dari empat wanita yang memiliki ukuran bra cup A. Sementara setengah dari wanita dengan ukuran cup C atau lebih, menderita sakit atau nyeri. Setengah dari mereka yang mengalami rasa sakit pada payudara, mengatakan bahwa rasa sakit tersebut muncul saat melakukan latihan atau fitnes dengan intensitas sedang.

Sementara 64 persennya mengaku merasakan sakit saat berolahraga dengan intensitas tinggi. Bahkan rasa sakit masih terasa, meskipun mereka sudah menggunakan bra untuk olahraga.

Menurut pengajar kesehatan dan olahraga Nicola Brown di St. Mary’s University College di Twickenham, London, menggunakan bra olahraga tidak menjamin Anda terhindar dari rasa sakit ketika olahraga. Karena belum tentu Anda menggunakan bra olahraga yang tepat, yang mampu menopang payudara dengan benar.

Apa yang harus diteliti sebelum membeli bra olahraga?

Jika ingin tetap merasa nyaman saat berolahraga, memakai bra olahraga yang tepat adalah suatu keharusan. Berikut hal-hal yang harus Anda teliti saat membeli bra olahraga.

1. Pengait bra

Bagian yang melingkari payudara hingga ke punggung harus cukup ketat, namun tetap nyaman agar saat Anda bergerak, payudara tidak berguncang keras. Karena itu, pilihlah pengait yang lebar, berbahan katun atau lycra yang nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat.

2. Cup atau mangkuk bra

Wanita sering tidak menyadari bahwa ukuran bra yang digunakannya tidak pas. Menggunakan bra yang terlalu kecil akan membuat rasa sakit pada otot. Sedangkan jika terlalu besar, payudara akan tampak turun. Untuk menghindarinya, jangan terlalu terburu-buru saat membeli bra. Ukur dengan tepat dan bila perlu mintalah pendapat penjaga toko.

3. Kawat

Lengkungan kawat bra harus mengikuti lekukan garis bawah payudara, agar jatuhnya payudara tepat di atas kawat. Jika perlu pilih bra olahraga yang bahannya lebih panjang dari kawat dan melewati garis payudara.

4. Tali

Hindari memilih tali yang tipis. Tali bra yang tipis akan mengurangi kemampuan bra menopang payudara. Hindari juga menggunakan tali bra yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan bagian bawah bra naik ke atas, sehingga payudara tidak bertopang dengan baik.

Memilih bra olahraga yang tepat

Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda memilih bra olahraga yang tepat.

1. Kemampuan menopang payudara

Bra olahraga harus dapat mengkompresi payudara dengan baik dengan menjaganya berada pada posisi yang dekat dengan dada. bra olahraga yang longgar akan membuat payudara berayun. Tapi bra olahraga juga tidak boleh terlalu ketat. Bra yang terlalu ketat akan membuat Anda susah bernapas. Bra olahraga dengan kompresi yang baik dapat menghindarkan payudara dari cedera ketika berolahraga.

2. Tali bra yang tepat

Tali bra olahraga tidak boleh menyakiti Anda. Tali bra harus membuat payudara Anda terangkat. Tali bra harus dibuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah kendor. Guncangan saat melakukan olahraga bisa membuat tali bra cepat rusak atau pun putus.

3. Ukuran ‘mangkuk’ bra

Pilih bra yang mempunyai ‘mangkuk’ terpisah. Ini ditujukan agar payudara tidak ‘menyatu’ saat melakukan olahraga. Mangkuk bra yang tepat juga akan mampu mengangkat payudara dengan baik, sehingga tidak berayun saat olahraga. Mangkuk bra yang tepat juga akan membuat penampilan Anda jadi lebih menarik.

4. Bahan bra

Bahan bra olahraga harus dipilih yang berkualitas prima dan dapat menyerap keringat dengan baik. Bra olahraga idealnya juga terbuat dari bahan yang cukup elastis untuk mengakomodasi berbagai gerakan dalam olahraga.

Saat hendak membeli bra olahraga, memiliki berbagai alternatif pilihan sebelumnya juga akan membantu dalam memilih produk yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Memilih bra olahraga harus disesuaikan dengan tubuh serta tipe olahraga yang hendak Anda lakukan. Bra olahraga yang tepat akan memberikan perlindungan optimal bagi payudara.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Sudah tahu caranya bikin wanita orgasme dengan stimulasi klitoris? Apakah orgasme pada wanita juga bisa dipicu dengan merangsang payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Yang jelas, kabar bahwa tidur pakai bra bisa menyebabkan kanker payudara, itu sama sekali tidak benar. Tapi, apakah ini berarti kita boleh tidur pakai bra?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 28 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bra kawat

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kanker payudara ciri-ciri gejala penyebab obat

Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 13 menit
memaksa anak jago olahraga

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit