Tak Hanya Membuat Suasana Lebih Asyik, Ini Manfaat Lain Olahraga Bareng Teman

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/09/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa memiliki teman saat melakukan aktivitas fisik ternyata lebih bermanfaat dibandingkan melakukannya sendirian? Tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda, manfaat dari olahraga bersama teman ternyata ada banyak. Apa saja, ya?

Menerima dukungan ketika olahraga bersama teman

berapa kali olahraga boot camp

Pada tahun 2015, para peneliti dari University of Aberdeen mencari tahu mengenai manfaat apakah melakukan olahraga bersama teman dapat meningkatkan jumlah latihan yang dilakukan atau tidak. 

Penelitian ini dilakukan secara online dan melibatkan peserta yang dipilih secara acak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu emosional dan instrumental. Kelompok emosional menerima dorongan secara emosional yang mampu membuat mereka berlatih lebih banyak.

Sedangkan, kelompok instrumental, yaitu mereka yang dimotivasi dengan bantuan kelengkapan alat saat olahraga, ternyata tidak begitu berpengaruh terhadap jumlah latihan. 

Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa olahraga bersama teman memang membawa manfaat karena dukungan emosional yang diberikan, sehingga Anda terpacu dan bersemangat untuk beraktivitas fisik.

Manfaat lain dari olahraga bersama teman

Seperti yang dilansir dari Better Health Channel, salah satu kesulitan ketika olahraga sendiri adalah menjaga semangat. Nyatanya, olahraga bersama teman tak hanya membuat Anda lebih semangat. Berikut adalah manfaat lain dari olahraga bersama teman.

1. Tidak cepat bosan

tips memilih pakaian olahraga

Pada saat berolahraga sendirian, tentu Anda akan cenderung berkonsentrasi dengan apa yang sedang Anda lakukan dan tidak bersosialisasi. Tidak jarang hal tersebut akan membuat Anda cepat bosan

Walaupun memang saat beraktivitas fisik Anda akan jarang mengobrol, berolahraga bersama teman ternyata lebih menyenangkan. Misalnya, ketika Anda sedang jogging, Anda dapat mengobrol meskipun hanya sebentar. Waktu dan jarak yang Anda tempuh tidak terasa. 

2. Berolahraga lebih giat saat ada orang lain

olahraga untuk pcos

Kebanyakan orang cenderung lebih mengerahkan kemampuan mereka ketika sedang diawasi oleh seseorang. Misalnya, seorang pemain tenis ketika ditonton oleh orang lain akan mengayunkan raketnya lebih kencang daripada biasanya. 

Hal tersebut disebabkan adanya komunikasi di dalam otak Anda yang melihat ekspresi orang lain sebelum melakukan gerakan. Artinya, Anda ingin melakukan hal yang terbaik karena partner olahraga Anda memberikan ekspresi menyemangati.

Dengan membawa teman ketika berolahraga akan membawa sifat kompetitif di dalam diri Anda secara sadar atau tidak sadar. Selain itu, ketika Anda sudah ingin menyerah, dengan melihat teman Anda yang masih bersemangat dapat menurunkan keinginan tersebut. 

3. Lebih aman

pria rajin olahraga

Salah satu manfaat lain dari olahraga bersama teman adalah menjamin keamanan secara tidak langsung. Misalnya, ketika Anda jogging pada malam hari. Kehadiran teman Anda dapat menciptakan rasa aman karena merasa bahwa ia akan membantu ketika menemui masalah. 

Hal ini bermanfaat juga jika misalnya Anda memiliki kondisi tertentu seperti diabetes. Adanya teman saat berolahraga bisa membuat mereka menjadi penolong Anda ketika tahu-tahu terjadi hal yang tidak diinginkan. 

4. Membangun pertemanan yang sehat

mitos olahraga lari

Berolahraga bersama teman adalah cara lain untuk menciptakan quality time bersama mereka. Saat berolahraga, Anda bisa berbincang soal kehidupan Anda masing-masing dan membuat hubungan di antara berdua lebih baik. Tentunya, Anda juga bisa sama-sama sehat. 

Jika tidak ada teman yang dapat diajak berolahraga bersama, mengikuti kelas-kelas yang ditawarkan di tempat fitness atau gym mungkin bisa menjadi alternatif. Selain memotivasi Anda, hal ini juga mungkin menambah teman baru. 

5. Mencoba jenis olahraga baru

manfaat yoga, meningkatkan kehidupan seks

Ada kalanya Anda ingin mencoba jenis olahraga baru yang membutuhkan pasangan untuk melakukannya, seperti gerakan yoga. Bisa juga, Anda ingin mencoba sesuatu yang baru tapi enggan kalau sendirian.

Selain itu, rekan olahraga Anda mungkin memiliki ide-ide dan pengetahuan tentang jenis aktivitas fisik apa yang bisa dilakukan bersama. Dengan begitu, Anda tidak akan cepat bosan dan bisa tetap aktif secara fisik lebih rutin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Belum Tentu Tulus, Cermati 3 Tanda Anda Hanya Dimanfatkan Orang Lain

Memiliki teman yang tulus tentu sebuah anugerah. Namun, bagaimana jika Anda ternyata hanya dimanfaatkan orang lain yang selama ini dianggap sebagai teman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Psikologi 02/09/2018 . Waktu baca 3 menit

6 Kiat Mudah Menambah Hitungan Push Up dari Hari ke Hari

Kemampuan push-up menjadi gambaran kekuatan tubuh bagian atas. Lantas bagaimana cara agar hitungan push-up bisa semakin banyak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kebugaran, Hidup Sehat 04/07/2018 . Waktu baca 4 menit

8 Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Kalau Anda langsung memforsir tubuh saat baru mulai olahraga, badan malah jadi sakit. Apalagi kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga untuk pemula?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kebugaran, Hidup Sehat 12/05/2018 . Waktu baca 7 menit

Mana Dulu yang Harus Dilakukan, Olahraga Kardio Atau Latihan Kekuatan Otot?

Banyak orang masih ragu dalam menentukan, apakah harus olahraga kardio dahulu, atau justru latihan kekuatan otot? Tidak usah khawatir, ini jawabannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kebugaran, Hidup Sehat 15/04/2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menjaga silaturahmi bagi orang yang introvert

Jaga Pertemanan Tetap Hangat, Ini Tips yang Harus Dilakukan Si Introvert

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 29/03/2019 . Waktu baca 4 menit
sahabat dan pacar

Sahabat dan Pacar Tidak Akur? Coba Hadapi Dengan 4 Cara Bijak Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 14/03/2019 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk orang gemuk

Bagaimana Cara Memulai Olahraga untuk Orang Gemuk?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 25/11/2018 . Waktu baca 4 menit
cara mendapatkan teman baru

Makin Dewasa, Makin Susah Cari Teman? 3 Trik Ini Bisa Bantu Anda!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/10/2018 . Waktu baca 4 menit