backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Awas Digigit, Coba 7 Merek Obat Pembasmi Semut Paling Ampuh Ini

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 29/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Awas Digigit, Coba 7 Merek Obat Pembasmi Semut Paling Ampuh Ini

Apakah semut sering mengerubungi rumah Anda? Jika ya, sebaiknya jangan dibiarkan. Lebih baik gunakan obat pembasmi atau racun semut yang paling ampuh untuk membasmi serangga ini.

Selain menimbulkan gatal akibat gigitan serangga, semut bisa membawa bakteri atau mikroorganisme lain penyebab penyakit dan mengontaminasi makanan yang akan Anda konsumsi.

Jika Anda bingung mesti memiliki produk yang mana, cari tahu rekomendasi obat pembasmi atau racun semut terbaik pada ulasan berikut.

Cara aman memilih dan menggunakan obat pembasmi semut agar ampuh

Ada banyak cara untuk mengusir semut dari rumah Anda. Namun, cara yang paling utama yaitu menjaga rumah tetap bersih dari sisa atau tumpahan makanan, terutama makanan manis.

Jika semut masih kerap datang, metode paling efektif yang bisa Anda gunakan adalah menempatkan racun semut di beberapa sudut rumah.

Racun semut mengandung bahan kimia beracun (insektisida) yang dicampur dengan beberapa bahan makanan (seperti gula) untuk bisa menarik semut datang, kemudian membasminya.

Produk pembasmi serangga ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari butiran, gel, padat, atau cair yang perlu dituangkan, diteteskan, atau disemprotkan.

Agar efektif dalam membasmi semut, pertimbangkan hal-hal di bawah ini saat memilih atau menggunakan racun semut terbaik Anda.

  • Setiap racun semut mungkin tak efektif untuk membasmi semua jenis semut. Jadi, jika satu merek obat pembasmi semut tak ampuh, Anda bisa mencoba produk lainnya.
  • Hilangkan sisa makanan yang mungkin masih menempel di rumah agar semut tidak terganggu dalam mencari dan memakan racun semut.
  • Gunakan obat pembasmi ini hanya ketika Anda punya masalah semut di rumah, misalnya pada akhir musim hujan saat populasi semut mulai tumbuh.
  • Periksa dan ubah tempat meletakkan racun semut secara teratur. Racun dapat mengering atau menjadi tengik seiring waktu sehingga tidak menarik lagi bagi semut.

Peringatan!

Secara umum, kadar bahan kimia beracun dalam obat pembasmi ini rendah sehingga paparan yang tak disengaja kecil kemungkinan menimbulkan keracunan.
Namun, melansir Poison Control, anak yang mencicipi racun semut dapat mengalami mual dan muntah. Jika terpapar ke kulit atau mata, racun ini bisa menyebabkan iritasi.
Segera bilas area kulit atau mata yang terpapar racun semut dengan air atau berkumur-kumur jika anak mencicipinya. Segera bawa ke dokter jika muncul gejala keracunan yang mengkhawatirkan.

7 Rekomendasi obat pembasmi semut yang paling ampuh

Ada banyak produk atau merek racun semut yang tersedia di pasaran dan dalam berbagai bentuk.

Jika Anda bingung, berikut adalah beberapa rekomendasi racun atau obat pembasmi semua yang paling ampuh dan terbaik.

1. Maxforce Quantum

Berbentuk gel transparan, Maxforce Quantum diklaim sebagai obat pembasmi semut yang aman bagi pernapasan karena tidak terhirup hidung. Selain itu, beberapa keunggulan lainnya seperti:

  • tidak berbau,
  • tidak menimbulkan noda, serta
  • ampuh untuk berbagai jenis semut.

Agar efektif, oleskan gel ke sudut rumah yang sering dilewati semut. Hindari menaruh gel di area yang berdebu, lembap, basah, dan jangan dipindah-pindahkan. Ulangi 2—3 kali penggunaan sampai semut hilang.

2. Racoon Bug Buster

Salah satu racun semut yang paling ampuh ini berbentuk cairan yang disemprotkan atau spray. Namun, bukan cuma semut, racun ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir kecoa dan ngengat.

Seperti racun semut lainnya, Racoon Bug Buster bekerja sebagai umpan. Begitu disemprotkan, semut akan memakan umpan ini, kemudian pergi ke sarang agar seluruh kawanan semut terbasmi.

Semut yang lebih dulu makan umpan akan mati dalam dua hari. Bangkai semut ini kemudian dimakan oleh kawanan semut lainnya hingga semuanya akan mati dalam waktu 7 hari.

3. Hogasan Cairan Anti Serangga

Rekomendasi obat pembasmi semut ini juga disebut paling ampuh untuk mengendalikan semut, kecoa, tungau, rayap, tomcat, dan serangga lainnya.

Racun berbentuk spray ini juga tidak meninggalkan bau dan bekas serta dapat bertahan hingga 6 bulan.

Hogasan Cairan Anti Serangga juga aman digunakan di kandang atau alas tidur hewan peliharaan serta tanaman bila sudah muncul tanda-tanda diserang serangga.

4. Mei Ji Qing

Berbentuk serbuk, Mei Ji Qing dapat disebarkan di beberapa tempat yang biasa dilewati semut. Dengan aroma yang disukai hampir seluruh jenis semut, racun ini dapat mengundang semut datang.

Nantinya, semut akan membawa racun ke sarangnya sehingga dapat membasmi seluruh koloninya. Seluruh koloni semut diperkirakan akan mati selama 1—2 hari kemudian.

Selain semut, Mei Ji Qing juga memiliki varian lain, yaitu racun kecoa serta racun tikus yang dapat digunakan untuk mengusir tikus.

5. Bagus Kapur Ajaib

Bagus Kapur Ajaib merupakan racun semut terbaik yang berbentuk kapur tulis padat. Selain semut, kapur ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan serta membasmi kutu busuk dan kecoa.

Selayaknya kapur, penggunaan racun semut ini hanya cukup digoreskan pada sudut rumah yang sering dilalui semut, seperti dapur. Kapur tulis ini juga bisa digunakan di toilet.

Meski berbentuk padat, Bagus Kapur ajaib diklaim tidak mudah patah serta tahan lama sehingga bisa digunakan berkali-kali untuk jangka waktu panjang.

6.Wiselie Anti Semut

Obat pembasmi semut yang satu ini diproses dengan Bonding Technology. Artinya, bahan aktif di dalamnya akan dilepas secara konstan dan perlahan hingga 6 bulan dengan sekali aplikasi.

Ini berarti Wiselie Anti Semut bisa tahan selama 6 bulan untuk membasmi, mencegah, dan melindungi rumah dari semut hanya dengan sekali pemakaian.

Dengan bentuk spray, racun semut ini diklaim tidak berbau menyengat, mudah diaplikasikan, tidak meninggalkan noda, ramah lingkungan, serta aman bagi manusia dan hewan peliharaan.

7. Maharati Serai Pintu Dinding & Jendela

Maharati Serai Pintu Dinding & Jendela merupakan obat pembasmi semut paling ampuh yang 100% terbuat dari bahan alami serta tanpa bahan kmia berbahaya.

Berkat bahan-bahan tersebut, pembasmi semut, kecoa, dan tikus yang satu ini disebut aman untuk ibu hamil dan menyusui serta anak-anak.

Dengan wangi minyak serai organik, Maharati Serai Pintu Dinding & Jendela juga bisa menjadi pengharum ruangan yang dapat membantu Anda lebih rileks.

Bentuk pembasmi semut di atas memang beragam. Anda bisa memilih jenis atau merek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 29/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan