backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

5 Manfaat Mandi Pakai Shower bagi Kesehatan Tubuh Anda

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

5 Manfaat Mandi Pakai Shower bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mandi pakai shower menjadi pilihan populer di banyak rumah karena alasan praktis dan efisiensi. Namun di balik itu, apakah ada manfaat lain dari mandi menggunakan shower? Ketahui jawabannya di sini yuk. 

Berbagai manfaat mandi pake shower 

Mandi merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan diri. Mandi pun dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. 

Melansir Cleveland Clinic, mandi memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Namun, setiap orang mungkin memiliki cara mandinya tersendiri untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Ada yang suka mandi pakai gayung, berendam di bathtub, atau menggunakan pancuran (shower)

Nah, bila Anda lebih suka cara mandi pakai shower, ada ragam manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah penjelasannya. 

1. Membersihkan dengan lebih optimal 

Air yang mengalir dari shower membantu membersihkan tubuh dan sabun dengan lebih efektif. Kotoran yang menempel pada kulit dapat terbilas lebih cepat dan bersih.

Hal ini membuat kamar mandi pakai shower lebih higienis dibandingkan dengan mandi di bak yang bisa mengakibatkan air menjadi kotor seiring waktu.

2. Meningkatkan relaksasi dan terapi 

Saat ini sudah banyak merek shower yang berada di pasaran. Di antara shower tersebut, ada yang dapat memberikan efek terapi dengan berbagai macam fitur tambahan.

Misalnya pijatan air (water massage) atau aliran air hangat yang dapat merelaksasi otot-otot yang tegang.

Bahkan, beberapa shower dilengkapi dengan fitur pengaturan suhu dan tekanan air yang bisa disesuaikan, sehingga memberikan pengalaman mandi yang lebih nyaman dan menenangkan.

3. Membantu meringankan sinus 

Melansir Intermountain Health, mandi menggunakan air panas, termasuk dengan shower sama seperti pelembap udara.

Dengan begitu, mandi menggunakan shower dengan air panas dipercaya mampu meringankan sinus atau membantu mengencerkan dahak yang menumpuk saat hidung tersumbat

4. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Mandi menggunakan air dingin selama beberapa menit juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyebaran virus. 

Menurut UCLA Health, mandi menggunakan air dingin, termasuk dengan shower, dapat merangsang sel darah merah yang dapat melawan infeksi. 

Bahkan sebuah studi yang diterbitkan Plos One menemukan bahwa orang yang beralih mandi ke air dingin selama 30, 60, hingga 90 detik dalam 90 hari menyatakan lebih sedikit mengalami sakit dibandingkan orang yang tidak beralih mandi menggunakan air dingin. 

5. Menghemat waktu 

Mandi menggunakan shower memungkinkan Anda untuk menghemat waktu.

Air yang mengalir secara terus-menerus memungkinkan proses mandi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mengisi bak mandi terlebih dahulu. 

Apakah mandi dengan shower lebih hemat air?

Mandi dengan shower umumnya lebih hemat air dibandingkan dengan mandi menggunakan bak mandi. Namun, hal ini juga tergantung pada beberapa faktor, seperti durasi mandi dan jenis shower yang digunakan.

Cara mandi menggunakan shower yang tepat

bahaya mandi malam hari

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut ini adalah cara mandi yang tepat dengan menggunakan shower

1. Mengatur suhu air 

Manfaat mandi pakai shower mungkin dapat dirasakan bila suhu air yang digunakan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Suhu air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi, sedangkan air yang terlalu dingin mungkin tidak nyaman.

Idealnya, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Memilih jenis aliran air 

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa beberapa shower memiliki fungsi atau jenis aliran berbeda-beda, misalnya aliran deras, lembut, hingga pijat. 

Agar mandi dengan shower terasa nyaman, pilihlah aliran yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu.

Aliran deras cocok untuk bilasan cepat, sedangkan aliran lembut atau pijat bisa digunakan untuk relaksasi.

3. Menggunakan produk perawatan kulit 

Agar kulit tetap terjaga kesehatannya dengan baik, gunakan sabun atau gel mandi yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Bilas tubuh dengan air secara menyeluruh untuk menghilangkan residu sabun atau sampo.

Jika menggunakan conditioner, pastikan untuk membilasnya hingga bersih agar tidak meninggalkan residu yang bisa menyebabkan iritasi kulit atau rambut.

4. Menghemat penggunaan air 

Meskipun shower membantu menghemat air, penting untuk tetap sadar akan penggunaannya.

Jadi sebaiknya, matikan shower saat menggosok tubuh dengan sabun mandi atau ketika mencuci rambut dengan sampo untuk menghindari pemborosan air.

Kesalahan mandi menggunakan shower 

mandi setelah bangun tidur

Mandi menggunakan shower memang praktis dan efisien. Namun ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat mandi menggunakan shower.

Kesalahan penggunaan ini bisa mengurangi manfaat mandi dan bahkan berdampak negatif pada kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dari mandi menggunakan shower

  • Mandi terlalu lama. Hal ini karena dapat mengakibatkan kulit kehilangan kelembapan alaminya dan membuat kulit menjadi kering
  • Tekanan air terlalu tinggi. Ini dapat menyebabkan kulit dan rambut rusak akibat air yang terlalu deras dan kencang, terutama bila digunakan secara berulang. 
  • Mengabaikan perawatan shower. Shower membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga fungsinya tetap optimal. Kepala shower yang kotor bisa menghalangi aliran air dan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. 
  • Tidak menggunakan shower mat. Lantai kamar mandi yang licin bisa menyebabkan kecelakaan saat mandi, seperti terpeleset dan jatuh. Mengabaikan penggunaan alas antislip (shower mat) bisa meningkatkan risiko cedera.

Mandi menggunakan shower menawarkan banyak manfaat, mulai dari efisiensi waktu dan air hingga pengalaman mandi yang lebih bersih dan menyegarkan. 

Dengan perawatan yang tepat, shower Anda akan tetap berfungsi optimal dan memberikan kenyamanan maksimal dalam setiap Anda mandi.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan